alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58e5ee15de2cf24d6a8b4570/alasan-ma-menuntun-sumpah-oesman-sapta
Alasan MA Menuntun Sumpah Oesman Sapta
Alasan MA Menuntun Sumpah Oesman Sapta

Metrotvnews.com, Jakarta: Juru Bicara Mahkamah Agung (MA) Suhadi menjelaskan tidak ada yang salah dalam pengambilan sumpah terhadap Ketua terpilih Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Oesman Sapta Odang. Menurutnya, itu adalah kewajiban.


'Kewajiban konstitusi Ketua MA (Hatta Ali) menuntun sumpah,' kata Suhadi di Gedung MA, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis 6 April 2017.


Dia menjelaskan awalnya MA menguji materi Tata Tertib DPD Nomor 1 Tahun 2017 yang isinya memuat masa jabatan pimpinan DPD 2,5 tahun. Pada 29 Maret 2017, MA memutuskan perkara itu dan memerintahkan Tata Tertib DPD itu dicabut.


Sekjen DPD Sudarsono Hardjosoekarto lalu menemui pimpinan MA menerangkan bila DPD sudah melaksanakan putusan MA Nomor 20P/HUM/2017. DPD menetapkan Tata Tertib Nomor 3 Tahun 2017 pada 4 April 2017 yang isi mencabut Tata Tertib Nomor 1 Tahun 2017.


DPD pun mengundang Ketua MA untuk menuntun sumpah pimpinan DPD RI terpilih, yakni Oesman Sapta sebagai ketua, serta dua wakil ketua DPD Darmayanti Lubis dan Nono Sampono. Undangan itu juga melampirkaan berita acara pemilihan ketua dan wakil ketua DPD.


'Atas undangan tersebut, berdasar UU MD3 (MPR, DPR, DPRD, dan DPD) dan Tata Tertib DPD bahwa yang menuntun sumpah jabatan adalah ketua MA,' jelas Suhadi.


Namun, karena Hatta Ali sedang tidak berada di Jakarta, tugas itu diserahkan kepada Wakil Ketua MA bidang Non Yudisial, H. Suwardi. Dia pun menekankan tidak ada masalah jika penuntunan sumpah tak dilakukan ketua MA.


'Kalau ketua MA berhalangan atau tidak ada di tempat, maka wakilnya berwenang melaksanakan tugas ketua MA. Dalam konteks ini, ketua MA sedang meninggalkan daerah dan sudah memberikan penugasan kepada Wakil Ketua MA bidang Non Yudisial H. Suwardi,' kata dia.


 

Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/wk...h-oesman-sapta

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Alasan MA Menuntun Sumpah Oesman Sapta Ketua MPR Sebut Oso Tidak Mungkin Rangkap Jabatan

- Alasan MA Menuntun Sumpah Oesman Sapta Ini Solusi Refly Harun Selesaikan Dualisme Pimpinan DPD

- Alasan MA Menuntun Sumpah Oesman Sapta Pimpinan Baru DPD, Refly: Ini Premanisme Politik