alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58e5b5fd5a516339038b4569/bedanya-lamaran-ala-film-dan-budaya
Bedanya lamaran ala film dan budaya
Gan ane mau minta pendapat ttg sesi lamaran. Ane blm mau nikah, cuman mau tau aja dan penasaran. Hehe..

Jadi suatu lamaran itu idealnya harus bagaimana ya?
Apakah tanpa didiskusikan ke pihak wanita tanggal pastinya dan membuat kejutan (yg pasti sebelumnya udah ngomongin pernikahan)?
Ato diskusi tanggal pastinya dan sekalian seserahan ke pihak wanita? Tapi ini kan jadi gak kejutan lagi. Wanita pasti mau dilamar kyk di film" kan. Cuman kalo lamarnya kejutan, orang tuanya jadi gk ikut terlibat. Dan apakah cincinnya dipakai lagi di acara seserahan di sesi tukar cincin? Dan apakah dipakai lagi pas pernikahan?

Disni saya sih adat ikut budaya tiong hoa. Tapi kalo ada yang mau bagi" pengalaman dr adat lain saya sangat welcome.
Makasi ya agan agan!

Kalau budaya tionghoa, ga ada yang namanya melamar kejutan. Pasti dah diomongin ama si cewenya. Trus cewenya ngomong ke ortunya. Kalau ortunya setuju, mereka kasih tanggal untuk si cowo dan keluarga datang bawa seserahan.

Kalau mau melamar kejutan, ya hanya budaya barat ya. Kalau tetep mau, ya tinggal lamar dulu si cewe. Kalau cewenya terima, proses selanjutnya tetap sama dengan adat tionghoa (cewe kasih tau ortu, kalau ortu setuju baru kasih tanggal buat cowo n kel datang melamar sambil bawa seserahan).

Masalah cincin ini tergantung cewenya kalau orgnya seneng cincin ya ga boleh diminta lagi. Kalau orangnya simple, ya ga usah pake cincin pas melamar pertama kali yang kejutan. Untuk yg simple cincin lamaran bisa buat cincin nikah. Eh tapi ane ga tau persis boleh ga ya secara tradisi?
ane jawa gan.

klo ane liat di tipi2, melamar klo mo bkin kejutan (n pasti dtrima) ya scra b2 aja gpp. Kek lg makan malam b2, di tmpt kenangan b2 gtu, jd ad unsur surprisenya n bkin kenagan manis b2.

bru stlh mmberi kejutan si cewe (n dtrima tntunya), diomongkan mo nglamar scra resmi/formal ke ortu si cewe.

gtu aja si mnrt ane gan.
deuughh psti sneng bget dkasi kjutan lamaran heheheee
gud lak ya gaann
Walau ngikut adat tionghoa, banyak kok yg cowoknya ngelamar ceweknya dulu secara surprise yg kyk di filem2 pake ngasi diamond ring gitu.. trus kalo si cewek said yes, baru biasanya dibicarakan ke org tua masing2. Jadi lamaran yg ini bukan resmi antar keluarga tapi lebih ke antara cewek-cowoknya aja.

Tar ditentuin tgl lamaran resmi dimana keluarga cowok dateng bawa seserahan yg isinya macem2 tuh.. ada barang2 cewek, buah, kue, sampe manisan dll.. trus ada yg diambil setengah, setangahnya dibalikin. Ini buat yang kue2/ manisan/ buah kalo ga salah. Ada juga sih yang ga dibalikin, sepertinya tergantung tradisi tiap keluarga. Di acara lamaran itu biasanya orang tua cowok masangin kalung ke calon menantu cewek.. istilahnya buat ngiket gituu kalo cewek ini udah diminta sama keluarga cowok. Lamaran yg ini yang resmi, jaman skg diadainnya sering di gedung juga instead of rumah si cewek.. bisa undang tamu2 juga selaen keluarga..

kalo masalah cincin nikah sih baru setelah itu diurus duaan.. jadi abis nikah si cewek pake dua cincin, engagement ring n wedding ring. Tapi ada jg yang engagement ring dipake sbg wedding ring sekalian biar irit, tergantung perencanaan masing2 juga..

CMIIW.. good luck sisss