alexa-tracking

Rusaknya Sebagian Keindahan Terumbu Karang Raja Ampat

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58cc599fdbd770dc138b4567/rusaknya-sebagian-keindahan-terumbu-karang-raja-ampat
Rusaknya Sebagian Keindahan Terumbu Karang Raja Ampat
Terumbu karang di kawasan Raja Ampat rusak diterjang kapal pesiar MV Caledonian Sky pada 4 Maret lalu. Salah satu ciri terumbu karang yang mengalami kerusakan adalah menjadi berwarna putih.

Seperti apa kerusakan terumbu karang tersebut?

Berdasarkan foto 'before and after' yang diperoleh dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Rabu (15/3/2017), terumbu karang di perairan Raja Ampat berubah menjadi putih pascakejadian tersebut. Padahal awalnya batu-batu karang tersebut berwarna cokelat karena ada kehidupan di atasnya.
Seperti diketahui, terumbu karang merupakan makhluk hidup seperti makhluk hidup lainnya yang bisa saja mati. Berubah warna menjadi putih menandakan tak ada lagi kehidupan di atas batu tempat terumbu karang hidup.

Manajer Penanganan Kasus dan Emergency Walhi Edo Rakhman menjelaskan, untuk merehabilitasi terumbu karang, dibutuhkan waktu puluhan tahun. Ia juga menyampaikan kerusakan ini bukan hanya soal materi.

"Kalau untuk rehabilitasi itu perlu sampai 20-30 tahun mungkin. Itu pun tidak bisa mengembalikan seperti alamiah. Sebenarnya hal ini tidak dapat ditukar dengan uang karena terumbu karang tumbuh secara alami ciptaan Tuhan," ujar Edo di kantor Walhi, Jalan Tegal Parang, Jakarta Selatan, Rabu (15/3).

Kronologis kejadian.

Pada 3 Maret kapal pesiar MV Caledonian Sky yang berbendera Bahama dan dinahkodai Kapten Keith Michael Taylor yang membawa 79 kru dan 102 wisatawan tiba di desa Yenwaupnor, yang merupakan kawasan konservasi perairan daerah Selat Dampier.
Keesokannya pada tengah hari, kapal melaju ke arah Bitung dan menabrak terumbu karang pada kedalaman lima meter di perairan pulau Kri.

Menurut pernyataan kapten kapal, kandasnya kapal disebabkan dia hanya mengandalkan GPS dan radar tanpa memperhitungkan pasang surut air laut.
Berdasarkan perkiraan pendahuluan luasan terumbu karang yang rusak mencapai sebesar 1.600m2 akibat pergerakan MV Caledonian Sky yang berusaha keluar dari area kandas, bukan karena ditarik oleh tug boat.
Kapal dilepaskan oleh Syahbandar Jayapura pada 5 Maret.

Permintaan maaf MV Caledonian Sky

Perusahaan kapal pesiar Noble Caledonia meminta maaf atas insiden yang terjadi dan berjanji untuk membayar kerugian yang muncul.
"Saat ini kami bekerja dengan para ahli untuk mengetahui bagaimana kami dapat membantu proses regenerasi terumbu karang. Kami meminta maaf atas dampak yang terjadi terhadap komunitas lokal," seperti tertulis dalam rilis pers mereka.

"Noble Caledonia sudah menyiapkan dana yang bertujuan untuk membantu masyarakat lokal dan menyumbang pada perbaikan terumbu karang. Kami juga ingin mengirim tim ekspedisi kami untuk membantu regenerasi terumbu karang."

"Selain itu, kami juga memiliki asuransi dan perusahaan asuransi kami sedang bekerja bersama pemerintah Indonesia dan ahli penilai terumbu karang. Bersama, kami akan bekerja menuju penyelesaian yang adil dan realistis."

Sumber : Galang Aji Putro - detikNews
http://www.bbc.com/indonesia/indonesia-39276966
Rusaknya Sebagian Keindahan Terumbu Karang Raja Ampat
Rusaknya Sebagian Keindahan Terumbu Karang Raja Ampat