alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58c7d2d5c1d77033098b4575/pengunjung-candi-borobudur-segera-dibatasi-ada-apa
Pengunjung Candi Borobudur Segera Dibatasi, Ada Apa?
Pengunjung Candi Borobudur Segera Dibatasi, Ada Apa?
Yogyakarta, GATRAnews - Pengelola Candi Borobudur dalam waktu dekat ini akan melakukan pembatasan jumlah pengunjung dan batas waktu kunjungan. Pengelola memastikan pembatasan ini bertujuan untuk menyelamatkan keberadaan dan menjaga kelestarian Borobudur.

Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hari Widianto menyatakan sebelumnya Candi Borobudur diprediksi bisa bertahan 1.000 tahun lagi. Namun melihat jumlah pengunjung, kerusakan candi diperkirakan lebih cepat. “Asumsi kami, idealnya setiap hari pengunjung yang diijinkan untuk melihat Candi Borobudur maksimal 150 orang dengan waktu kunjungan 1,5 jam. Namun kondisi saat ini, terutama saat akhir pekan, jumlah kunjungan bisa mencapai 5.000 orang dengan batas waktu kunjung tak terbatas,” jelas Hari di Jogja Gallery, Yogyakarta, Selasa (14/3). Pembatasan jumlah dan jam kunjung ke Candi Borobudur ini demi kelestarian bangunan candi. Dengan jumlah pengunjung yang terlalu banyak pada waktu yang bersamaan, beban yang dipikul pondasi candi akan bertambah dan menyebabkan candi rawan rusak. Sebagai salah satu cagar budaya yang sudah diakui dunia, kelestarian Candi Borobudur bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah maupun pengelola, melainkan juga butuh partisipasi dari pengunjung. Dengan hadirnya bandara baru yang lebih besar di Kulonprogo, DI Yogyakarta nantinya, Hari menilai peluang meningkatnya kunjungan ke Candi Borobudur amat besar. Terlebih lagi selama ini DI Yogyakarta menjadi pintu masuk utama ke Borobudur, selain dari Jawa Tengah. “Pembatasan ini akan kami akan usulkan ke PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (TWC) untuk segera direalisasikan. Kami melihat, Candi Prambanan yang telah melakukan pembatasan sehari 50 orang bisa dijadikan contoh bagaimana manajemen pembatasan diterapkan. Jadi semuanya tak harus naik candi. Pengunjung bisa diarahkan ke obyek wisata terdekat di sana,” pungkas Hari.
Tweets by GATRA_News
Di tempat yang sama, Kepala Balai Konservasi Borobudur Marsis Sutopo mengatakan dampak dari peningkatan jumlah pengunjung sudah bisa ditemukan di bangunan inti Candi Borobudur. “Sebagai contoh di bagian tangga, sebagian besar batu yang tersusun mulai aus. Tingkat keausan ini semakin besar saat tingkat kunjungan tinggi di puncak liburan,” jelas Marsis. Disinggung mengenai manajemen pembatasan pengunjung, Marsis melihat obyek lain, semisal Museum Samudra Raksa atau desa wisata di sekitar Borobudur bisa menjadi destinasi wisata tambahan agar pengunjung tidak kecewa. Sebanyak 20 desa wisata telah dikembangkan untuk lebih menarik wisatawan dengan berbagai atraksi budaya maupun semua hal yang berhubungan dengan Borobudur. Jadi jika pengunjung tidak berkesempatan naik langsung ke candi, mereka bisa mencari tahu mengenai candi, sejarahnya, maupun relief yang terpahat pada pengelola desa wisata. “Jadi pengunjung bisa mendengarkan cerita yang termuat pada relief Karmawibhangga sambil berteduh dan menikmati alam desa,” jelasnya. 
Silahkan komen ke Tweet to @GATRA_News

Reporter: Aris Koes
Editor: Nur Hidayat

Sumber : http://www.gatra.com/nusantara/jawa/...batasi-ada-apa

---


- Pengunjung Candi Borobudur Segera Dibatasi, Ada Apa? Kementerian PUPR Dukung Pengembangan Kawasan Wisata Borobudur
×