alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58e5957c529a459a6c8b4567/6-lokasi-istimewa-untuk-menikmati-cahaya-senja-dari-bumi-sulawesi
Thumbs up 
6 Lokasi Istimewa Untuk Menikmati Cahaya Senja Dari Bumi Sulawesi
6 Lokasi Istimewa Untuk Menikmati Cahaya Senja Dari Bumi Sulawesi

Pulau Sulawesi atau biasa dikenal juga dengan sebutan Celebes, merupakan salah satu dari lima pulau besar Indonesia. Pulau yang memiliki bentukan unik ini terkenal dengan kehidupan baharinya, bahkan mereka dengan bangga mentakbirkan diri sebagai keturunan dari para pelaut ulung.

Sulawesi juga kaya akan pesona alam, hasil bumi, dan budaya yang beragam. Keterkaitan semuanya menghasilkan kearifan lokal yang unik dan menarik. Kekhasan itulah yang akhirnya membuat banyak wisatawan datang ke pulau ini.

Tak kalah khasnya dengan kekayaan alam dan budaya, penghujung haripun memberikan kesan yang unik pula. Di setiap sisi pulau nampaknya selalu saja menghadirkan pengalaman yang indah bagi pecinta sunset. Pesona cahaya senja dari Bumi Sulawesi tersebut menjadi atraksi yang menarik untuk disaksikan oleh para pelancong, seperti beberapa spot pilihan yang akan diulas berikut ini


1. Bunaken Tak Hanya Taman Lautnya ! Nikmati Senjanya, Maka Hidup Serasa di Surga
6 Lokasi Istimewa Untuk Menikmati Cahaya Senja Dari Bumi Sulawesi

Bicara tentang wisata di Manado, maka yang terpintas dari sebagian besar kita pasti tentang Bunaken. Taman Laut yang terkenal karena keindahan bawah lautnya tersebut memang sudah mendunia. Taman Laut atau Taman Nasional Bunaken sendiri terdiri dari beberapa gugusan pulau yaitu Pulau Bunaken, Pulau Mentehage, Pulau Nani, Pulau Siladen, dan Pulau Manado Tua. Pulau Manado Tua sendiri berada di sisi ter-Barat dari Taman Nasional Bunaken yang artinya akan memberikan latar siluet ketika kita berada di sisi pulau lainnya seperti dari Pulau Bunaken.

Menjadikan indah jika memandang sunset berhadapan dengan Pulau Manado Tua ialah karena di pulau ini terdapat gunung setinggi 655 mdpl. Gunung tersebut ialah gunung berapi. Namun jangan disangka jika gunung apinya berada di atas permukaan laut yang nampak, karena justru gunung apinya berada di bawah laut dengan kedalaman sekitar 50 meter. Dengan kata lain, dataran sesungguhnya dari pulau ini berada di bawah permukaan laut.

Terlepas dari semua fenomena alam yang mencengangkan tersebut, fenomena secara visual juga menjadi daya pikat ketika senja tiba. Dari Pulau Bunaken, ketika kita memandang ke ufuk Barat maka mentari seolah bersiap bersembunyi dibalik gunung di Pulau Manado Tua tersebut. Semburat jingga khas senja juga nampak menambah dramatisasi alami yang dihadirkan, ditambah lagi cahaya dari pantulan air laut juga menambah pesona Bunaken Kala Senja.


2. Benteng Otanaha Gorontalo, Sejarah dan Senja yang Kaya Cerita
6 Lokasi Istimewa Untuk Menikmati Cahaya Senja Dari Bumi Sulawesi

Jika kalian berkesempatan mengunjungi Provinsi Gorontalo, maka jangan sampai melewatkan menyambangi benteng bernama Otanaha. Benteng yang berada di atas bukit tersebut menjadi salah satu objek wisata andalan dari Gorontalo terkhusus penduduk Kota Gorontalonya sendiri.

Benteng peninggalan Portugis yang dibangun tahun 1522 tersebut memiliki cerita sejarahnya sendiri dengan berbagai versi. Hal ini karena memang belum ada hasil penelitian yang pasti akan kisah sejarahnya. Namun begitu, keberadaan benteng dapat dipastikan sebagai bentuk pertahanan kerajaan Gorontalo yang artinya juga bentuk kegagahan kerajaan pada masanya.

Terlepas dari cerita yang melatari keberadaan benteng, kekayaan visual yang dimiliki kawasan benteng juga tak kalah menariknya. Memang waktu terbaik untuk datang ke Benteng yang berada tidak jauh dari Danau Limboto tersebut ialah saat sore hari. Hal ini tidak lain karena suasana senja yang indah. Karena berada di atas bukit, tentu pemandangan sunset menjadi sangat leluasa di lihat mata, apalagi bangunan tua benteng dapat menjadi siluet yang akan memperkaya hasil foto kalian.

