alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58c7827f5c7798236e8b4576/wzf-2017-diharapkan-melahirkan-resolusi-zakat-internasional
WZF 2017 Diharapkan Melahirkan Resolusi Zakat Internasional
WZF 2017 Diharapkan Melahirkan Resolusi Zakat Internasional

Monday, 13 March 2017 | 14:49 WIB


WZF 2017 Diharapkan Melahirkan Resolusi Zakat Internasional
ROL/Wisnu Aji Prasetiyo
World Zakat Forum (WZF) 2017


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menjadi tuan rumah sekaligus peserta World Zakat Forum (WZF) yang diselenggarakan di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta pada 14-16 Maret 2017. Baznas berharap, melalui WZF 2017 yang bertema "Penguatan Peran Zakat sebagai Instrumen Global Pengentasan Kemiskinan" akan melahirkan resolusi di dunia zakat Internasional.

"Baznas mengharapkan, WZF 2017 dapat menjadi ajang kerjasama lembaga-lembaga zakat sedunia," kata Direktur Baznas, Arifin Purwakananta kepada Republika.co.id, Senin (13/3).

Arifin mengatakan, kerja sama antar lembaga-lembaga zakat di dunia yang dimaksud dalam bidang informasi, manajemen wakaf, dan zakat. Serta kerja sama dalam bidang pertukaran gagasan tentang pengelolaan zakat di berbagai negara.

Selain itu, melalui WZF, juga diharapkan bisa berbagi hasil kajian tentang zakat di negara-negara yang ada di dunia. Sebab, yang hadir di WZF adalah lembaga zakat se-Dunia, praktisi zakat, akademisi, pemerhati zakat dan peneliti.

Baznas juga berharap, WZF bisa menjadi forum bertemunya gagasan-gagasan pengembangan zakat dunia di masa depan. "Jadi konferensi WZF 2017 ini kami mengharapkan melahirkan resolusi untuk kemajuan dunia perzakatan Internasional," ujar Arifin.

Menurut dia, di dunia ada dua kelompok lembaga zakat. Pertama lembaga zakat yang dukung oleh negara. Kedua lembaga zakat yang ditopang oleh masyarakat. Konferensi WZF 2017 akan mempertemukan lembaga zakat yang ada di negara masing-masing tersebut.

Dikatakan dia, dengan adanya konferensi ini, maka akan ada kerjasama saling tukar informasi. Sehingga akan melahirkan kerjasama di antara lembaga-lembaga zakat di seluruh dunia.

Lembaga-lambaga zakat yang ada di dunia beragam kemampuannya. Masing-masing memiliki keunggulannya. Sehingga dengan adanya WZF 2017 penting untuk melakukan pertukaran pemikiran dan gagasan. Indonesia contohnya, maju dalam pendayagunaan zakat.

"Malaysia maju dalam sistem operasi dan pelayanan zakat, Singapura maju dalam penggunaan IT," ujarnya. Kemudian, Sudan maju dalam pera pemerintah mendukung zakat. Afrika Selatan, sudah maju peran masyarakatnya dalam pengelolaan zakat.

Rep: Fuji Eka Permana / Red: Agus Yulianto
http://m.republika.co.id/berita/duni...-internasional
×