alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Ilmu Marketing /
Inilah Saatnya Era Video Content Marketing
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58d8cad3d44f9ff7698b4567/inilah-saatnya-era-video-content-marketing

Inilah Saatnya Era Video Content Marketing

Strategi content marketing berevolusi secara cepat beberapa tahun belakangan ini dan tidak perlu diragukan lagi kita sudah memasuki era video seperti yang sudah terjadi di tahun 2016. Video adalah bintang utama di antara pemasar digital dan diekspektasikan akan mendominasi area ini di masa depan menurut para ahli industri dan berbagai riset. Sementara itu Syndacast memperkirakan 74% traffic di internet tahun 2017 didominasi oleh video, Cisco juga menambahkan ramalan ini akan meningkat hingg 80% pada tahun 2019.

Mengapa video menjadi favorit pengguna internet saat ini? Menurut data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada survey yang berjudul “Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2016” disebutkan bahwa sebanyak 75,5% orang usia 10-24 tahun adalah pengguna internet. Sebagaimana kita ketahui bahwa, usia tersebut adalah usia millenials.

Inilah Saatnya Era Video Content Marketing


Millenials adalah generasi yang unik. Mereka merupakan generasi pertama yang secara keseluruhan ahli soal digital. Beda dengan generasi sebelumnya, millenials bangun tidur lebih memilih menonton video internet ketimbang menonton TV. Dalam studi terbaru oleh Animoto, mereka mengonfirmasi bahwa pengguna internet “Generasi Y” sangat menyukai semua jenis video. Perilaku yang sudah tertanam pada millenials adalah mereka mencari video terlebih dahulu dibanding segala bentuk konten. Mulai dari fase mengamati produk-produk yang sedang mereka cari atau secara langsung melihat-melihat produk di toko, video menjadi tempat mereka mencari untuk pertama kali sebagai sumber yang terpercaya. Jadi, hal penting untuk Agan sadari yaitu betapa penting video bagi setiap tahap siklus belanja saat Agan mempromosikan barang kepada millenials.

Inilah Saatnya Era Video Content Marketing


Selain melihat perilaku millenials secara umum, sebagai produsen Agan harus mengamati perilaku pengguna internet di Indonesia. Mayoritas konsumen Indonesia menggunakan perangkat Android dengan harga terjangkau dan lebih suka membeli pulsa prabayar, bandwith menjadi komoditas berharga. Di satu sisi sangatlah menggiurkan untuk mengalihkan tujuan dari iklan TV ke content digital, tapi di sisi lain para pengiklan harus menahan diri dari mengopi secara total konten TV ke konten internet.

Untuk itu, harap diingat untuk memformat ulang video digital menjadi 10-15 detik, dan mendahulukan pesan pada bagian awal video. Versi mobile dari sebuah keperluan kampanye harus disesuaikan ke pengalaman digital, karena perilakunya juga berbeda total dari TV ke video online. Apalagi penonton kini punya kontrol penuh terhadap apa yang ingin mereka tonton. Oleh karena itu, Agan harus menyesuaikan pesan pada iklan. Contohnya, iklan yang tampil pada pukul 12 malam bagi para konsumen yang begadang seharusnya sangat berbeda dengan iklan yang ditonton jam 7 malam saat seseorang baru selesai bekerja.

Inilah Saatnya Era Video Content Marketing


KASKUS pun turut mengikuti kebutuhan zaman di era digital ini dengan menghadirkan fitur upload video di Forum Lounge Video. Kaskusers cukup mengupload video yang mereka miliki pada data mobile atau desktop tanpa harus upload dulu ke platform lain. Dengan syarat video yang di-upload berdurasi maksimal 1 menit. Durasi yang pendek juga menjadi syarat idealnya sebuah konten video marketing, menurut website thenextweb.com.

KASKUS juga sudah menghasilkan konten video, dari marketing hingga User Generated Content (UGC). Berikut ini adalah contoh-contoh video yang diunggah ke KASKUS:

  1. Video Marketing



    Vivo V5 Plus Review

  2. UGC dari KASKUSers Regional Banyumas



    Merdeka dari Gigi Berlubang


  3. Review otomotif



    Intip Kemewahan Mercedes Benz C 200 Bareng Om Joe yuk!


  4. Live Streaming



    Live Streaming Jakarta Punya Suara Ahok-Djarot


  5. Konten Tematik : Valentine



    Ada Cinta Lokasi di KASKUS!


  6. Konten Informatif



    Nikah 2 Minggu, Hamil 4 Minggu? Kok Bisa Gan?


Selain itu, kaskusers akan dimudahkan dengan tag pada video dan video semaki mudah ditemukan dengan memasukkan tag.

Jadi, untuk Agan yang ingin mempromosikan produk Agan, KASKUS siap membantu dengan membuat konten video marketing dan dipasang pada Forum Lounge Video. Bersama KASKUS, konten video akan disesuaikan dengan kebutuhan dan perilaku pengguna internet yang membuat produk Agan menjadi dekat bagi para Kaskusers. Produk Agan akan disisipkan pada konten dengan konsep yang mereka minati dan yang mereka ingin saksikan. Sudah siap berinovasi bersama kami?

Sumber


Diubah oleh KASKUS.Update


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di