alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58cd0f75162ec26d7e8b456b/lima-berita-populer-dan-penting-pekan-ketiga-maret-2017
Lima berita populer dan penting pekan ketiga Maret 2017
Lima berita populer dan penting pekan ketiga Maret 2017
Kiri atas: Petempur ISIS, Bahrumsyah (tangkapan layar Youtube); Kanan atas: Menko Kemaritiman. Luhut Panjaitan (Sektkab/Rahmat); Tengah: Mantan Mendagri, Gamawan Fauzi (Wahyu Putro A /Antara); Kiri bawah: Calon wakil gubernur DKI, Djarot Saiful Hidayat (M Agung Rajasa/Antara); Kanan bawah; Calon Gubernur DKI, Anies Bawedan (M Agung Rajasa /Antara).
Sejumlah peristiwa menarik terjadi sepanjang pekan lalu (11-17 Maret 2017).

Ada momen peringatan lahirnya Supersemar dan haul Soeharto yang melebur dalam ramai topik Pilkada DKI 2017. Perjalanan sidang kasus proyek pengadaan e-KTP juga turut menjadi kabar penting yang menyita perhatian publik.

Dari ujung timur Indonesia, kabar tak sedap datang. Terumbu karang di perairan Raja Ampat, Papua Barat, rusak terkena imbas kandasnya kapal pesiar Caledonian Sky.

Berikut kami hadirkan sejumlah kabar populer dan menarik selama sepekan terakhir.
Lima berita populer dan penting pekan ketiga Maret 2017
Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kiri) berbincang dengan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (kedua kanan) dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon (kanan) seusai Zikir dan Salawat untuk Negeri dalam rangka memperingati 51 tahun Supersemar dan haul Soeharto di Masjid Agung At-Tin, TMII, Jakarta, Sabtu (11/3).Supersemar, Orde Baru, dan Pilkada DKI
Peringatan Supersemar dan haul penguasa Orde Baru, Soeharto, dirayakan lewat acara "Zikir dan Salawat untuk Negeri" di Masjid At Tin, Jakarta Timur, Sabtu (11/3).

Acara itu dihadiri kontestan Pilkada DKI, Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Ikut pula tokoh penting kubu Anies-Sandi, macam Prabowo Subianto (Gerindra) dan Hidayat Nur Wahid (PKS).

Ajang tersebut juga ditutup ceramah dari Rizieq Shihab, pentolan Front Pembela Islam (FPI), yang getol menentang Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat--kandidat petahana dalam Pilkada DKI 2017.

Hal di muka memunculkan kasak-kusuk kedekatan Anies-Sandi dengan Keluarga Cendana.

Lebih-lebih, Anies-Sandi pernah makan malam bersama Titiek Soeharto, anak keempat Soeharto sekaligus politisi Partai Golkar. Anies pun membantah dugaan itu. "Setahu saya (dukungan) pribadi saja (Titiek), bukan dari keluarga Cendana," katanya.

Di sisi lain, calon wakil gubernur DKI, Djarot Saiful Hidayat, sempat mendapat pengadangan saat mendatangi acara peringatan Supersemar dan haul Soeharto. Djarot, yang hadir sebagai undangan, baru bisa masuk Masjid At Tin setelah bernegosiasi.

Sejak perayaan Supersemar dan haul Soeharto, orde baru seolah menyelip dalam Pilkada DKI 2017. Ahok-Djarot dan Anies-Sandi dianggap tengah berebut dukungan Keluarga Cendana guna memenangkan Pilkada DKI.

Teranyar, Ahok bertemu dengan Probosutedjo, adik tiri Soeharto, Kamis (16/3). Konon, dalam pertemuan Probosutedjo mengaku senang dengan prestasi-prestasi Ahok selama memimpin ibu kota. Pun, yang bersangkutan mengklarifikasi bahwa insiden pengadangan Djarot di Masjid At Tin, bukan berasal dari Keluarga Cendana.
Lima berita populer dan penting pekan ketiga Maret 2017
Mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi (kiri) memberikan keterangan pada sidang lanjutan dugaan Korupsi proyek E-KTP dengan terdakwa mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri Irman dan Sugiharto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (16/3).Kasus korupsi E-KTP
Kasus korupsi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang melibatkan banyak petinggi dan politisi masih jadi topik hangat.