Apabila tertarik untuk datang ke Benteng Otonaha, kalian bisa langsung menuju Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, sekitar 30 menit berkendara dari Pusat kota Gorontalo. Sebelum masuk dan naik ke Benteng, kalian harus membayar tiket seharga Rp 5 ribu saja. Siapkan juga fisik kalian karena harus mendaki tangga sebanyak 351 anak tangga dengan kemiringan sekitar 60 derajat.


3. Lupakan Derita yang Ada ! Karena Kepualaun Togean Hanya Menyediakan Ruang Bahagia
6 Lokasi Istimewa Untuk Menikmati Cahaya Senja Dari Bumi Sulawesi

Kepulauan Togean di Provinsi Sulawesi Tengah merupakan Taman Nasional. Pulau utamanya ialah Pulau Togean dan ulau Batudaka yang berposisi berdampingan. Kepulauan yang masuk wilayah Teluk Tomini ini memiliki sejuta keindahan bahari, bahkan sering disebut sebagai raja ampatnya Sulawesi.

Pesona yang dimiliki Kepulauan Togean memang tak sekedar diucapan saja, karena keindahannya mampu menyentuh setiap indera. Kekayaan terumbu karang dan biota laut yang dimiliki tercatat sebagai salah satu ekosistem terumbu karang penting dari ‘coral triangle’ yang meliputi Indonesia, Filipina, Malaysia, Papua Nugini, Jepang, dan Australia.

Keindahan bawah laut Kepulauan Togean juga berbanding lurus dengan keindahan alam sekitarnya. Panorama yang dihadirkan akan membuat siapa saja melupakan kepenatan dan langsung merasakan kebahagian. Apalagi saat sore tiba, memandang ufuk barat dari salah satu pulau yang ada, akan memberikan gambaran dahsyat akan keanggunan alam. Dari setiap pulau, akan menghadirkan kesan yang berbeda-beda pula.

Untuk datang ke Kepulauan Togean, pelancong harus menempuh jarak 375 km atau sekitar 10 jam dari Kota Palu. Rutenya ialah dari Palu menuju Ampana baik dengan kendaraan pribadi, travel, atau bisa juga menggunakan Bus umum. Kemudian barulah melanjutkan perjalanan dengan Kapal atau Fery yang tersedia setiap hari Senin, Rabu, Sabtu (kapal) dan Senin, Kamis, Minggu (ferry) pukul 10 pagi. Pelayaran ini berlangsung sekitar 4-5 jam.


4. Jangan Palingkan Mata dari Ufuk Barat Pantai Lakeba Kala Senja
6 Lokasi Istimewa Untuk Menikmati Cahaya Senja Dari Bumi Sulawesi

Mendengar kata Pantai Lakeba mungkin sebagian besar kita belum mengetahuinya, tapi jika disebut Kota Bau Bau apalagi Pulau Buton, pasti sebagian besar tahu. Pulau yang terkenal dengan produksi aspalnya tersebut menjadi salah satu pulau wisata yang cukup populer di Sulawesi Tenggara selain Kepulauan Wakatobi.

Pantai Lakeba sendiri berada di Kelurahan Sulaa, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau. Selain pantainya yang berpasir putih, air lautnya juga amat sangat jernih. Cukup beberapa meter dari bibir pantai, kejernihan air akan membuat ekosistem di bawah laut nampak begitu nyata. Jangan lewatkan untuk berenang atau sekedar bermain air karena tentu akan sangat menggoda melihat kejernihan airnya.

Selain faktor keindahan alam yang sudah ada, daya tarik lain dari pantai ini ialah suasana senja dengan sunsetnya yang terkenal sangat indah. Tak salah jika banyak pelancong yang sengaja datang hanya untuk menikmati nuansa senjanya. Dari pantai ini, nampak cahaya jingga memantul dari kejernihan air.

Terdapat pula jembatan yang menjadi spot terbaik menikmati suasana senja, baik dari atasnya maupun menjadikannya latar untuk berfoto. Jembatan inilah yang cukup populer oleh wisatawan karena akan memberikan kesan berbeda pada hasil foto.

Selain itu, di kawasan pantai juga banyak restoran dan cafe sehingga membuat pengunjung semakin nyaman. Jika tidak ingin menikmati langsung semburat cahaya dari atas pasir pantai, bersantai di restoran juga sering dijadikan pilihan.


