alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58c75056c2cb17b5668b4569/cara-install-laravel-di-localhost-xampp-melalui-composer-create-project
Cara Install Laravel di Localhost Xampp Melalui Composer Create Project
Laravel adalah salah satu framework php yang paling banyak digunakan saat ini mengerjakan projek-projek php. Hal ini wajar karena selain fitur yang lengkap juga kemudahan yang ditawar dengan adanya dokumentasi yang cukup lengkap di website resminya https://laravel.com .
Kali ini saya akan memberikan tutorial untuk menginstall laravel di localhost xampp kalian (pengguna windows berarti ya), sebenarnya tutorial ini bisa saya katakan tidak penting, hehehe karena di situs resminya sudah terdapat dokumentasi cara untuk install laravel. Cuma mungkin sobat kurang paham penjelasannya karena pakai bahasa inggris atau bahasanya kurang newbie banget. Langsung saja berikut tutorialnya.

Pertama sebelum menginstall laravel dilocalhost xampp kalian, tentunya harus sudah menginstall xampp, dan silakan start Apache dan MySQL nya. Oya lupa satu lagi pastikan xampp yang sudah terinstall adalah versi terbaru agar memenuhi sistem requirements, sebagai berikut:

  • PHP >= 5.6.4
  • OpenSSL PHP Extension
  • PDO PHP Extension
  • Mbstring PHP Extension
  • Tokenizer PHP Extension
  • XML PHP Extension


Kalau sudah selanjutnya download dan Composer , silakan di download dan install .exe nya. Composer ini merupakan dependency manager php, anda bisa menginstall banyak package-package php salah satunya laravel ini.

Kalau sudah terinstall composernya maka ketikan composer pada cmd kalian jangan lupa tekan enter, maka akan muncul tulsan COMPOSER gede, ini artinya composer sudah terinstall.
Cara Install Laravel di Localhost Xampp Melalui Composer Create Project
Spoiler for Sumber gambar:

Selanjutnya anda bisa menginstall laravel anda dengan mudah melalui cmd ini, tapi pertama yang harus anda perhatikan pastikan posisi cmdnya ada di drector C:\xampp\htdocs ada bsa menggunakan command cd untuk pindah folder atau melalui file exporer lalu klik kanan + tekan shift, pilih yang open command window here.
Cara Install Laravel di Localhost Xampp Melalui Composer Create Project
kalau sudah terbuka cmdnya, ketikan perintah
Spoiler for :
untuk melakukan installasi laravel. Untuk tulisan blog itu adalah nama folder anda menginstall laravel anda, silakan ganti sesuai kebutuhan.

Tunggu sebentar hingga proses selesai, karena ini mendownload filenya jadi memakan waktu cukup lama (tergantung koneksi internet agan) ditinggal saja sambil facebookan, baca-baca artikel. Kalau sudah selesai,
anda bisa mengakses laravel anda dengan alamat localhost/namafolder/public ingat ada tambahan publicnya.

Selesai anda bisa berkreasi dengan laravel anda, silakan gunakan text editor andalan anda, untuk yang belum punya bisa baca artikel Text Editor Terbaik dan juga aplikasi-aplikasi yang bisa membantu anda dalam belajar laravel Aplikasi Wajib Programmer Web.

Mohon maaf bila ada salah, dan mohon dikoreksi agar tidak menyesatkan, Semoga bermanfaat.
alternative bisa pakai Laragon https://laragon.org/ emoticon-Blue Guy Peace