alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58c7fd99d44f9fbd7a8b4569/masih-pelajar-pembacok-siswa-smp-di-yogyakarta-terancam-7-tahun-bui
Masih pelajar, pembacok siswa SMP di Yogyakarta terancam 7 tahun bui
Quote:Masih pelajar, pembacok siswa SMP di Yogyakarta terancam 7 tahun bui
Quote:Merdeka.com - Maraknya aksi kekerasan di jalanan melibatkan pelajar Kota Yogyakarta atau biasa disebut klitih menjadi perhatian tersendiri bagi Kapolda DIY, Brigjen Pol Ahmad Dofiri. Para pelaku yang masih berstatus pelajar dan berusia di bawah umur tak membuat langkah hukum terhenti.

"Walau pelaku klitih usianya di bawah umur tetap akan kita tindak tegas. Ini untuk menimbulkan efek jera agar tak ada lagi peristiwa serupa di kemudian hari," kata Dofiri saat ditemui di Mapolresta Yogyakarta, Selasa (14/3).

Dofiri mengingatkan, selama ini banyak anggapan di masyarakat jika pelaku kejahatan berusia di bawah umur bisa dibebaskan atau didamaikan oleh polisi. Menurut Dofiri anggapan tersebut tidak selalu benar.

"Meski berusia di bawah umur tetapi jika ancaman hukumannya lebih dari 7 tahun akan tetap diproses. Proses hukum akan sesuai dengan ketentuan pidananya," jelas Dofiri.

Dalam beberapa kasus klitih, sambung Dofiri, senior-senior menyuruh mereka yang berusia di bawah umur untuk melakukan tindak pidana kekerasan. Mereka menduga bahwa proses hukum tidak akan dilanjutkan karena pelakunya berusia di bawah umur.

"Harap diingat, kasus pembunuhan dan penganiayaan berat tetap akan kita proses lebih lanjut. Ketentuannya boleh ditangkap, ditahan dan diproses sampai ke pengadilan," ungkap Dofiri.

Dofiri mencontohkan kasus klitih yang terjadi di daerah Selopamioro, Imogiri, Bantul pada 12 Desember 2016 yang lalu. 9 orang pelajar yang terlibat penganiayaan hingga berujung pada kematian seorang pelajar SMA Muhammadiyah I Yogyakarta semuanya diproses hukum dan divonis penjara dengan masa tahanan bervariatif dari 3-5 tahun.

"Untuk pelaku klitih di Jalan Kenari Yogyakarta, akan dikenakan pasal 338 dan 354 KUHP tentang pembunuhan maupun penganiayaan yang menyebabkan orang meninggal dunia," pungkas Dofiri.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, seorang pelajar SMP bernama Ilham Bayu Fajar (15) tewas karena sebuah luka bacokan di dada sebelah kanan. Korban tewas dibacok saat berboncengan dengan kakaknya yang merupakan pelajar SMA. Kedua sedang dalam perjalanan usai bermain biliard. Ilham tewas setelah sempat dirawat di rumah sakit Ludira Husada. Ilham menghembuskan nafas terakhir pada pukul 12.45 WIB.

Sebanyak tujuh orang pelaku sudah berhasil ditangkap oleh petugas Polresta Yogyakarta. Lima orang pelaku berstatus pelajar ditingkat SMP dan SMA. Para pelajar ini juga masih berusia di bawah umur. Polisi saat ini masih mengejar dua orang pelaku lainnya. [gil]

