alexa-tracking

Pelantikan OSO Cs Dinilai tak Memiliki Legitimasi Hukum

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58e569d3dbd7709a128b4575/pelantikan-oso-cs-dinilai-tak-memiliki-legitimasi-hukum
Pelantikan OSO Cs Dinilai tak Memiliki Legitimasi Hukum
Pelantikan OSO Cs Dinilai tak Memiliki Legitimasi Hukum

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelantikan pimpinan DPD RI dinilai tak memiliki letitimasi hukum. Tata Tertib Nomor 3 Tahun 2017 yang dibuat rapat paripurna DPD RI tak cukup karena ketentuan masa jabatan 2,5 tahun dan waktu berakhirnya masa jabatan pimpinan DPD tak dituangkan.


'Dari sisi hukum, yang sah pimpinan lama. Putusan yang baru justru melegitimasi pimpinan yang lama sampai masa habis periode' kata pakar hukum tata negara, Refly Harun di acara PrimeTalk, Metro TV, Rabu malam, 5 April 2017.


Refly menilai DPD hanya mengelabuhi publik dengan membuat Tatib Nomor 3 Tahun 2017. Menurut dia, aturan itu dibuat setelah Osman Sapta Odang (OSO) dipastikan bakal menjadi Ketua DPD untuk 2,5 tahun ke depan.  


'Jadi lucu tatib dibuat setelah pasti OSO dipilih lalu diadakan pemilihan,' ujar Refly.


Baca: DPD Kian Mengkhawatirkan


Polemik pemilihan pimpinan DPD bermula ketika dalam sidang paripurna DPD, 21 Februari. DPD menyepakati pemberlakukan aturan masa jabatan pimpinan selama 2,5 tahun untuk periode ini. Itu berarti masa jabatan pimpinan DPD akan berakhir bulan April 2017 dan harus dilakukan pemilihan kembali.


Kemudian, Tatib tersebut digugat sejumlah anggota DPD, yakni Anang Prihantoro, Marhany Victor Poly Pua, Djasarmen Purba, Denty Eka Widi Pratiwi, dan Anna Latuconsina. Salah satu poin yang digugat ialah pemotongan masa jabatan pimpinan DPD dari 5 tahun menjadi 2,5 tahun.


MA mengabulkan gugatan tersebut dengan putusan Nomor 02 P/KHS/2017. Dalam amar putusan, majelis hakim MA yang diketuai Supandi menyatakan, DPD berada dalam satu rumpun dengan MPR dan DPR sebagai lembaga perwakilan. Ini diatur di UU Nomor 17 Tahun 2014. Karena itu, seperti DPR dan MPR, masa jabatan anggota DPD sama dengan masa jabatan pimpinan DPD.


Meski ada putusan MA, DPD tetap melakukan pemilihan. Mereka berdalih memiliki dasar hukum berupa Tata Tertib Nomor 3 Tahun 2017 untuk memilih pimpinan baru. Dalam pemilihan itu, Oesman Sapta Odang (OSO), Nono Sampono dan Darmayanti Lubis terpilih.


Ketiganya pun telah resmi dilantik oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Suwardi, Selasa 4 April 2017.



Sumber : http://news.metrotvnews.com/politik/...gitimasi-hukum

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Pelantikan OSO Cs Dinilai tak Memiliki Legitimasi Hukum Dominasi Parpol di DPD

- Pelantikan OSO Cs Dinilai tak Memiliki Legitimasi Hukum MPR Serahkan Pengganti Oesman Sapta ke DPD

- Pelantikan OSO Cs Dinilai tak Memiliki Legitimasi Hukum Novanto tak Mau Ikut Campur Urusan DPD

×