alexa-tracking

MA Hanya Menuntun Sumpah Jabatan Pimpinan DPD, Bukan Melantik

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58e5e06b5c7798872e8b4574/ma-hanya-menuntun-sumpah-jabatan-pimpinan-dpd-bukan-melantik
MA Hanya Menuntun Sumpah Jabatan Pimpinan DPD, Bukan Melantik
MA Hanya Menuntun Sumpah Jabatan Pimpinan DPD, Bukan Melantik
Jakarta, GATRAnews- Kisruh pemilihan pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) masih berlanjut. Mahkamah Agung (MA) pun angkat bicara soal pengangkatan Oesman Sapta Odang (OSO) sebagai Ketua DPD, Nono Sampono, dan Darmayanti sebagai Wakil Ketua DPD.

Mereka diambil sumpahnya oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non Yudisial, Suwardi. Ia menggantikan Ketua MA, Muhammad Hatta Ali yang berhalangan hadir karena sedang menunaikan ibadah umroh. "Ketua MA menerima undangan dari DPD untuk melakukan atau menutun sumpah untuk tiga piminan DPD disertai lampiran berita acara hasil pemilihan pimpinan DPD periode 2017 sampai sempteber 2019. Atas undangan tersebut karena bedasarkan UU no 17 tahun 2014, tentang MD3 dan juga di dalam tata tertib DPD itu sendiri, bahwa yang melakukan, menuntun sumpah jabatan adalah Ketua MA," kata juru bicara MA, Suhadi dalam keterangan pers di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (6/4). Suhadi menegaskan MA hanya menuntun sumpah jabatan pimpinan DPD dan bukan melantik. "Kewajiban konstitusi Ketua MA, melakukan tuntunan sumpah, bukan pelantikan, jarus jelas ya. Tapi menuntun sumpah. sumpah pun sudah diatur ada didalam Undang-Undang, baik dalam UU maupun dalam tatib DPD itu sendiri," lanjutnya. Mahkamah Agung (MA) lewat putusannya nomor 20P/HUM/2017 menilai, Peraturan DPD nomor 1 tahun 2017 pasal 47 ayat 2 dan pasal 323 bertentangan dengan UU nomor 12 Tahun 2011 tentang peraturan perundang-undangan. Pasal itu mengatur tentang masa jabatan pimpinan DPD yang hanya 2,5 tahun, sehingga terpilihlah OSO, Nono dan Damayanti sebagai pimpinan baru. Sayangnya, putusan MA ini tidak diikuti oleh lembaga tertinggi hukum itu sendiri. Pada Selasa (4/4) malam, MA melantik OSO dan kawan-kawan. Menanggapi hal tersebut, Suhadi hanya mengatakan MA hanya menuntun sumpah jabatan pimpinan DPD sesuai dengan hasil Paripurna DPD. "Sebelum dilakukan atau penuntunan penyumpahan juga telah dibcakan putusan DPD dari pimpinan DPD terpilih," ucapnya.

Reporter: Ervan Bayu
Editor: Nur Hidayat
 
 

Sumber : http://www.gatra.com/fokus-berita/25...bukan-melantik

---


- MA Hanya Menuntun Sumpah Jabatan Pimpinan DPD, Bukan Melantik Farouk Muhammad: Kami Juga Dilantik MA sebagai Pimpinan DPD hingga 2019
×