alexa-tracking

Membandingkan e-KTP di Indonesia dan MyKad di Malaysia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58c7ddffde2cf2720a8b4567/membandingkan-e-ktp-di-indonesia-dan-mykad-di-malaysia
Membandingkan e-KTP di Indonesia dan MyKad di Malaysia
Membandingkan e-KTP di Indonesia dan MyKad di Malaysia

Merdeka.com - Upaya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengungkap dugaan korupsi kebijakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik akhirnya menuai hasil. Sejumlah nama besar pun tersangkut dalam kasus tersebut, yang merugikan negara sampai Rp 2,3 triliun terhadap program yang dimulai sejak 2011 lalu ini.

Nama-nama yang tersangkut mulai dari mantan Ketua Fraksi Golkar di DPR Setya Novanto, Ketua Konsorsium Percetakan Negara Republik Indonesia Isnu Edhi Wijaya, mantan Sekretaris Jenderal Kemendagri Diah Anggraini, mantan anggota Komisi II DPR Ganjar Pranowo, hingga Yasonna Laoly.

Bahkan, nama-nama seperti Gamawan Fauzi, Dradjat Wisnu Setyawan, beserta 6 anggota panitia pengadaan, Husni Fahmi beserta 5 anggota tim teknis, Johannes Marliem, Anas Urbaningrum, Marzuki Alie, Olly Dondokambey, Melchias Marchus Mekeng, Mirwan Amir, Tamsil Linrung, Taufik Effendi, Teguh Djuwarno, Chairuman Harahap, Arief Wibowo, Mustokoweni, Rindoko, Jazuli Juwaeni, Agun Gunandjar Sudarsa, Ignatius Mulyono, Miryam S Haryani, Nu'man Abdul Hakim, Abdul Malik Haramaen, Jamal Aziz, Markus Nari, dan 37 anggota Komisi II DPR disebut menerima uang haram tersebut.

Dibanding KTP sebelumnya, nama yang terdata dalam kartu pengenal itu masuk telah di-komputerisasi dan berlaku secara internasional. Salah satu tujuannya adalah untuk menjaga keabsaan identitas dan diakui secara internasional, sekaligus memberantas KTP palsu.

Tindakan pemalsuan juga bisa dicegah, termasuk mengantisipasi data kembar yang merujuk pada satu orang, sebab setiap pemilik e-KTP sudah melalui proses pemindaian retina mata dan sidik jari.

Jika di Indonesia sistem ini masih bermasalah dan malah bikin megakorupsi. Berkacalah pada Malaysia dengan kartu identitas elektronik yang diberi nama MyKad. Sudah sejak tahun 2001 kartu ini jadi pengenal identitas tunggal di negeri jiran itu.

MyKad wajib dimiliki seluruh warga negara atau penduduk permanen berusia di atas 12 tahun.

Jika e-KTP hanya berfungsi sebagai kartu identitas untuk mengajukan aplikasi ke bank dan mengurus dokumen tertentu. MyKad memiliki banyak fungsi, yakni sebagai lisensi berkendara, dokumen perjalanan, serta informasi kesehatan. Tak perlu repot-repot lagi mengurusi kartu ini-itu.

Bahkan, kartu ini bisa dipakai sebagai e-cash atau dompet elektrik dan terintegrasi langsung dengan Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Rencananya MyKad juga akan dikembangkan sebagai kartu perjalanan buat para traveller, dan bisa digunakan sebagai kartu pembayaran multi-guna sebagai kartu kredit atau debit.


Jika diterapkan secara benar, kartu identitas tunggal ini sebenarnya juga bisa meminimalisir terjadinya kecurangan saat Pemilu. Misal, tak akan ada lagi pemilih ganda atau pemilih siluman. Tak ada juga orang meninggal masih diberi hak pilih.

Sumber Masalah
Susah berkembang di negara terbelakang. Urusan KTP aja masih kalak telak sama Malaysia. Bagian jelek jelekin Malaysia orang Indonesia paling jago emoticon-DP
image-url-apps
Subannalloh sungguh 10 thn yg tak sia2, biar auto pilot pun tapi pesawatnya tetap tiba dengan selamat ampe tujuan, walau banyak bolong2, mesin mati sebelah dan banyak sparepart yg ilang di gondol garong emoticon-Leh Uga
KASKUS Ads
gimana mau bener, lha wong 45% anggarannya dikorupsi rame-rame (baca: dirampok) oleh para pengambil keputusan....
indonesia kan karakter orang orangnya beda - beda (multietnis) ada yg serakah, ada yg jujur , malaysia ada 3 jenis (india, cina, malayu) ga banyak makanya masih mudah diatur
image-url-apps
Memang korupsi dah mendarah daging di Indonesia
Beberapa koruptor dipelihara negara juga kok
Malahan ada yg berhasil eksis kembali
Indonesia Oh Indonesia emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Padahal awalnya ane kira e-ktp bakal kayak gini (mykad)...
Ternyata e-ktp...
E-KeTiPu...
emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Mereka udah duluan malahan
masalahnya kalo di sini tersandung kasus di mangkrakin

coba proyeknya dilanjut aja, sementara kasusnya tetap ditindaklanjuti
image-url-apps
Quote:


tidak apa apa terbelakang, asal santun dan seiman. insyaallah masuk surga dan hidupnya penuh dengan rahmat Tuhan.
image-url-apps
korupsi itu oli pembangun kata Fadli zonk
Membandingkan e-KTP di Indonesia dan MyKad di Malaysia
image-url-apps
Dulu ada yg usul kurang lebih kyk KTP Malaysia, mungkin pada budeg emoticon-Entahlah
image-url-apps
Benarin dulu sistem hukum di indo, masak koruptor rata2 cuma divonis 3-4 tahun, terus di denda cuma <10% dari hasil korupsi nya, mana bisa habisi koruptor di indonesia ?? Yg ada makin bertambah, patah satu tumbuh seribu..

Aku percoyo aja deh...
penduduk malaysia jumlahnya juga tidak banyak gan...
jadi cara pengaturannya, relatif lebih mudah emoticon-Smilie
image-url-apps
karungin semua yg terima duit korups e-ktp dan pastikan semua hak2 politiknya dicabut
image-url-apps
Mentalnya org indo masih mental korupsi,
Gak ngurus lu, yg penting gw hepi
image-url-apps
Makasih kebo, makasih bemo, makasih tustel
image-url-apps

Kenyataan emang pait

Kita ternyata tertinggal jauh dari malaysia
image-url-apps
Emang betul tuh mental nya yang bikin beda
Sedih buat indonesia
Semoga kedepan indonesia lebih baik
×