alexa-tracking

Ahli dari Ahok Kritisi Saksi Ahli jika Memiliki "Conflict of Interest"

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58c7da6d62088168738b456a/ahli-dari-ahok-kritisi-saksi-ahli-jika-memiliki-quotconflict-of-interestquot
Ahli dari Ahok Kritisi Saksi Ahli jika Memiliki "Conflict of Interest"
Ahli dari Ahok Kritisi Saksi Ahli jika Memiliki "Conflict of Interest"


JAKARTA, KOMPAS.com - Guru besar Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) Edward Omar Sharif Hiariej menyebutkan saksi ahli dalam sebuah persidangan harus obyektif dan tidak berlaku layaknya saksi fakta.

Edward hadir sebagai saksi ahli pada sidang lanjutan kasus dugaan penodaan agama di auditorium Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2017).

"Di dalam keterangan depan sidang juga saya telah meluruskan beberapa hal, bahwa ahli harus bersifat obyektif, independen, dan netral. Jangan sampai ahli termasuk pihak pelapor atau memiliki conflict of interest persoalan yang sedang disidangkan," kata Edward usai sidang.

Di hadapan majelis hakim sebelumnya, kuasa hukum Ahok sempat menanyakan apakah dibenarkan bila saksi ahli menyatakan terdakwa bersalah atau bicara seputar kejadian di lokasi.

Edward mengungkapkan, hal itu tidak dibenarkan karena saksi ahli seyogianya tidak diperbolehkan memberi kesimpulan atau masuk pada materi perkara seperti saksi fakta. Sama halnya dengan saksi fakta yang seharusnya bicara mengenai apa yang dia lihat dan rasakan saja.

Bukan memberi keterangan di luar topik, seperti membicarakan perkara dari sudut pandang agama dan sebagainya. Kuasa hukum Ahok sebelumnya beberapa kali mengeluh soal saksi fakta maupun ahli yang dihadirkan oleh jaksa penuntut umum.

Sumur: http://megapolitan.kompas.com/read/2...t.of.interest.

Udah dari awal saksi ahli dari jaksa dagelan semua, maksa, penuh kepentingan...emoticon-Wakaka
image-url-apps
jangan nyalahin jaksa..


Jaksa susah nyari saksi ahli yang memberatkan dan ga punya sentimen sama ahok.. kepaksa pake yg ada aja..

Kasian jaksanya... emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


Meenanggung malu tuh yg jadi JPU di kasus ahok emoticon-Mewek
KASKUS Ads
salah satu saksi ahli yang kalem banget waktu sidang neng jess..
hmm ada penampakan samping pak uztad
image-url-apps
Quote:


hasilnya dpt si nopel, ustad tengku, ustadzah suster palsu Irene handono, bibieb rijek dkk emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


Dalem hati si JPU nya gedeg... "ni kasus kok bisa masuk pengadilan sih??"

Pengorbanan jaksa
emoticon-Wkwkwk kasihan juga JPU
image-url-apps
Quote:


Memang nya grup pisang kenapa emoticon-Kagets
Wajar kalau pisangnya dipake mikir sebagai simbol membership
Quote:


Quote:


Quote:

Ahli dari Ahok Kritisi Saksi Ahli jika Memiliki "Conflict of Interest"

Ni orang ternyata pengacara ahok yak....palanya balak dua dijidat, ama jenggot panjang, ga takut ditapir2in dimurtad2in temen2 dia yg mengaku pemilik kavling sorga!emoticon-Takut
image-url-apps
mereka yang lapor, mereka yang jadi saksi ahli emoticon-Big Grin
×