alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58c7733ae05227bd1f8b45aa/dapat-masukan-ahli-kpk-bakal-kembali-jerat-bupati-nganjuk-taufiqurahman
Dapat Masukan Ahli, KPK Bakal Kembali Jerat Bupati Nganjuk Taufiqurahman
Dapat Masukan Ahli, KPK Bakal Kembali Jerat Bupati Nganjuk Taufiqurahman


Laporan Wartawan Tribunnews.com, Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Terkait putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) yang mengabulkan gugatan praperadilan Bupati Nganjuk, Taufiqurahman, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah meminta pendapat sejumlah ahli pidana.

Hasilnya, KPK akan kembali membuka proses penyidikan kasus dugaan korupsi dan penerimaan gratifikasi yang sebelumnya menjerat Taufiqurahman.

"Kami sudah undang sejumlah ahli pidana untuk membahas putusan itu. Kami dapat sejumlah rekomendasi dan tindaklanjut penanganan perkara ini," ungkap Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, Selasa (14/3/2017).

‎Seperti diketahui, Hakim tunggal PN Jaksel, Wayan Karya dalam putusannya menyatakan, KPK tidak berwenang menangani kasus dugaan korupsi dan gratifikasi yang menjerat Taufiqurrahman karena perkara tersebut telah ditangani Kejaksaan Agung. Putusan itu mengacu pada Memorandum of Understanding (MoU) antara KPK, Kejaksaan Agung, dan Polri pada 2012 silam.

Dalam MoU itu disebutkan, jika di antara ketiga lembaga menangani perkara yang sama, maka instansi yang terlebih dahulu mengerluarkan surat perintah penyelidikan merupakan instansi yang berhak menangani perkara tersebut.

Febri menjelaskan dari hasil diskusi dengan sejumlah ahli pidana, didapatkan hasil kalau acuan hakim tersebut tidak relevan dengan perkara ini.

Terlebih dalam Pasal 29 MoU tersebut menyebutkan MoU berlaku selama empat tahun sejak ditandatangani, yakni 29 Maret 2012. Dengan demikian, MoU tersebut sudah tidak berlaku pada 29 Maret 2016. KPK sendiri mulai menyidik kasus yang menjerat Taufiqurahman pada November 2016.

"Hasil diskusi dengan para ahli, ada ketidaktepatan SKB MoU untuk perkara itu," tegas Febri.

Febri mengaku belum menerima informasi apakah upaya kembali menjerat Taufiqurahman sudah dibahas dalam gelar perkara (ekspos) atau belum.

"KPK telah mengantongi sejumlah bukti atas sangkaan yang sebelumnya telah disematkan terhadap yang bersangkutan.
Dari aspek materi bukti kita yakin," imbuh Febri.

Sumber : http://www.tribunnews.com/regional/2...-taufiqurahman

---

Baca Juga :

- Bupati Nganjuk Menang Praperadilan di PN Jaksel, KPK Kecewa

- Bupati Nganjuk Diperiksa KPK Sebagai Tersangka