alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58cccb7c902cfed8138b458b/86-persen-pemilih-indonesia-lebih-suka-pilih-langsung-calon-ketimbang-partai-politik
86 Persen Pemilih Indonesia Lebih Suka Pilih Langsung Calon Ketimbang Partai Politik
86 Persen Pemilih Indonesia Lebih Suka Pilih Langsung Calon Ketimbang Partai Politik


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hasil survei menyebutkan masyarakat Indonesia lebih menyukai tata cara pemilihan umum (pemilu) dengan memilih langsung calon anggota legislatif.

Masyarakat Indonesia tidak suka apabila sistem Pemilu kita diubah menjadi sistem proporsional terbuka terbatas sehingga pemilih hanya memilih partai politik.

Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) telah membuktikannya berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada November dan Desember 2016 terhadap 400 responden yang sukses disurvei melalui telepon.

"Ternyata pemilih kita 70 persen mengaku tidak pernah mengalami kesulitan memilih calon. Ini kan dasar yang ingin mengubah sistem itu karena pemilih kita dianggap kesulitan, enggak ngerti memilih calon," kata Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini, saat diskusi bertajuk 'Sistem Buka-Tutup Pemilu' di RM Gado Gado Boplo, Menteng, Jakarta, Sabtu (19/3/2017).

Baca: Hanya Maling Jemuran yang Akui Dakwaan Jaksa

Survei tersebut membuktikan pemilih di Indonesia sebanyak 86 persen mengakui lebih suka Pemilu dilaksanakan secara terbuka yakni memilih langsung dibandingkan memilih partai politik.

Hanya 14 persen dari hasil survei tersebut yang lebih suka memilih partai politik pada saat Pemilu.

"Ternyata sebagian besar pemilih lebih suka memilih kandidat atua calon langsung dibandingkan memilih partai politik," ujar Titi yang mengatakan survei tersebut dilakukan di 27 provinsi. (eri komar sinaga)

Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...partai-politik

---

Baca Juga :

- Wow, Pansus Pemilu Studi Bandingnya ke Jerman dan Meksiko

- Anggota DPR: Revisi UU Pemilu Jangan Jadi Halangan untuk Komisi II

- Alasan Partai Gerindra Kenapa Presidential Threshold Harus Nol Persen

×