alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58ccbda6529a45b6128b456d/ask-pelaporan-pajak-penghasilan
[ASK] Pelaporan Pajak Penghasilan
gan, mau tanya mengenai pajak.

tahun 2016 bulan februari, ane bekerja di perusahaan A. dan perusahaan tersebut
tidak membayarkan pajak atau memotong gaji untuk bayar pajak dikarenakan ane belum 6 bulan kerja di perusahaan tersebut
nah dibulan oktober 2016 ane pindah ke perusahaan B, diperusahaan ini pun tidak membayarkan pajak atau memotong gaji untuk bayar pajak.

jadi selama di perusahaan A dan perusahaan B gaji yang ane terima ya THP.

ditahun ini ane melaporkan pajaknya bagaimana yah?

ada yg pernah ngalamin hal seperti ini

emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S) terima kasih
Selama full setahun 2016 ente penghasilan setahunnya berapa ?
Status ente sudah kimpoi belum ? Ada tanggungan ?

Asumsi Tidak kimpoi tanpa tanggungan TK/0 jika penghasilan ente selama setahun dibawah 54jt berarti tidak dikenakan pajak,,, tapi jika diatas 54 juta berarti ada pajak penghasilan yg hrs disetorkan sendiri...

Untuk lebih jelasnya silahkan mendatangi kantor pajak terdekat untuk konsultasi sekaligus lapor spt tahunan.. Terimakasih..
Quote:Original Posted By garbarian
Selama full setahun 2016 ente penghasilan setahunnya berapa ?
Status ente sudah kimpoi belum ? Ada tanggungan ?

Asumsi Tidak kimpoi tanpa tanggungan TK/0 jika penghasilan ente selama setahun dibawah 54jt berarti tidak dikenakan pajak,,, tapi jika diatas 54 juta berarti ada pajak penghasilan yg hrs disetorkan sendiri...

Untuk lebih jelasnya silahkan mendatangi kantor pajak terdekat untuk konsultasi sekaligus lapor spt tahunan.. Terimakasih..


status ane sudah menikah K/2 dan setahun diatas 54 gan...
berarti ane harus lapor pajak?
Klo status K/2 berarti batas tidak kena pajaknya berubah menjadi 67,5 juta gan,,, silahkan ke kantor pajak terdekat untuk perhitungannya gan..
Sebelum 31 maret ya gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By aninnuri


kedua perusahaan agan ini metode pajaknya apa?? mungkin gross up atau pajak yg di tanggung perusahaan,.. emoticon-Big Grin
trus ga dpet A1 emang dr kedua perusahaan A ataupun B emoticon-EEK!


ga dapat apa2 gan....
klo dikantor2 sebelumnya sih ane selalu dapat lembar pajak... nah ane baru ngalamin di 2 perusahaan ini aja
kondisi seperti yang ane ceritain diatas...
ane nanya ma teman kantor di perusahaan b...bisa dilaporin pajaknya tapi nihil alias diinputnya 0 atau tidak ada penghasilan
Perusahaan A ga ngasih bukti potong soalnya diitung masih dibawah ptkp biar ga lebih bayar,,

Perusahaan B ga motong juga soalnya ente ga diskusi sama bagian pajaknya klo ente pernah di perusahaan a dan ga dikasih bukti potong

Solusi : setor sendiri pajak penghasilannya,, di Kantor pajak ada Account Representative yg bersedia membantu kok,, gratis...
malam gan,
setelah baca tread ini dan tanya tanya temen tentang masalah NPWP dan pelaporan masih saja bingung,

cerita dulu ya gan,
dulu tahun 2010 ane buka usaha gan,
toko komputer kecil2 an, nah itu mau membuat surat ijin usaha siup tdp harus buat NPWP katanya.
dan buatlah NPWP tapi belum tau gunanya apa.. dan gimana gak di jelasin dulu, surat2 udah jadi gan dan usaha berlangsung selama 2 tahun ndan. setelah itu saya ganti usaha dari tahun 2014 gan karena sudah tidak cukup lagi untuk operasional karena banyak minusnya gan..
nah 2014 saya buka usaha gan bidang komputer juga, dari pengetikan desain kecil2 an sampe coba coba warnet gan, alhamdulilah ada rejeki untuk hidup kembali.
nah tahun 2015 agustus saya di rekrut kerja di jakarta gan
akhirnya usaha saya tinggalkan kembali. dan kerja sebagai karyawan sampai januari 2017. karena sudah capek karena rutinitas pekerjaan.
pada pertengahan tahun 2016 kantor minta suruh kirim NPWP. dan gajinya itu dah di rinci potong2 bla bla bla dengan yang laen hingga sisa kisaran 3jt an ndan, gaji 3juta + insentif - ini itu dll jadi sisa paling 3jt an dikit gan.
karena nie dah tgl 31 maret 2017 katanya terakhir,, dan baca berita di undur sampai 21 april untuk pelaporan nya gan,
mohon bantuan nya saya harus bagaimana untuk pelaporan nya.
apa saya harus jelasin dan buat rincian dulu pas usaha atau gimana ya gan...
maaf bingung soalnya harus mulai gimana untuk pelaporan nya...

begitulah gan ceritanya,,
mohon bantuan nya agan2 semua....