Pekan ini, kasus korupsi e-KTP, ditandai dengan sidang dua terdakwa Sugiharto dan Irman, Kamis (16/3/2017). Keduanya merupakan mantan pejabat di kemendagri.

Sidang itu turut menghadirkan bekas Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi sebagai saksi. Dalam sidang, Gamawan mengklaim tak menerima bagi-bagi duit proyek pengadaan e-KTP. Ia bahkan melontarkan sumpah di hadapan sidang.

"Kalau ada satu rupiah pun, saya minta didoakan saya dikutuk Allah," ujar Gamawan.

Adapun dalam surat dakwaan, Gamawan disebut menerima aliran USD4,5 juta atau Rp60 miliar dari proyek pengadaan e-KTP. Konon, uang itu diterima dari pengusaha rekanan Kemendagri dalam pengadaan e-KTP, Andi Agustinus alias Andi Narogong. Pun, Gamawan disebut menerima Rp50 juta dari terdakwa Irman.

Nama lain yang juga ramai disebut adalah Ketua DPR, Setya Novanto. Konon, politisi Partai Golkar ini ikut menerima aliran dana korupsi e-KTP.

Imbasnya, di Senayan, Novanto tengah dibidik dugaan pelanggaran etik dan dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).Konon MKD telah menerima tiga laporan berkenaan Novanto dan kasus e-KTP.

Salah satu laporan datang dari lembaga swadaya masyarakat, Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI). MAKI menganggap Novanto telah berbohong di hadapan publik.

Pasalnya, dalam wawancara media, Novanto mengaku tak pernah bertemu nama-nama yang ada di dalam dakwaan persidangan kasus korupsi e-KTP, yakni Andi Agustinus, Irman, dan Sugiharto. Sedangkan MAKI mengklaim punya bukti pertemuan itu.

Adapun kasus korupsi e-KTP diperkirakan telah mengakibatkan kerugian negara sekitar Rp2,3 triliun, angka itu setara dengan bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk 11 juta anak sekolah dasar pada 2016--lihat infografik.
Lima berita populer dan penting pekan ketiga Maret 2017
Terpidana pelanggar peraturan daerah (Qanun) Syariat Islam menjalani hukuman cambuk di halaman Masjid Rukoh, Banda Aceh, Aceh, Senin (27/2). Mahkamah Syariah Kota Banda Aceh menjatuhkan hukuman tujuh hingga 22 kali cambuk setelah dipotong masa penahanan terhadap delapan terpidana kasus ikhtilath dan khalwat.Hukum cabuk warga Budha di Aceh
Hukuman cambuk di Aceh tak hanya dialami warga beragama Islam, yang melanggar Qanun Jinayat.

Dua warga Banda Aceh beragama Buddha, Alem (57) dan Amel (60), menjalani hukum cambuk, setelah terbukti terlibat judi sabung ayam. Mereka menjalani eksekusi bersama empat orang lainnya di halaman Masjid Al Munawarah, Jantho, 9 Maret 2017.

Pekan lalu, kabar ini jadi sorotan--terutama oleh media internasional.

Suara keberatan datang dari Institute for Criminal Justice Reform (ICJR). ICJR menganggap sistem pidana Indonesia secara tegas melarang penggunaan hukuman cambuk. Lebih-lebih, dalam catatan ICJR, hukuman ini cenderung diskriminatif karena tidak berlaku untuk beberapa orang yang punya jabatan.

"Hukuman cambuk yang dipertontonkan secara umum juga menghasilkan budaya kekerasan di masyarakat Aceh," demikian tambahan keberatan Direktur Eksekutif ICJR, Supriyadi Widodo Eddyono.

Sebagai catatan, Aceh mengharuskan warganya--tanpa memandang agama dan keyakinan--guna menaati hukum pidana berpatokan ajaran Islam. Acuannya adalah Qanun Aceh No. 6/2014 mengenai Hukum Jinayat yang berlaku per 23 Oktober 2015.

