alexa-tracking

Saudara juga memandang dari uang ???

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58c81b546208810a1b8b4568/saudara-juga-memandang-dari-uang
Saudara juga memandang dari uang ???
Malem agan sista..Ane mau cerita dikit pengalaman keluarga ane ..

Jadi gini gan bokap ane tuh kakak tertua dikeluarganya..Dan dulu bokap ane yang biayain kuliah buat adek adeknya gan sampe s1..Bokap ane malah bela belain gak kuliah,,

Pas adik2ny udh berkelurga pun,,mereka sering minta uang buat sm bokap ane buat renov rumah lah ,,modal usaha lah atau dp beli mobil

Tapi sekarang bokap ane bs dibilang lgi terjatuh gan..Bokap ane udh beberapa tahun ini gak kerja karena kondisi kesehatannya menurun terus..Bahkan sampe hrus bolak balik dirawat dirumah sakit..Mungkin pengaruh stress jg karena usaha bokap ane smpet gagal..emoticon-Matabelo

Nah ane ngerasa perubahan sikap sodara sodara bokap ane gan..Jarang banget mereka tlp buat nanya keadaan keluarga ane..tlp cm kalo hari raya aj gan..setahun sekali..beda banget dibanding dlu pas bokap ane masih jaya..Kerasa banget gan mereka mulai jaga jarak..Pernah ane tes minta bokap ane hub mereka buat pinjem duit..Tapi smua alesan lagi gak ad duit gan..Padahal jelas jelas lagi mau beli rumah baru..

Pertanyaan ane,,emank bener yah gan kalo sodara pun mandang kt berdasarkan uang atau kesuksesan kt??
Wajar gak gan kalau mama ane smpe benci setengah mati sm sodara sodara bokap ane...

Atau ada agan atau sis yang ngalamin keadaan serupa..Boleh sharing disini..




rata- rata emang kayak gitu gansis. makanya kalo udah dewasa lebih enak hidup sendiri misah dari keluarga besar.

Ane juga gitu, sodara itu bersikap manis/mendadak nelpon/mendadak muji- muji kalo ada perlunya doang kayak minjem duit, dan kalo udah minjem biasanya keterusan terus lupa balikin, ane juga males mau nagih. Misal nggak dikasih pinjem, jelek- jelekin dibelakang.

Ane pernah ngunjungin sodara bawa oleh2 banyak pas dateng disambut dengan hangat, giliran pulang pas lagi di jalan ane dimaki- maki karena oleh- olehnya gak sesuai keinginan mereka.
Tergantung sodaranya tapi yang lebih mahal banyak.
Tergantung saudaranya... Tp emang ga menutup mata klo ada aja yg saudara kayak gitu...

Wajar aja si.. tp y udah ambil hikmahnya aja.. brrt mereka dah ga minta2 duit lg ke bokap kan? Klo suatu saat bokap jaya lg.. y udah ga usah kasih mereka trll banyak.. dah cukup kewajiban kakak bantu adiknya sampai adiknya itu berkeluarga sendiri..
rerata mah kayak gitu. Ada uang baru dianggap saudara.
namanya uang gak mandang saudara/bukan gan
ente punya uang banyak yg datang,ente sedang kurang uang semua menghilang emoticon-2 Jempol
biasa itu mah. yg penting agan bersaudara berbakti pd ortu n bisa hidup mandiri gak usah mikirin mereka.
Banyakin mah duit jangan sodara.
Kalo udah banyak duit orang lain juga ngaku sodara.

Secuil kisah kehidupan.
Bener banget, udah jadi rahasia umum klo lu banyak duit lu bakalan banyak temen sama banyak sodara. Tapi klo lu kere ya wasalam medadak ilang semua tuh yang nama nya temen ato sodara

Quote:
Tergantung orangnya gan.
Ya bener gan, dulu bokap ane jarang kasih gajinya ke nyokap karena uangnya dipake buat nyekolahin keponakan2nya ada yg jadi tni dan polisi. Sampe keluarga sendiri ditelantarin gan, untung nyokap ane kerja, meskipun masih pas2an.
Ternyata sekarang saat bokap ane udah pensiun, mana ada balesan dr keponakan2 dan saudara2nya. Jangankan nyekolahin ane sebagai anak bokap ane yg udah nyekolahin mereka. Kunjungin rumah bokap ane pun ga pernah tuh mereka. Makanya nyokap ane benci bgt ma saudara2 bokap ane.
Gimana lagi sih gan ini udah kenyataan hidup
Kebanyakan memang begitu
Ujung2nya sih ane males bersilatirahmi ma sodara2.. Ujung2nya jelek pada minjem duit udah gitu pada ngga dibalikin duidnya..

Mungkin tar2 mah kalo mau kasih duit dibatasin aja dan Anggap ngasih lah Jangan hutang..tapi kasih catatan aja ngga bakal ngasih2 lagi gitu..Kalo mau minjem duit banyak mah ke Bank aja
bt pengalaman gan.

mandiri ssudh menikah mmg lebih baik, bntu sperlunya saja. apalgi ad agan yg bilg klo ud diksi hutang akan keterusan/istilahnya jdi njagakne. wlo mmg dbalikin tpi kan ya gtu deh, klo sering2 ya qt sndiri yg bgg klo ad btuh dadakan tpi uangx ga ada.

jdi mending klo kbtuhan primer,sandan,pangan n papan qt ud trpenuhi, klo puny anak juga ckupan bolehlah ngasi pinjam dkit2. tpi klo byak ya bilg aja ga ad,wlo qt sbnarnya ad. krn itu tadi gan, klo tiba2 btuh dadakan qt sndiri y bgg.

(kbtuhan dadakan semisal, klo ud rt, mo beli tanah/rumh klo slama ni ngontrak, klo punya anak pas wktu byar spp/smsteran/msuk skolah/les dll dsb )

itulah sbabnya qt sndiri hrus punya tbungan biar trhindar dr mghutang ke org lain gan. klo qt mghutang klo bnar2 udah mentok dhuk

smoga qt smua trhindar dr hutang piutang ya agan2. aamiin

ane bantu doa aja gan smoga bokap cpat dberi ksmbuhan. aamiin.
×