alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenang Madain Saleh, Kota Kaum Nabi Saleh yang Dihancurkan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58e5ec4ec0d770fa4d8b4568/mengenang-madain-saleh-kota-kaum-nabi-saleh-yang-dihancurkan

Mengenang Madain Saleh, Kota Kaum Nabi Saleh yang Dihancurkan

Mengenang Madain Saleh, Kota Kaum Nabi Saleh yang Dihancurkan

Madain Saleh, Saudi Arabia (Shutterstock)


Arah - Sejarah, dari masa ke masa menarik untuk diikuti. Sebagian bisa menjadi isyarat, mungkin sebagian lain menjadi peringatan untuk orang-orang yang hidup di masa kini dan akan datang.

Begitu pula dengan Alquran. Meski bukan buku sejarah, namun Alquran mencatat sejumlah tokoh-tokoh penting terkait dengan sejumlah peristiwa yang sangat penting di masa lampau.

Mengenang Madain Saleh, Kota Kaum Nabi Saleh yang Dihancurkan


Beberapa kaum yang tercatat di Alquran, diantaranya kaum ‘Ad yang menjadi umat Nabi Hud AS, ada pula kaum Tsamud yang tak lain adalah umat Nabi Saleh AS, selain itu bangsa Madyan yang menjadi umat Nabi Syuaib AS, serta kaum-kaum lainnya seperti Nabi Luth AS, Nabi Ibrahim AS serta kaum Nabi Nuh AS.

Bahkan, sejumlah bukti arkeologis hingga kini masih bisa dijumpai, salah satunya adalah jejak peninggalan kaum Tsamud. Alquran sendiri menyebut kaun Tsamud sebagai kaum yang memiliki kemahiran dan keahlian dalam bidang arsitektur.

Mengenang Madain Saleh, Kota Kaum Nabi Saleh yang Dihancurkan


Alquran menyebut kaum Tsamud membuat bangunan sesuai kehidupan mereka pada saat itu. Kaum Tsamud diketahui pula merupakan anak cucu dari kaum ‘Ad. Banyaknya temuan arkeologis tentang keberadaan dan kehidupan mereka membuktikan kebenaran Alquran. Mereka kebanyakan tinggal di wilayah Madain Saleh, sekitar 440 kiometer dari Madinah.

Kaum Tsamud pada saat itu hidup di Utara Semenanjung Arab yang berasal dari Selatan Arabia. Masyarakatnya disebut al-Hijr (batu) atau Ashabu al-Hijr (para penghuni batu).

Dalam Ensiklopedia Islam disebutkan, kata al-Hijr adalah satu dari beberapa kota yang dibangun oleh mereka.

Mengenang Madain Saleh, Kota Kaum Nabi Saleh yang Dihancurkan


Bangsa Yunani bahkan juga menghubungkan kaum ini sebagai Tamudaei, yakni Tsamud sebagaimana ditulis Aristoteles, Ptolemeus dan Pliny yang diperkirakan hidup pada abad ke-8 sebelum masehi.

Harun Yahya dalam “Negeri-negeri yang Dibinasakan” menyatakan, kaum Tsamud dibinasakan karena menentang ajaran Nabi Saleh. Seperti juga yang tertulis dalam Alquran.

Mengenang Madain Saleh, Kota Kaum Nabi Saleh yang Dihancurkan


Namun ternyata, hanya sebagian kecil penduduk Tsamud yang mau mengakui kenabian shalih dan mereka termasuk dalam orang-orang yang diselamatkan. Bahkan, pemimpin masyarakat di sekitar itu berupaya untuk menekan kelompok yang mempercayai kenabian Saleh.

CEK SUMUR emoticon-Cendol Gan
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
cakep bener bray emoticon-Big Grin
Bagus tempatnya gan emoticon-Matabelo
Aslinya lebih keren tuh gan,,,,
mahatnya gimana itu ya...??
Quote:


cakepan mana ama raisa gan? emoticon-Ngakak
Quote:


bener banget gan, aslinya sangat keren... emoticon-Traveller
Quote:


mahatnya pake batu gan, jaman dulu gak ada pahatan gan, adanya onta ama batu emoticon-Wkwkwk
Quote:

jalan bareng raisa ke sana lebih cekep bray emoticon-Big Grin
Quote:


gak pake pahat berati bukan "mahat" dong...klo pake batu berarti "matu"......halah....emoticon-Ngakak
Mirip Petra, ada juga ginian ya Di Arab. Ntap soul, Gan emoticon-Malu
Wow,, keren bgt ya,, keknya asik sore2 nongkrong dstu emoticon-Cendol Gan
emoticon-Wow nais inpoh bre emoticon-Jempol
itu untuk syuting film nggak ya gan? mantap benar...
rasis lu, salah kamar

emoticon-Lempar Bata
Diubah oleh ayahasnawi
×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di