alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58cd1f51d44f9f381e8b4567/kemenkumham-syarat-tabungan-rp-25-juta-untuk-lindungi-masyarakat
Kemenkumham: Syarat Tabungan Rp 25 Juta untuk Lindungi Masyarakat
Kemenkumham: Syarat Tabungan Rp 25 Juta untuk Lindungi Masyarakat

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Agung Sampurno mengatakan, berlakunya aturan baru dalam pembuatan paspor merupakan upaya perlindungan warga negara Indonesia di luar negeri.

Dalam surat edaran nomor IMI-02177.GR.02.06 tahun 2017 tentang pencegahan tenaga kerja Indonesia non-prosedural, Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM memberikan syarat bagi pemohon paspor. Pemohon harus memiliki tabungan atas nama pemohon dengan jumlah minimal sebesar Rp 25 juta.

"Ketentuan tersebukan bukan mendiskriminasi justru melindungi masyarat. Gunanya untuk pastikan orang yang ingin buat paspor motifnya asli," kata Agung saat dihubungi, Sabtu (18/3/2017).

(Baca: Menaker: Syarat Tabungan Rp 25 juta Pembuatan Paspor untuk Cegah TKI Nonprosedural)

Agung menyebutkan, pada Maret 2017 telah terdapat 900 orang TKI non-prosedural yang dipulangkan dari Johor, Malaysia, melalui Tanjung Pinang, Riau. Sedangkan sejak Januari hingga Maret 2017, telah terdapat 2.200 orang TKI non-prosedural yang telah dipulangkan.

Menurut Agung, dari jumlah itu, para TKI yang dipulangkan tidak berada dalam kondisi yang baik, baik fisik maupun psikologis.

"Mereka tereksploitasi. Kerja tanpa gaji, gaji mereka lebih rendah dari yang ada di Indonesia. Mereka ditakut-takuti. Kalau ini yang terjadi yang rugi adalah indoneisa, belum lagi orang yang dipulangkan dari peti mati," ucap Agung.

Selain itu, Agung mengatakan, Kementerian Luar Negeri rata-rata menangani 600 WNI di seliruh dunia.

(Baca: Kekhawatiran Warga dengan Syarat Tabungan Rp 25 Juta untuk Buat Paspor)

Dari jumlah itu, 90 persen merupakan TKI non-prosedural. Bila tidak mengikuti prosedur untuk berangkat ke luar negeri, Agung mengatakan pemerintah akan kesulitan memberikan perlindungan karena adanya perbedaan yurisprudensi. Terlebih bila terancam hukuman mati.

"Sampai tahun 2016 ada 32 orang WNI yang dihukum mati. Itu semunya nonprsedural dan ada 300 lebih yang terancam hukuman mati," ujar Agung.

Terdapat enam lembaga pemerintah yang berperan dalam memberika perlindungan kepada WNI. selain Ditjen Imigrasi, ada Kemenlu, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), dan Kementerian Agama, serta Polri.

Penulis: Lutfy Mairizal Putra

Editor: Sabrina Asril


Kemenkumham: Syarat Tabungan Rp 25 Juta untuk Lindungi Masyarakat - Kompas.com
http://nasional.kompas.com/read/2017/03/18/18004451/kemenkumham.syarat.tabungan.rp.25.juta.untuk.lindungi.masyarakat


Dapat angka 25jt drmn nih emoticon-Ngakak
Ini kementerian mau kasih kerjaan jutaan tki apa gimana nih!
Tongkol!
setuju, cuma yg ginian bakal rawan pungli emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By I.Just.Run
setuju, cuma yg ginian bakal rawan pungli emoticon-Cape d... (S)


gmn caran punglinya gan?
bener tuh minimal mengerem laju sales umroh emoticon-Traveller
naikin jadi 100 aja, jadi ga semua orang bisa dapet pasport.
peluang nih
Kalau urusan TKI,Ktkln yg dulu bijimane?bukankah sudah cukup

Satu belum beres,,,bikin acara baru lagi emoticon-Cape d...


Sekalian stop eksport TKI,apalgi yg cuma kelas PRT.kesanya bangsa ini bangsa babu emoticon-Blue Guy Bata (L)
kalo mau buat aja saldo rata rata 25jt dalam 3 bln terakhir, antisipasi saldo naik dadakan
krn bakal jadi ladang basah buat calo, kalo dibuat aturan diatas calo mana yg mau pinjemin 25jt diparkir di rekening orang selama 3bln?
Quote:Original Posted By sayhitoyourmom


gmn caran punglinya gan?


implikasinya kan pembuatan paspor jadi tambah sulit dan tambah lama karena adanya syarat baru ini, biasanya ada petugas yg mintain fulus supaya prosesnya bisa dipercepat dan dipermudah emoticon-Embarrassment
bodoh, justru karena indo itu kebanyakan manusianya seharusnya dipermudah kalau mau keluar, indonesia ini sudah overpopulasi sama orang2 yang gak punya skill.
emoticon-Ngakak

Produk anak buah si yasonna nih
Menteri yang mangkir panggilan kpk buat ektp emoticon-Ngakak (S)

emoticon-Ngakak

emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By I.Just.Run


implikasinya kan pembuatan paspor jadi tambah sulit dan tambah lama karena adanya syarat baru ini, biasanya ada petugas yg mintain fulus supaya prosesnya bisa dipercepat dan dipermudah emoticon-Embarrassment


gt ya, padahal syarat ini nggak susah-susah amat. pasti yang pengen main curang seperti ini oknum-oknum yang dikhawatirkan oleh kemenkumham yang mau bawa anak negeri keluar dengan ilegal..
emang korelasi antara jumlah tabungan dan upaya perlindungan, apa?

bukannya dgn aturan ini makin banyak yg nekad menjadi TKI ilegal?
Kalo bisa dipersulit buat apa dipermudah
25 juta perak
Quote:Original Posted By golbezz
kalo mau buat aja saldo rata rata 25jt dalam 3 bln terakhir, antisipasi saldo naik dadakan
krn bakal jadi ladang basah buat calo, kalo dibuat aturan diatas calo mana yg mau pinjemin 25jt diparkir di rekening orang selama 3bln?


masuk akal
emoticon-Hammer2
Aneh2 aja
TKI kan mo cari kerja keluar krn ga ada duit di dalam negeri

Apa hubungannya tabungan 25jt sama tki ilegal
Misal ane mo bikin paspor buat anak ane pas mo liburan gmn? Pa tiap anak hrs ada tabungan 25jt jg??
Untung ane udah buat pasporemoticon-Ngakak (S)
Pemaksaan wisata dalam negeri terselubung.
Dan bagi yang niat umroh tapi ga punya tabungan 25 juta harus ziarah wali songo dulu


emoticon-Wakaka
Bakalan dikorup ga ya