alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / REGIONAL / All / ... / Banyumas /
Keutamaan Mengingat Mati
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58c7e27cde2cf266638b4587/keutamaan-mengingat-mati

Keutamaan Mengingat Mati

KEUTAMAAN MENGINGAT KEMATIAN 


Dalam hidup ini perlu kita perhatikan, bahwa tidak mungkin kita hidup selamanya. Kita harus selalu memikirkan, bahwa datangnya kematian tak bisa disangka-sangka. Maka dengan mengingat mati mempunyai beberapa keutamaan. Manusia disuruh agar memperbanyak mengingat mati, sebab dengan mengingat mati, akan menghapuskan dosa dan menyebabkan kezuhudan dunia. Nabi Saw bersabda : 
Artinya: "perbanyaklah mengingat kematian, sebab yang demikian itu akan menghapus dosa dan menyebabkan timbulnya kezuhudan di dunia". (HR.Ibnu Abid Dunya). 
Dengan memperbanyak mengingat kematian maka, akan mampu melenyapkan segala macam kelezatan, sebagai mana sabda Saw : yang artinya: 

"perbanyaklah mengingat-ingat sesuatu yang melenyapkan segala macam kelezatan" (HR. At Tarmidzi). 

Dengan mengingat mati, maka sebagai penasehat bagi insan yang benar-benar berfikir tentang pentinya memperbanyak ingat mati. Nabi Saw bersabda : 
"Cukuplah kematian itu sebagai penasehat" (HR.Thabrani dan baihaqi) 

Manusia dinamakan cerdik, bila dalam hidup ini memperbanyak mengingat kematian, maka sudah barang tentu akan mempersiapkan bekal untuk menghapi. Dengan persiapan yang cukup, yakni amal saleh, maka mereka pergi ke alam baqa dan alam akhirat dengan membawa kemuliaan. Nabi Saw bersabda: 
"Secerdik-cerdik manusia ialah yang terbanyak mengingat kematian, serta terbanyak persiapan untuk menghadapi kematian Mereka itulah orang-orang yang benar-benar cerdik dan mereka pergi ke alam baqa dengan membawa kemuliaan akhirat" (HR. lbnu majah dan Ibnu Abid Dunya). 



Masalah kematian tidak mungkin bisa kita hindari. Bagi mereka yang tidak sadar akan datangnya ajal, maka dia akan tenggelam dalam kemewahan dunia yang sifatnya serba sementara padahal masalah kematian pasti akan menemui kita sekalipun kita lari dari padanya. Allah berfirman : 
"Katakanlah: sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui yang ghaib dan nyata, lalu Dia beritakan kepadaku apa yang telah kamu kerjakan" (QS. 62 : 8). 

Dengan memahami firman Allah maupun beberapa sabda Nabi Saw. Maka dipandang sangat penting sekali umat manusia mengingat kematian, karena dengan mengingat mati akan berdampak positif dalam hidup ini. 


http://ranahseilandia.xtgem.com/Keut...ngingat%20mati
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di