alexa-tracking

Soal Peran Setya Novanto, KPK Punya Banyak Informasi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58c7706596bde6d22f8b458d/soal-peran-setya-novanto-kpk-punya-banyak-informasi
Soal Peran Setya Novanto, KPK Punya Banyak Informasi
Soal Peran Setya Novanto, KPK Punya Banyak Informasi


Laporan Wartawan Tribunnews.com, Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR RI Setya Novanto disebut turut menerima uang hasil megakorupsi pengadaan e-KTP tahun anggaran 2011-2012.

Tidak tanggung-tanggung Setya Novanto mendapatkan 11 persen atau Rp 574,2 miliar dari nilai proyek Rp 5,9 triliun bersama-sama dengan Andi Agustinus alias Andi Narongon.

"Uangnya kita yakini sudah terdistribusi semuanya karena proyeknya sudah selesai," kata Irene, Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta dalam sidang perdana e-KTP pada Rabu (9/3/2017) kemarin di Pengadilan Tippikor.

Irene mengakui pihaknya belum menulis secara rinci berapa uang yang diterima oleh Setya Novanto., Menurut Irene, pihaknya hanya menuliskan ada 23 nama anggota DPR RI karena ini adalah dakwaan Irman dan Sugiharto.

"Karena dakwaan kita kan bukan komisi 2 ya. Dakwaan kita Irman dan Sugiharto. Ini masalah dakwaan saja, dakwaan kita ke sini dulu bukan orang yang tadi menerima keuntungan, itu saja," ucap Irene.

Lebih lanjut saat dikonfirmasi ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) soal dari mana penyidik KPK mendapatkan keterangan soal peran Setya Novanto di kasus tersebut, Ketua KPK, ‎Agus Rahardjo enggan membeberkan detail.

Agus juga mengamini satu diantaran peran Setya Novanto didapatkan dari Nazaruddin. Namun ada juga informasi-informasi lain yang telah dihimpun KPK.

"‎Ikuti saja proses pengadilan. KPK punya banyak informasi, banyak sekali. Saya tekankan informasi tidak hanya dari Pak Nazaruddin. Ada 274 saksi yang kami periksa selain itu kami juga kerja sama dengan banyak lembaga termasuk PPATK serta beberapa instansi penegak hukum di luar negeri," beber Agus, Selasa (14/3/2017).

Lebih lanjut, Juru Bicara KPK, Febri Diansyah juga mengamini pernyataan dari Ketua KPK, soal KPK punya banyak informasi mengenai nama-nama yang disebut dalam dakwaan.

"Seluruh informasi nama-nama di dakwaan bersumber dari informasi yang kami dapat tidak hanya dari dua terdakwa tapi juga dari banyak unsur yang nanti akan diklarifikasi," tambah Febri.

Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...nyak-informasi

---

Baca Juga :

- Ahok Masuk Bagian dari 37 Nama Penerima Suap e-KTP?, Begini Penjelasan KPK

- Fahri Hamzah Usulkan Hak Angket Kasus Suap E-KTP, Ini Tanggapan KPK