SUMUR

cebokin pake amplas pak emoticon-Blue Guy Bata (L)
Yang teriak teriak HAM sama bawa bawa KPAI, ane doain lobang pantatnya nambah 2 dijidat emoticon-Marah
Quote:Original Posted By jiraiya.sama.69
Yang teriak teriak HAM sama bawa bawa KPAI, ane doain lobang pantatnya nambah 2 dijidat emoticon-Marah


ngeri bener emoticon-Takut emoticon-Leh Uga
Sukanya mengancam emoticon-Ngakak
mampus lu keparat
penjara sudah, seumur hidup juga gak masalah..
Quote:Original Posted By jiraiya.sama.69
Yang teriak teriak HAM sama bawa bawa KPAI, ane doain lobang pantatnya nambah 2 dijidat emoticon-Marah


parsial lah gan..
si tersangka tetep dpt hak anak, hak asasi..
pengadilan tertututp, muka di blur di media, penjara anak, gak disiksa..
soal durasi hukuman, itu beda lagi
cuma 7 taun?..ngilangin nyawa orang lho..dengan iseng.iseng2 bunuh orang..
waduh mau jadi apa tuh bocah nanti sudah dewasa nya...kecil kecil saja sudah berani bacok orang
Baru ancaman 7 tahun kan?

Ane rasa gk bakal ditahan mengingat tersangka dibawah umur...
Quote:Original Posted By manusiarender


parsial lah gan..
si tersangka tetep dpt hak anak, hak asasi..
pengadilan tertututp, muka di blur di media, penjara anak, gak disiksa..
soal durasi hukuman, itu beda lagi


Berlakukan imparsial mestinya, terlepas mereka dibawah umur (18 tahun baru dianggap dewasa sesuai dengan KUHP), perbuatan mereka udah meresahkan dan mengganggu keamanan yah at least berlakukan hukuman sesuai KUHP tanpa keringanan untuk dibawah umur. Just my opinion bre, bahas hukum gak akan ada habisnya, beda orang beda pandangan kalo soal hukum
Orangtua pelaku sebenarnya perlu diproses juga. emoticon-Nohope
Hancur sudah, masa depan hanya tersisa menjadi anggota pisang pisang klan doang. emoticon-Embarrassment
Ni kalo besar nnti bisa menjadi kepala preman,lebih baik mencegah daripada mengobati,tembak di tempaaaaatttt grakkkkk. emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By jiraiya.sama.69
Yang teriak teriak HAM sama bawa bawa KPAI, ane doain lobang pantatnya nambah 2 dijidat emoticon-Marah


Kejam bro emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By satupintu


Kejam bro emoticon-Ngacir


Lebih kejam ente kalo gak mau ngasi tau ane nama polwan di ava ente emoticon-Genit
Nah seharusnya Pemerintah Pusat lebih menaruh perhatian lebih pada permasalahan, yang menimpa anak sekolah. Pemerintah Pusat seharusnya membangun Penjara bagi Remaja. Karena remaja itu bukan anak-anak lagi. Remaja itu sudah mampu berpikir panjang, meski remaja ingin menikmati masanya loh.

Revisi dulu itu UUD Perlindungan Anak!

1. Anak itu dilihat dari sekolah dasar, kelas satu sampai kelas enam.

2. Remaja sedang itu dilihat dari sekolah menengah pertama sampai kelas tiga. Remaja yang hanya ingin bersenang-senang.

3. Remaja tanggung itu dilihat dari sekolah menengah atas sampai kelas tiga. Karena remaja tanggung mampu memutuskan untuk tidak berbuat jahat, dan memikirkan nasibnya.
kalo syariat dijaalankan udah digantung dan ditonton banyak orang, kalo gue seakan liat sebuah eksekusi yg memberikan edukasi dan rasa takut, (rasa takut penting, kalo orang gak punya rasa takut dg apapun dogma teroris itu )
Quote:Original Posted By jiraiya.sama.69
Yang teriak teriak HAM sama bawa bawa KPAI, ane doain lobang pantatnya nambah 2 dijidat emoticon-Marah



Tambahin di wewe ama Hartoyo gan...

Aamiin.
Quote:Original Posted By jiraiya.sama.69


Lebih kejam ente kalo gak mau ngasi tau ane nama polwan di ava ente emoticon-Genit


Sorry bro, ntar jadi bahan colian para BP dimari emoticon-Ngacir