alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58c7dc6614088dd6178b4568/saksi-ahli-sebut-jaksa-ragu-ragu-sangkakan-pasal-terhadap-ahok
Saksi ahli sebut jaksa ragu-ragu sangkakan pasal terhadap Ahok
Quote:
ANTARA News
Selasa, 14 Maret 2017 17:08 WIB - 1.543 Views

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Saksi ahli sebut jaksa ragu-ragu sangkakan pasal terhadap Ahok
Saksi ahli sebut jaksa ragu-ragu sangkakan pasal terhadap Ahok
Sidang Lanjutan Ahok Terdakwa kasus dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memasuki ruang sidang di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (14/3/2017). Persidangan ke-empatbelas tersebut memasuki agenda pembuktian dengan saksi fakta yang dihadirkan tiga orang saksi dari pihak pihak kuasa hukum. (ANTARA FOTO/Reno Esnir) ()


Jakarta (ANTARA News) - Ahli hukum pidana Universitas Gadjah Mada (UGM) Edward Omar Sharif Hiariej, yang dihadirkan kuasa hukum Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai saksi, menyatakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terkesan ragu-ragu terkait sangkaan pasal terhadap Ahok dalam kasus penodaan agama.

"Hal itu disebabkan adanya pasal alternatif yang disertakan dalam dakwaan sehingga ada keraguan dari penuntut umum," kata Edward saat memberikan kesaksian dalam lanjutan sidang Ahok di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa tidak relevan apabila Ahok disangkakan dengan Pasal 156 KUHP karena pasal tersebut bukan merujuk terhadap penodaan agama.

"Harusnya Pasal 156a KUHP. Pasal 156a KUHP yang disangkakan pada status aquo tidak hanya menghendaki kesengajaan tetapi juga menghendaki niat. Niat itu tidak bisa diukur dari ucapan tetapi juga harus dilihat dari keadaan kesehariannya apakah betul pelaku itu punya niat atau tidak," ucap Edward.

Dalam lanjutan sidang Ahok ini, tim kuasa hukum Ahok memanggil tiga saksi fakta dan satu ahli hukum pidana.

Tiga saksi fakta itu antara lain Juhri, seorang PNS di Bangka Belitung yang juga mantan Ketua Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten Belitung saat Pilkada Bangka Belitung 2007, Suyanto yang seorang sopir Ahok dari Belitung Timur, dan Fajrun yang juga teman sejak kecil Ahok dari Belitung Timur, serta ahli hukum pidana Universitas Gadjah Mada (UGM) Edward Omar Sharif Hiariej.

Ahok dikenakan dakwaan alternatif yakni Pasal 156a dengan ancaman lima tahun penjara dan Pasal 156 KUHP dengan ancaman empat tahun penjara.

Menurut Pasal 156 KUHP, barang siapa di muka umum menyatakan perasaan permusuhan, kebencian atau penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

Perkataan golongan dalam pasal ini dan pasal berikutnya berarti tiap-tiap bagian dari rakyat Indonesia yang berbeda dengan suatu atau beberapa bagian lainnya karena ras, negeri asal, agama, tempat asal, keturunan, kebangsaan atau kedudukan menurut hukum tata negara.

Sementara menurut Pasal 156a KUHP, pidana penjara selama-lamanya lima tahun dikenakan kepada siapa saja yang dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan yang pada pokoknya bersifat permusuhan, penyalahgunaan atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2017

http://m.antaranews.com/berita/61796...-terhadap-ahok


Mau ada Niat kek, mau gak ada kek POKOKNYA AHOK HARUS DITANGKAP.....HARUSSS!!! emoticon-Marah








mir kita jalan yukkk emoticon-Traveller emoticon-Ngacir
Ampe lupa hari ini sidang ahok emoticon-Big Grin


Udah bosen



Pertamax ni, tumben emoticon-Big Grin
Astajim kok bisa ragu emoticon-Mad
Kasus yg dipaksakan karena ancam mau digeruduk ribuan pasukan daster barbar berpassword emoticon-Big Grin
Benar juga ya.. jaksa ragu ragu makanya menjerat di 2 pasal

Tambahan dikit dari kompas dengan judul yg sama
Quote:
Meski membicarakan dakwaan dari penuntut umum terhadap terdakwa merupakan hal teknis, Edward tetap menilai ada keraguan melalui pasal alternatif tersebut. Pasal alternatif ini juga menandakan jaksa memberi keleluasaan pada hakim untuk memutuskan perkara tersebut.

"Sehingga yang penuntut umum presentasikan dalam sidang pengadilan semua akan dibuktikan, lalu memberi keleluasaan pada hakim untuk menentukan (putusan)," tutur Edward.


Tuntutan penuh keraguan hingga harus di balikkan ke hakim utk menentukan
nah lo gimana ini jaksanya emoticon-Ngakak
JPU kalo ampe misien pailed bakal digeruduk efpeik emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By kodok.nongkrng4
Benar juga ya.. jaksa ragu ragu makanya menjerat di 2 pasal

Tambahan dikit dari kompas dengan judul yg sama


Tuntutan penuh keraguan hingga harus di balikkan ke hakim utk menentukan


Masih labil breyy jpunya..self confidencenya kurang emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By jsoedarna83
Ampe lupa hari ini sidang ahok emoticon-Big Grin


Udah bosen



Pertamax ni, tumben emoticon-Big Grin


Nyantai dululahh sambil aduk kopi dan sebatang samsu emoticon-coffee
nongkrong dulu ah.....

nunggu komen dari pihak sebelah...gip datanglah...(sambil bakar menyan)
sudah saat ny besok pemilihan menangkn ahok jgn cuma golput aj.golput bikin bocor lima tahun dah
Quote:Original Posted By monyong11111
nongkrong dulu ah.....

nunggu komen dari pihak sebelah...gip datanglah...(sambil bakar menyan)

Gip lagi edit berita dulu brey sebelom dipublikasi ke BP emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By monyong11111
nongkrong dulu ah.....

nunggu komen dari pihak sebelah...gip datanglah...(sambil bakar menyan)


Loe pikir si gip setan?
Iya jg sih...

Tuntutannya kan belum jelas yg 4 tahun apa yg 5 tahun
Quote:Original Posted By jibrut212

Gip lagi edit berita dulu brey sebelom dipublikasi ke BP emoticon-Ngakak


emoticon-Ngakak (S)...oh gitu breh udah dpt orderan toh
Quote:Original Posted By bewox19


Loe pikir si gip setan?


sapa tau bawa info A1 breh.....emoticon-Ngakak (S)
piyey klo ragu ya ga naek kursi pesakitan lah emoticon-Leh Uga
brti ahoax bakal bebas ya emoticon-Big Grin bakal banyak yg kejang" donk emoticon-Big Grin
lama2 berita sidang ahok makin sepi sih di kaskus g kaya fitsa hats dulu
Gembok
Saksi ahli sebut jaksa ragu-ragu sangkakan pasal terhadap AhokSaksi ahli sebut jaksa ragu-ragu sangkakan pasal terhadap Ahok
Saksi ahli sebut jaksa ragu-ragu sangkakan pasal terhadap Ahok
×