5. Ketika Mentari Bersembunyi di Barisan Batu Karst, Siapa yang Tak Terpesona!
6 Lokasi Istimewa Untuk Menikmati Cahaya Senja Dari Bumi Sulawesi

Jika membahas kawasan karst terbesar di Indonesia, maka nama Maros di Sulawesi Selatan tak bisa terbantahkan lagi. Di sana terdapat gugusan pegunungan karst atau kapur yang tidak hanya luas tetapi eksotis secara visual. Seperti Rammang-Rammang berikut, salah satu lokasi perbukitan karst paling terkenal di Maros.

Beralamat persis di Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, sekitar 40 km dari ibukota provinsi di Makassar, Rammang-Rammang sudah sangat populer sebagai lokasi wisata. Di sini pegunungan karst nampak dramatis dengan kolaborasi bersama lahan pertanian dan perairan. Di lokasi tersebut juga terdapat beberapa objek wisata yaitu Hutan batu Kapur, Telaga Bidadarim Gua Bulu Barakka< Gua Telapak Tangan, Gua Pasaung, dan Sungai Pute.

Keindahan panorama nan artistik tersebut akan semakin manis ketika sore menjelang. Nampak mentari mulai meluncur perlahan menuju balik pegunungan batu karst. Semburat cahaya terkadang melewati celah-celah antar batu sehingga memberikan kesan yang dramatis. Apalagi jika kalian pecinta fotografi, maka dijamin tak akan merasa puas karena semakin difoto maka semakin menarik saja.

Jika ingin memiliki nuansa yang tak biasa, kalian bisa menyewa perahu dan mengarungi sungai. Melihat senja dari atas perahu tentu akan memberikan kesan berbeda.


6. Pantai Losari? Mainstream Sih, Tapi Rela Datang Lagi!
6 Lokasi Istimewa Untuk Menikmati Cahaya Senja Dari Bumi Sulawesi

Siapa tak kenal Pantai Losari. Pantai di Kota Makassar tersebut memang sudah terkenal seantero negeri. Belum ke Makassar jika belum ke Losari, begitulah kira-kira ungkapan yang sering diucapkan.

Pantai di pesisir Barat Makassar ini sangat populer dijadikan pilihan oleh warga kota sekaligus wisatawan untuk menghabiskan waktu sore hingga malam. Tak berlebihan memang, karena disini lah lokasi untuk melihat sunset yang sempurna menghiasi langit Makassar. Pemandangannya yang luas dan berhadapan langsung lautan menjadikan sinar mentari menjadi tak terhalang.

Pengunjung pantai tak berpasir ini menyukai untuk sekedar duduk-duduk santai menghadap ufuk barat. Aktivitas lain yang bisa dilakukan ialah bersepeda, nongkrong di cafe atau warung tenda, hingga menyewa kapal yang akan membawa keliling kawasan sekitar.

Daya tarik lain yang menjadikan Pantai Losari ini nampak memukau kala senja ialah Signage raksasa bertuliskan Pantai Losari. Siluet yang disajikan oleh tulisan serta latar mentari bersinar jingga menjadikan nuansanya berbeda. Tak hanya signage bertuliskan Pantai Losari, terdapat juga signage lain bertuliskan City of Makassar dan 4 suku yang ada di Sulawesi Selatan. Terdapat juga patung-patung seperti patung kapal pinisi dan lainnya. Kesemuanya menjadikan Pantai Losari memiliki alterantif pemandangan yang beragam.

Selepas terpukau dengan suasana senja di Pantai Losari, pengunjung juga bisa puas berwisata kuliner. Bagaimana tidak, di sepanjang jalan terdapat jejeran toko, cafe, restoran, hingga gerobak makanan. Jangan lewatkan mencicipi pisang epe dan es palu butung yang memang terkenal di Makassar. Ada banyak pilihan yang kesemuanya siap memanjakan. Mata termanjakan, Lidah pun termanjakan. Inilah yang membuat siapa saja mau lagi dan lagi untuk datang kesana meskipun tampak menjadi tujuan mainstream wisatawan.

Jika kalian tertarik datang, bukanlah hal sulit untuk menuju Pantai Losari ini karena memang sangat strategis. Jika dari bandara, apabila hendak menggunakan angkutan umum kalian bisa langsung naik damri ke kawasan jalan Somba Opu. Dari sana cukup berjalan kaki saja menuju Pantai Losari.

SUMBER
emoticon-Wow emejing emoticon-Matabelo
Lumayan bagus seh di Losari... Ane sering ke sana Gan emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By mas.aku.hamil.
emoticon-Wow emejing emoticon-Matabelo


Keren Gan... Coba ente sekali2 ke Losari Gan...