alexa-tracking

Kisah Bocah Buton yang Memiliki Bola Mata Biru

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58c7543cdcd770e5328b4575/kisah-bocah-buton-yang-memiliki-bola-mata-biru
Kisah Bocah Buton yang Memiliki Bola Mata Biru
Kisah Bocah Buton yang Memiliki Bola Mata BiruKOMPAS.COM / DEFRIATNO NEKE
Seorang bocah di Desa Boneatiro, Kecamatan Kapuntori, Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara, Fardan Ramadhan (5), memiliki sepasang mata yang berwarna biru di kedua bola matanya.


BUTON, KOMPAS.com – Di bawah rumah panggung yang terbuat dari kayu, terlihat beberapa anak kecil sedang bermain mobil-mobilan. Beberapa anak kecil beberapat kali tertawa ketika mobil mainannya terjatuh ketika ditarik dengan tali rafia.

Bocah-bocah itu terlihat sangat menikmati permainan mobil-mobilan yang terbuat dari plastik. Demikian pula, dengan seorang bocah bernama Fardan Ramadhan (5) yang juga ikut bermain mobil-mobilan bersama beberapa teman sebayanya.

Sepintas tidak terlihat perbedaan dengan bocah lainnya, namun ketika melihat kedua bola mata Fardan nampak berbeda dengan mata anak-anak lainnya. Kedua bola mata Fardan berwarna biru.

Saat ditemui di rumahnya di Desa Boneatiro, Kecamatan Kapuntori, Buton, Sulawesi Tenggara, Fardan tidak terlihat malu ketika disalami dan dipotret bersama sejumlah wartawan. Kedua orangtua Fardan, Diana S dan Faisal Amorale, terlihat senang dan bangga ketika sejumlah media bergantian memotret buah hatinya tersebut.

Menurut ibu Fardan, Diana S, mengatakan, kedua bola mata anaknya sudah berwarna biru sejak lahir. Awalnya ia merasa cemas dan khawatir yang dikiranya adalah penyakit.

“Saat dia lahir, saya lihat matanya biru, bidan nanya kenapa tuh matanya. Saya bawa ke dokter, jangan sampai penyakit mata. Tapi dokter bilang bukan, kalau sakit mata warna merah, sedangkan anak saya biru jadi bukan penyakit,” kata Diana, Selasa (14/3/2017).

Diana menambahkan, dalam keluarganya tak ada yang mempunyai mata berwarna biru selain anaknya sendiri Fardan. Demikian pula dengan mata ayahnya, Faisal Amorale (50) yang memiliki bola mata warna hitam.

Faisal mengaku mata biru yang terdapat pada anaknya merupakan turunan gen dari keluarga orangtuanya, Amorale.

“Keluarga saya yang ada di Morowali, Sulawesi Tengah, juga memiliki mata biru,namun setengah saja biru satunya hitam. Menurut sejarah keluarga kami, nenek moyang kami orang eropa,” ucapnya.

Kisah Bocah Buton yang Memiliki Bola Mata BiruKOMPAS.COM / DEFRIATNO NEKE
Ditra (3) bocah di Desa Boneatiro, Kecamatan Kapuntori, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, memiliki mata yang berbeda. Mata sebelah kanannya berwarna biru dan mata sebelah kirinya berwarna hitam


Selain Fardan, seorang bocah perempuan, Ditra (3) juga memiliki mata biru pada bola mata sebelah kanan. Sedangkan bola mata sebelah kirinya berwarna hitam.
Ayah Ditra, Falid Amorale merupakan adik kandung ayah Fardan, Faisal Amorale. Rumah mereka tak berjauhan.

Falid mengaku tidak merasa heran dengan perbedaan warna mata pada kedua bola mata putrinya tersebut.

“Kami memang mempunyai turunan gen yang sama dari keluarga kami. Ini anak ketiga kami, kakaknya semua matanya hitam, hanya sepupunya, Fardan matanya biru semua,” ujar Falid.

Memiliki mata biru pada kedua bocah tersebut memiliki keunikan sendiri. Warga yang berada di sekitar rumah kedua bocah tersebut menjadi senang dengan keberadaan kedua bocah tersebut.

“Tidak ada yang mengejek anak saya dengan matanya yang biru, justru banyak tetangga-tetangga membawa Fardan hanya untuk berfoto,” kata Diana.

Penulis: Kontributor Baubau, Defriatno Neke
Editor: Erlangga Djumena

teropong senayan

emoticon-Matabelo
Kalo di kucing yg mata nya biru begini biasanya ada masalah di pendengaranya .mentah kalo manusia
Takjub emoticon-Matabelo
Sumbernya ompongsenayan, dibuka kompas emoticon-Belo
kalau mata biru ga masalah ... lah yg masalah kalau darahnya biru emoticon-Malu
ini ceritanya jaman dahulu, nenek moyangnya budak inggris.belanda.

saking cakepnya dientot dan menghasilkan keturunan.
akhirnya sampe deh pada sekarang ini, emoticon-Maaf Agan emoticon-Hansip
orang buton memang europe descendant.. portugis..
byakugan ?
sharingan ?
rinnegan ?

emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By harkrevenge
ini ceritanya jaman dahulu, nenek moyangnya budak inggris.belanda.

saking cakepnya dientot dan menghasilkan keturunan.
akhirnya sampe deh pada sekarang ini, emoticon-Maaf Agan emoticon-Hansip


Quote:Original Posted By kencing.dibotol
orang buton memang europe descendant.. portugis..


inggris, belanda apa portugis nih yg bener? emoticon-Leh Uga
kok bisa ya ada yg sebelah biru tp sebelah hitam..emoticon-Matabelo
mutant itu mah...

segera masukin sekolah x-men...
turunan eropah brayy .... mantap jiwa emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By toekidjan
kalau mata biru ga masalah ... lah yg masalah kalau darahnya biru emoticon-Malu


Po Maneh nontone pilem biru emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By devagni




inggris, belanda apa portugis nih yg bener? emoticon-Leh Uga


semuanya deh gan, jepang juga sekalian.
nasib inlander, dijajah berbagai negara emoticon-Hai
Quote:Original Posted By buntelcawet
byakugan ?
sharingan ?
rinnegan ?

emoticon-Mewek


tenseigan?emoticon-Leh Uga
teringat ama mtos'Lingon" emoticon-Thinking
mitos orang pedalaman Maluku yang katanya berambut pirang dan bermata biru juga emoticon-linux2
Hmmmm kbanyakan makan BLAO ya ibu nya

Kisah Bocah Buton yang Memiliki Bola Mata Biru
Quote:Original Posted By fansu.theu


wokwokwokwokkkk nasib indon di ewe tapi gak bisa ngelawanemoticon-Wakaka emoticon-Ngakak emoticon-No Hope


mau ngelawan, tapi batangnya segede ubi jalar yang membawa kenikmatan tiada akhir.
mending pasrah
emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By purefied
Hmmmm kbanyakan makan BLAO ya ibu nya


blao...jadul bingits...
klo gue seh suka mata jadi ijo...klo liat duitemoticon-Ngakak