alexa-tracking

Setya Novanto bakal Bukan-bukaan di Sidang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58e5be3e54c07ad3268b4568/setya-novanto-bakal-bukan-bukaan-di-sidang
Setya Novanto bakal Bukan-bukaan di Sidang
Setya Novanto bakal Bukan-bukaan di Sidang

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Ketua Fraksi Partai Golkar perioide 2009-2014 Setya Novanto bakal buka-bukaan di persidangan kasus korupsi KTP berbasis elektronik (KTP-el). Ketua Umum Partai Golkar itu akan memberi kesaksian di persidangan kasus yang kerap menyeret namanya.


'Nanti ya, di persidangan. Kita buka di persidangan,' kata Novanto saat tiba di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis 6 April 2017.


Beragam data dan fakta, kata Setya, akan diungkap dalam persidangan. Salah satunya terkait hubungan dia dengan Andi Agustinus alias Andi Narogong.


Dalam dakwaan dua pejabat Kementerian Dalam Negeri, Irman dan Sugiharto, keduanya bersama Andi Agustinus alias Andi Narogong, selaku penyedia barang dan jasa pada Kemendagri; Isnu Edhi Widjaya selaku Ketua Konsorsium Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI); Diah Anggraeni selaku Sekjen Kemendagri; Setya Novanto selaku Ketua Fraksi Golkar; dan Drajat Wisnu Setyawan selaku Ketua Panitia Pengadaan Barang/Jasa di Ditjen Dukcapil Kemendagri secara melawan hukum memperkaya diri sendiri, orang lain atau korporasi.


Jaksa menyebut dalam proses penganggaran atau pengadaan KTP-el Irman dan Sugiharto bersama lima orang lainnya telah mengarahkan untuk memenangkan perusahaan tertentu. Akibatnya, sejumlah pihak diuntungkan.


Mereka yang diuntungkan yakni Gamawan Fauzi, Diah Anggraeni, dan Dradjat Wisnu Setyawan beserta enam orang anggota panitia pengadaan yakni Husni Fahmi, dan lima orang tim teknis. Korupsi itu juga menguntungkan puluhan anggota DPR RI periode 2009-2014.


Novanto bersama Anas Urbaningrum dan Muhammad Nazaruddin merupakan orang yang didatangi Andi untuk mengarahkan Komisi II DPR dan dewan agar penganggaran KTP-el di Kementerian Dalam Negeri senilai Rp5,9 triliun lolos. Sebesar 11,5 persen dari nilai proyek disisihkan untuk ketiganya.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/Rb...kaan-di-sidang

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Setya Novanto bakal Bukan-bukaan di Sidang KPK Periksa Istri Andi Narogong

- Setya Novanto bakal Bukan-bukaan di Sidang Elza Syarief dan Miryam Haryani Sempat Bahas BAP Kasus KTP-el

- Setya Novanto bakal Bukan-bukaan di Sidang KPK akan Jerat Miryam Haryani dengan Pasal 21 dan 22

×