alexa-tracking

Jokowi Minta Persoalan Tembakau Dilihat dari Aspek Kesehatan dan Petani Tembakau

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58c7db4fdcd7708b5c8b4586/jokowi-minta-persoalan-tembakau-dilihat-dari-aspek-kesehatan-dan-petani-tembakau
Jokowi Minta Persoalan Tembakau Dilihat dari Aspek Kesehatan dan Petani Tembakau
Jokowi Minta Persoalan Tembakau Dilihat dari Aspek Kesehatan dan Petani Tembakau


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo saat menggelar rapat kabinet terbatas terkait pertembakauan menyampaikan kepada menteri-menterinya agar mempelajari masalah tembakau dari dua aspek, yaitu kesehatan dan petani tembakau.

Aspek pertama, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa rokok menjadi persoalan gangguan kesehatan di masyarakat.

"Berdasarkan data dari BPJS Kesehatan, tahun 2015, lebih dari 50 persen biaya pengobatan dihabiskan untuk membiayai penderita penyakit tidak menular yang salah satunya disebabkan konsumsi rokok dan paparan asap rokok," ujar Jokowi di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Melihat data itu, Jokowi khawatir dampak kesehatan tersebut akan mengganggu kualitas Sumber Daya Manusia di masa yang akan datang.

Disamping itu, Jokowi memaparkan data bahwa rokok masuk di peringkat kedua konsumsi rumah tangga miskin.

"Rumah tangga miskin lebih memilih belanja rokok daripada belanja makanan bergizi. Dana yang dikeluarkan untuk tembakau 3,2 kali lebih besar dari pengeluaran telor susu, 4,2 kali dari pengeluaran beli daging, 4,4 kali dari biaya pendidikan, dan 3,3 kali lebih besar daripada biaya kesehatan," tutur Jokowi.

Aspek kedua, Jokowi tidak ingin regulasi yang diwacanakan justru akan merugikan petani tembakau yang selama ini mendapatkan penghidupan dari bertani tembakau.

Untuk itu, Jokowi memerintahkan kepada Menteri Pertanian Amran Sulaiman untuk memetakan langkah kongkret dalam rangka peningkatan kesejahteraan petani tembakau dalam upaya perbaikan.

"Dan terakhir, saya minta laporan Menteri Tenaga Kerja mengenai kondisi ketenagakerjaan dan perlindungan bagi pekerja pabrik di industri hasil tembakau," ucap Jokowi.

Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...etani-tembakau

---

Baca Juga :

- Presiden Jokowi: Kembangkan PLBN Menjadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi

- Pesan Iriana Jokowi kepada Istri Dubes soal Bumbu Dapur

- Pakai Bahasa Indonesia, Lee Teuk Undang Jokowi Nonton Konser Super Junior