Sebenarnya, warna non-Muslim bisa memilih antara dipenjara atau dicambuk. Adapun Alem dan Amel lebih memilih cambuk. "Kami tinggal di Aceh, jadi kami harus patuh dengan aturan di daerah kami," ujar Alem.
Lima berita populer dan penting pekan ketiga Maret 2017
Tim peneliti mendata kerusakan terumbu karang yang disebabkan kandasnya Kapal MV Caledonian Sky berbendera Bahama di perairan Raja Ampat, Papua Barat, Sabtu (4/3).Terumbu karang Raja Ampat
Kandasnya kapal pesiar Caledonian Sky di perairan Raja Ampat, Papua Barat, Sabtu (6/3) menyisakan masalah. Lantaran memaksa angkat sauh sebelum air pasang, kapal sepanjang 90 meter itu menabrak terumbu karang di Raja Ampat.

Hingga kini, ditaksir, terumbu karang yang rusak mencapai sekitar 1.600 meter persegi.

Pemerintah Indonesia tak terima dengan kerusakan yang diduga melanggar UU No. 32/2009. Alhasil, pemerintah Indonesia akan mengajukan gugatan pidana dan perdata kepada Noble Caledonia, selaku operator kapal.

"Terumbu karang di sana merupakan salah satu terumbu karang yang baik dan langka. Karena itu, pemerintah melakukan investigasi," kata Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Panjaitan.

Menko Luhut juga sudah bertemu dengan Duta Besar Inggris, Duta Besar Inggris, Moazzam Malik.

"Kami harap masalah ini bisa diselesaikan dengan cepat, antara pemerintah Indonesia dan perusahaan yang bertanggung jawab atas kecelakaan ini dan pengelola kapal," kata Malik, ihwal hasil pertemuan.
Lima berita populer dan penting pekan ketiga Maret 2017
Bahrumsyah, petempur ISIS asal Indonesia, yang tewas dalam sebuah bom bunuh diri nan gagal di Palmyra, Suriah.(C) Bahrumsyah, petempur ISIS asal IPentolan ISIS asal Indonesia tewas di Suriah
Pentolan Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) asal Indonesia, Bahrumsyah (32), tewas dalam aksi bom bunuh diri yang gagal, Senin (13/3).

Bahrumsyah tewas ketika mobil penuh bahan peledak yang dikendarainya meledak sebelum waktunya--direncanakan akan menghantam pasukan Angkatan Darat Suriah di Palmyra, Suriah.

Bahrumsyah mulai dikenal medio 2014. Kala itu, ia tampil dalam sebuah video, guna mengajak warga Indonesia bergabung dengan ISIS.

Diperkirakan, Bahrumsyah bergerak ke Suriah pada pengujung Maret 2014. Di sana, ia memimpin satuan Katibah Nusantara, yang berisi para petempur dari Melayu (Asia Tenggara)--terutama Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Posisi tersebut membuatnya bisa leluasa mengakses para pimpinan ISIS.

Sebelum ke Suriah, Bahrumsyah pernah berguru kepada Aman Abdurrahman, tokoh utama Jamaah Ansharut Daulah (JAD)--payung kelompok-kelompok ekstremis di Indonesia yang diyakini berafiliasi dengan ISIS.

Ketika Aman masuk penjara karena kasus pelatihan militer di Aceh (2010), Bahrumsyah mendirikan FAKSI (Forum Aktivis Syariat Islam). Kelompok itu tercatat pernah menggelar aksi dukungan untuk ISIS di bunderan HI, Jakarta (Maret 2014).

Ia juga diyakini punya kaki di Indonesia, dengan menjadi komandan Mujahidin Indonesia Barat (MIB). Pun, dari Suriah, Bahrumsyah bisa mengatur plot aksi teror di tanah air.

Pria kelahiran Bogor itu juga dikenal sebagai perekrut dan pengatur jalur masuk bagi WNI yang ingin ke Suriah.
Lima berita populer dan penting pekan ketiga Maret 2017


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...iga-maret-2017

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Lima berita populer dan penting pekan ketiga Maret 2017 Mengukur tingkat kepatuhan pajak artis dan pekerja seni

- Lima berita populer dan penting pekan ketiga Maret 2017 Bisakah pelanggaran etik menjerat Novanto?

- Lima berita populer dan penting pekan ketiga Maret 2017 Bunuh diri Indra dan sisi gelap siaran langsung Facebook

menuju TKP gan baca beritanya emoticon-Cool emoticon-Traveller
×