alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58c7783adac13e331a8b4567/telat-kirim-pesanan-pesawat-ptdi-kena-denda-rp-22256-miliar
Telat Kirim Pesanan Pesawat, PTDI Kena Denda Rp 222,56 Miliar
Telat Kirim Pesanan Pesawat, PTDI Kena Denda Rp 222,56 Miliar
http://bisniskeuangan.kompas.com/amp...222.56.miliar.
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian BUMN menyatakan PT Dirgantara Indonesia (Persero)harus menanggung beban yang cukup besar karena harus membayar denda akibat keterlambatan pengiriman pesawat.
Deputi Bidang Industri Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN‎) Fajar Harry Sampurno mengungkapkan keterlambatan pengiriman terjadi akibat ada beberapa komponen pesawat yang harus diimpor, sehingga pengiriman pesawat tidak tepat waktu seperti yang telah ditetapkan.

"Produksi pesawat PTDI komponennya ada yang diimpor. Makanya ada yang terlambat pengirimannya," ujar Harry di Kementerian BUMN, Kamis (9/3/2017).

Denda tersebut menurut Harry bisa saja tidak terjadi, jika antara PTDI dengan pihak pemesan telah melakukan perundingan terlebih dahulu. Sehingga tidak ada yang merasa dirugikan.

"Bisa saja PTDI tidak membayar denda, denda bisa dinegosiasikan, tergantung negosiasi," pungkasnya.

Kinerja PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PTDI belum secemerlang perusahaan pelat merah di sektor penerbangan lainnya. Hal ini mengingat PTDI tengah terlilit beban berupa denda yang harus dibayar kepada perusahaan yang memesan pesawat ke PTDI.

Seperti diberitakan Gatra, denda tersebut muncul karena terjadinya keterlambatan pengiriman pesawat yang sebelumnya telah dijadwalkan dengan perusahaan pemesan pesawat dari beberapa negara. Adapun besaran denda mencapai Rp 222,56 miliar.

Salah satu contoh keterlambatan pengiriman pesawat yakni untuk pesawat C212-400 ke Thailand. Kontrak PTDI dengan Thailand untuk pesawat C212-400 dilakukan pada Agustus 2011 dengan target pengiriman 12 Oktober 2013.

Adapun nilai kontrak tersebut sebesar 8,34 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 108,4 miliar (asumsi rupiah Rp 13.000 per dollar AS), PTDI justru harus membayar denda sebanyak 13,52 juta dollar AS atau setara Rp 175,8 miliar karena baru dikirim pada 19 Januari 2016.

Selain itu, ada juga denda keterlambatan mengirim pesawat Super Puma NAS332 untuk TNI Angkatan Udara. Kontrak pada Desember 2011 dengan nilai Rp 170 miliar dan target pengiriman Januari 2014, PTDI kembali harus menanggung denda karena baru bisa mengirim pesawat pada September 2016. Alhasil, PTDI dikenakan denda Rp 8,5 miliar.

manajemennya nih kudu di evaluasi,
udah dapet pesawat, kena denda pula.
Yah nego donk,tapi yah harus bayar nantinya bisa rusak citra perusahaan dimata dunia kalo ga sesuai kontrak.
emoticon-Mad
Pakai uang nastak nasbung saja.
Bangsa ini memang bekum sanggup bikin mesin
Mesin apapun itu
biar jadi pelajaran, kalau tidak ada denda, ya semena2 produsennya

Mau maju ? tepati perjanjian
Mau ditinggal konsumen ? ya dibiasakan molor apapun alasannya
tukang jahit emoticon-Ngakak
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

ke supplier kan juga ada kontrak to. kpn material hrs dkrm. nah klo mereka gk mematuhi kontrak kan bs nuntut ada diskon atau apalah...

manajemennya gimana tuh
emang ndak ada perhitungan waktu bkl molor klo masih banyak sparepart yg import gitu?
Kebangetan pemerintah sekarang emoticon-Ngakak
Blangsak betul ptdi dibawah rejim jongos emoticon-Busa
dari dulu pemerintah bangun ptdi setengah hati, emoticon-Traveller
Produk dalam negeri yang bikin bangga


Tapi bikin negara tekor ratusan M
owe di denda parkir aja berat bayarnya bre,apalagi ini emoticon-Turut Berduka
ya elahhh ternyata berita lama emoticon-Cape d...
berita lama ternyata emoticon-Busa:
Gila telatnya bukan hitungan hari atau bulan tapi TAHUN

Edaaannnn

Manajemennya harus bertanggung jawab nih emoticon-Mad
bubarin ajalah... hambur2in duit rakyat aja, tiap taun minta pmn emoticon-Ngakak (S)
buset tuh pesawat. yang lain udah pake jet dia masi baling2 gitu.
wwkwkw pada nyalahin jokowi padahal kontrak thailand 2011 kudu slese 2013....
sungguh cacad fikiremoticon-Embarrassment
pesen 2011 janji selesai 2013 kelar 2016

ini yg mesti gw salahin sapa? emoticon-Leh Uga