alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
20 juta orang di empat negara terancam mati kelaparan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58c75a5c620881d04a8b45b4/20-juta-orang-di-empat-negara-terancam-mati-kelaparan

20 juta orang di empat negara terancam mati kelaparan

20 juta orang di empat negara terancam mati kelaparan
Sacdiyo Mohamed, 9 bulan, ketika berada di rumah sakit Mogadishu, Somalia, setelah hengkang dari kampung halamannya yang dilanda kekeringan.
Lebih dari 20 juta orang di empat negara terancam dengan kondisi kelaparan dan krisis pangan.

Menurut Koordinator Bantuan Darurat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Stephen O'Brien, "orang-orang tersebut dapat mati kelaparan" jika "upaya bersama" untuk mengatasinya absen. Selain itu, ujarnya, "akan lebih banyak lagi penduduk yang menderita dan mati karena penyakit".

"Ini titik kritis dalam sejarah," kata O'Brien dalam situs resmi PBB. "Kita baru di awal tahun dan mulai menghadapi krisis kemanusiaan terbesar sejak PBB berdiri".

O'Brien lantas berbicara lugas mengenai hal yang dibutuhkan untuk menyiasati kondisi di Yaman, Sudan Selatan, Somalia, dan Nigeria bagian timur laut. "Kami butuh USD4,4 miliar pada Juli nanti," ujarnya, "untuk menghindari malapetaka".

Dua per tiga dari penduduk Yaman--termasuk lebih dari tujuh juta orang yang sangat membutuhkan makanan--memerlukan bantuan.

Sudan Selatan baru saja mempermaklumkan kondisi kelaparan. Hal demikian baru pertama terjadi sejak 2011. Di kawasan itu, lebih dari 7,5 juta orang--termasuk 3,4 juta lain yang kehilangan tempat tinggal--butuh pertolongan.

Ketimbang tahun lalu, angkanya meningkat sebesar 1,4 juta.

Krisis serupa dialami Somalia yang lebih dari setengah penduduknya tak lagi sanggup menghidupi diri sendiri. Bahkan, yang lebih mencemaskan, lebih dari sejuta anak di bawah usia lima tahun berisiko mengalami kekurangan gizi parah.

O'Brien pun menyinggung Kenya. Di negeri itu, lebih dari 2,7 juta warga mengalami krisis pangan. Bahkan, angkanya pada April diprediksi bakal melonjak hingga empat juta orang.

Dalam proyeksi Arif Husain, kepala ekonom Program Pangan Dunia (WFP), 20 juta orang yang terancam kelaparan itu bisa mati dalam enam bulan mendatang jika tak satu upaya pun dilakukan.

Masalahnya, semua daerah itu terhubung dengan masalah sama yang menjerat warganya ke jurang kelaparan: konflik.

Di Sudan Selatan, misalnya, negeri yang"sebagian besar keluarga tak lagi punya barang (untuk membantu) bertahan hidup". Perang telah berkecamuk di sana sejak 2013, dan lebih dari tiga juta penduduk terpaksa meninggalkan kediaman.

Ditulis BBC, kebanyakan warga di negara itu bekerja sebagai di sektor pertanian. Sialnya, perang menghancurkan bidang itu. Para petani kehilangan ternak dan alat pertanian.

Konflik bersenjata membatasi produksi pangan bahkan di kawasan yang sebelumnya stabil dan subur. Perseteruan di antara para pemimpin politik meningkat menjadi persaingan brutal merebut kekuasaan dan sumber daya.

Seiring dengan produksi pertanian yang menurun dan ternak yang mati, inflasi melonjak hingga 800 persen. Harga-harga kebutuhan pokok pun melambung.

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mengatakan tak hanya konflik yang mengundang krisis kelaparan. Dilansir The New York Times, Guterres menyatakan bahwa ketiadaan dana juga menyumbang bagian, karena saat ini PBB membutuhkan USD5,6 miliar--lebih besar dari yang disyaratkan O'Brien--pada akhir Maret.

Namun, masalahnya, hanya dua persen dari jumlah itu yang siap digelontorkan. Sudah begitu, Amerika Serikat, pendonor terbesar di dunia, belum menunjukkan komitmen jelas di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump.
20 juta orang di empat negara terancam mati kelaparan


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...mati-kelaparan

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- 20 juta orang di empat negara terancam mati kelaparan Pecat Lulung, Partai Persatuan yang tak kunjung bersatu

- 20 juta orang di empat negara terancam mati kelaparan Ridwan Kamil dan kelakar merendahkan transgender

- 20 juta orang di empat negara terancam mati kelaparan Warga Buddha yang dicambuk, dan Qanun Jinayat Aceh

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Daripada dana buat perang, mending buat makan anak2 ini..
Semoga masa depan lbh baik ya nak..


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di