alexa-tracking

Ahok Dinilai Gagal Urus Transportasi Jakarta

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58e5ec67c0cb173b5a8b456a/ahok-dinilai-gagal-urus-transportasi-jakarta
Ahok Dinilai Gagal Urus Transportasi Jakarta
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti asal Network for South East Asian Studies (NSEAS), Muchtar Effendi Harahap menilai, transportasi DKI di bawah kepemimpinan Ahok sangat buruk. Muchtar menjelaskan, Kondisi kinerja Pemprov DKI Jakarta 2013-2017 di bawah Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, jakarta masih menjadi kota termacet sedunia.

"Jakarta kota nomor lima paling tidak aman bagi kaum perempuan naik kendaraan umum sedunia," ujarnya dalam keterangan tertulis pada Republika.co.id, Kamis (6/4).

Muchtar menjelaskan, Jakarta sebagai ibu kota dan multifungsi membutuhkan infrastruktur guna menghadapi persaingan global agar dapat memberikan pelayanan optimal kepada seluruh warga. Untuk mewujudkan kota Jakarta berdaya saing global, transportasi merupakan infrastruktur perekonomian yang sangat penting.

Ketersediaan transportasi aman, nyaman, tepat waktu dan terjangkau, kata dia, akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pergerakan barang dan manusia. Sehingga pada akhirnya akan meningkatkan daya saing daerah. "Untuk mewujudkan peningkatan daya saing daerah juga diperlukan sistem transportasi maju, handal, moderen, dalam arti terintegrasi antar dan inter moda," ujarnya.

Muchtar memaparkan, atas dasar perencanaan transportasi (Perda No.2 Tahun 2012), Pemprov DKI di bawah Gubernur Ahok tidak konsisten dan konsekuen melaksanakan. "Tak mampu dan gagal mencapai target ditetapkan terutama pembangunan peremajaan kendaraan umum, pembangunan busway, dan pembangunan LRT," jelasnya.

Dari parameter peremajaan kendaraan umum, dia mengatakan, target capaian tiap tahun 1.000 armada. Namun, tambahnya, Ahok tak mampu dan gagal total. "Selama ini baru mampu peremajaan total di bawah 400 unit. Padahal sesuai target capaian, seharusnya hari ini Gubernur Ahok minimal telah meremajakan 4.000 unit. Kinerja sangat-sangat buruk," katanya.

Muchtar menambahkan, untuk pembangunan busway, terdapat parameter pembangunan tiga koridor, pengadaan sekitar 1.300 armada, waktu tunggu penumpang dan jumlah penumpang.

Muchtar menjelaskan, sebagai bukti, kasus jumlah penumpang. Target capaian penumpang yaitu: 400 ribu penumpang (2013); 550 ribu (2014); 730 ribu (2015); 850 ribu (2016); dan satu juta (2017).

Namun, di tahun 2016, dilaporkan, jumlah rata-rata per hari hanya sekitar 340 ribu penumpang. Masih sangat jauh dari target capaian 2016, yakni 850 ribu penumpang per hari.

"Ini satu bukti tambahan kondisi kinerja Gubernur Ahok sangat-sangat buruk. Mampu mencapai target hanya di bawah 50 persen," katanya lagi.

Selanjutnya pembangunan Light Rail Transit (LRT). Yaitu kereta api ringan sebagai kereta api penumpang beroperasi di kawasan perkotaan. Konstruksi LRT ringan dan bisa berjalan bersama lalu lintas lain atau dalam lintasan khusus. LRT disebut juga tram.

Kini, Muchtar mengatakan, pembangunan LRT Pemprov DKI tahun 2013-2017 diambilalih Pemerintah Pusat. Pemprov DKI tak mempu meneruskan pembangunan. Bahkan, kini telah melibatkan PT Kereta Api Indonesia.

http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/17/04/06/onyy06384-ahok-dinilai-gagal-urus-transportasi-jakarta

Kenapa dinilai gagal
Terkait




DKI Tak Dapat Penghargaan Sistem Transportasi, Ini Kata JK


TEMPO.CO, Jakarta - DKI Jakarta tak termasuk dalam satu dari sebelas pemerintah provinsi peraih penghargaan atas penerapan sistem transportasi kota. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, tingkat kemacetan yang masih tinggi di Jakarta sebagai penyebab juri tak menganugerahi penghargaan itu ke Jakarta.

"Karena itulah diperbaiki, dibikin MRT, light train," kata Kalla, Selasa, 31 Januari 2017, di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta. "Mudah-mudahan kalau sudah (ada sistem transportasi) itu, baru dapat penghargaan."

Kalla mengatakan, ada kemungkinan juri penganugerahan penghargaan ini masih melihat kemacetan yang masih tinggi dalam sistem transportasi DKI pada saat ini. Padahal, menurut Kalla, penghargaan Wahana Tata Nugraha Wiratama 2016 diberikan bagi provinsi yang dianggap berhasil menata transportasinya dengan baik.

