alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58c7c35ae05227e7548b456a/bacok-pelajar-hingga-tewas-pelaku-klitih-ini-ditangkap
Bacok Pelajar hingga Tewas, Pelaku 'Klitih' Ini Ditangkap
Bacok Pelajar hingga Tewas, Pelaku 'Klitih' Ini Ditangkap
Yogyakarta, GATRAnews - Polisi Resort Kota Yogyakarta menangkap tujuh dari sembilan pelaku klitih atau aksi kejahatan jalanan oleh remaja pada Minggu (12/3) dini hari. Aksi berupa pembacokan ini menewaskan pelajar SMP PIRI, Ilham Bayu Fajar. Kepolisian menemukan indikasi kuat adanya dorongan dari para senior kepada pelaku untuk melakukan aksi pembacokan.

Dalam jumpas pers di Mapolresta Kota Yogyakarta, Kapolda DI Yogyakarta Brigjen Pol Ahmad Dofiri menjelaskan aksi pembacokan ini dipicu dari rass tersinggung pelaku terhadap teriakan korban saat berpapasan di jalan. “Saat itu korban meneriakkan kata ‘bajingan’ kepada rombongan pelaku. Tidak terima, kemudian rombongan pelaku langsung mengejar korban dan ketika berhasil dihentikan satu orang langsung menyerang dengan menggunakan clurit,” jelasnya Selasa (14/3). Dari proses pengejaran, tujuh pelaku ditangkap termasuk pelaku pembacokan berinisial FF, pelajar SMU dari Banguntapan, Bantul. Sedangkan dua orang lain dalam proses pengejaran dan kepolisian mengharapkan mereka menyerahkan diri. [column_item col="3"]
Baca juga: Polisi Tangkap Dedengkot Gang 'Klitih'
Baca juga: 'Klitih' Kembali Makan Korban, Pelajar SMP di Yogyakarta Tewas
Baca juga: Kasus 'Klitih" Marak di Yogyakarta Nyawa Terbuang Sia-sia[/column_item]Melihat usia rata-rata pelaku yang masih berstatus pelajar, Kapolda menyatakan rasa prihatin. Sebab indikasi awal, para pelaku ini mendapatkan dorongan dari para senior di gengnya untuk melakukan pembacokan. Pelaku didorong beraksi karena usia pelaku dianggap tidak akan mempengaruhi proses pidana. “Dugaan ada doktrinisasi dari seniornya sangat terlihat. Ada anggapan jika masih di bawah umur tidak akan dikenakan proses hukum. Ini salah. Kami perlu tegaskan, jika aksi kejahatan yang melibatkan anak di bawah umur dengan ancaman hukuman minimal 7 tahun penjara, maka tidak ada proses mediasi. Kami langsung naikkan ke pengadilan,” lanjut Kapolda. Selain FF, pelaku yang diamankan oleh Polresta Yogyakarta adalah AA (16) pelajar home scholling dari Sewon, Bantul, TG (14) pelajar SMP dari Depok Sleman, JL (15) pelajar home schooling dari Kotagede, MKR (15) pelajar SMP dari Ngampilan Kota Yogyakarta, Ridho Basuki Junianto (18) dari Banten, dan Noviar Surya Persada (21) Mergangsan Kota Yogyakarta. Mereka diamankan berserta dua buah celurit, dua belah pedang, dua sabuk gir dan tiga sepeda motor. Terkait dengan penanganan kasus serupa, Kapolda berjanji akan meningkatkan patroli rutin.
Tweets by GATRA_News
Namun peran dari orang tua haruslah dominan dalam pengawasan anak-anak karena melihat latar belakang pelaku mereka berasal dari keluarga yang orang tuanya berpisah. “Soal penerapan jam malam untuk pelajar, hal itu kami rasa tidak perlu karena akan menganggung kenyamanan Kota Yogyakarta,” pungkasnya. Sementara itu, Kapolresta Yogyakarta, Komisaris Besar Polisi Tommy Wibisono menyatakan para pelaku akan dijerat dengan KUHP pasal 338 tentang pembunuhan dengan ancaman penjara 15 tahun. “Saya perlu tegaskan sekali lagi. Ini adalah kasus pembacokan yang terakhir di Kota Yogyakarta. Jika ke depan masih ada kejadian serupa, kami tidak segan-segan untuk bertindak demi keamanan masyarakat,” jelas Kapolres. 

Reporter: Arif Koes
Editor: Nur Hidayat

Sumber : http://www.gatra.com/nusantara/jawa/...-ini-ditangkap

---


- 'Klitih' Kembali Makan Korban, Pelajar SMP di Yogyakarta Tewas
Manusa2 madesu.