Wakil Presiden Jusuf Kalla sebelumnya menyerahkan penghargaan atas penataan transportasi kabupaten/kota se-Indonesia. Ada sebelas daerah yang meraih penghargaan tersebut. Jakarta bukan satu dari sebelas daerah yang meraihnya.



Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan penghargaan Wahana Tata Nugraha Wiratama diberikan berdasarkan banyak kriteria. "Tentunya tim juri yang tahu, kami sebagai menteri itu netral melihat semua itu," kata Budi.

Penghargaan bidang perhubungan darat diberikan untuk beberapa kategori. Untuk provinsi, Wahana Tata Nugraha Wiratama diberikan Provinsi Jawa Timur, Sumatera Selatan, Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Sumatera Barat, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan.

Kalla dalam sambutannya mengatakan ukuran baik-buruk sistem transportasi paling tidak ditentukan dua hal, yakni kelancaran dan keamanan. Kelancaran, kata dia, dapat dihitung berapa rata-rata kecepatan yang bisa ditempuh. Untuk perkotaan, misalnya, kecepatan sebelumnya bisa mencapai 30 kilometer per jam, kini sebagian besar kota di bawah 20 kilometer per jam.

Untuk keamanan bisa terlihat dari tingkat kecelakaan. Kalla menyebut, pada 2016, terjadi kenaikan tingkat kecelakaan. Tingkat kecelakaan yang dicatat kepolisian pada 2016 hampir 100 ribu kecelakaan yang terjadi, sementara yang meninggal lebih 23 ribu jiwa.

Karena itu, Kalla menyebut banyak hal yang mesti diperbaiki dalam sistem transportasi. "Masih banyak hal yang harus kami perbaiki dalam sistem transportasi," kata Kalla.

https://m.tempo.co/read/news/2017/01/31/083841518/dki-tak-dapat-penghargaan-sistem-transportasi-ini-kata-jk
ya terserah nasbung aja dah emoticon-Big Grin
maunya kayak gimana emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

di iya in ajalah emoticon-Big Grin

Ahok Dinilai Gagal Urus Transportasi Jakarta


Ahok Dinilai Gagal Urus Transportasi Jakarta

Spoiler for Bonus:
KASKUS Ads
Kalo si engkoh saja dinilai gagal
Maka pendahulu2nya nilainya gimana ya ?

Secara logika aja transbetawi itu paling mumpuni sekarang karena dipegang doi ..
Quote:


si emoticon-babi kancut paham kebencian ini udah merah ternyata
biarkan dibilang gagal. toh yg nilai belum tentu make
gara2 gak nerapin ok oceh nih
gagal, transjakarta bukannya makin baik ya bre emoticon-Matabelo
yg menilai sehari hari naik mobil pribadi....
mana mau naik angkot.....
emoticon-Betty
Quote:



MATA SAKIT YUS emoticon-Cool
Gayus ok oce
kan cuma bisa menilai, tp realisasinya gimana mereka gak tau, dalam 1 sistem yang sudah ada pastilah ada cela yg membuat blunder, makanya setiap sistem perlu ada perbaikan tau monitor, supaya tahu dimana titik yg membuat blunder.
Gagal bukan berarti kegagalan, tp kegagalan adalah awal keberhasilan.

emoticon-Cool
Quote:


Yup
Cobain aja naik transjakarta sekarang
Beda banget, gua cengkareng ke harmoni paling stengah jam lebih, masih gelantungan sih
Tapi tertib dan dinegara maju kaya singapur aja sama aja gelantungan juga
payah sih ahok gak bisa bangun mrt lrt di langit.. jadi gak bikin macet yg dibawah
bikin underpass sama flyover juga.. gak bisa apa bikin diatas sungai aja atau diudara pembangunannya ..
jalan tol, ngeruk kali, turap turap nya juga jangan di taro di jalan inspeksi.. bikin macet... taro di dalem sungainya aja.

busway juga ga mau beli jadi aja... mesti karoseri dalem negeri.. buat apa coba ngasi untung orang dlm negeri klo ujungnya di maki juga.
dah gitu pake sok nerima sumbangan bis tingkat...

Gua aja belom pernah liat Daerah Bogor baik kabupaten Maupun kotanya yang makai Busway Macam Transjakarta,emoticon-Big Grin
Itupun aja Bogor Banyak Angkot yang suka Ngetimeemoticon-Big Grin
Depok Ada sih Busway, itupun aja dari Jakarta Bisnyaemoticon-Embarrassment:
Tapi gak ada Jalurnya
Quote:


penelitinya pesenan detected emoticon-Cool
my eyeeeeeessss emoticon-DP
Pertanyaannya sederhana, kondisi transportasi saat ini lebih baik mana daripada jaman sebelumnya.

Pengamat hanya mengamati, harusnya tanya sama pemakai transportasi umum di Jakarta, khususnya busway.
my sore eyesss
ya namanya juga jakarta emoticon-Ngakak