alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bd7cf6902cfecd0f8b4567/bismillah-ane-sangat-butuh-bantuan-nasihat-dan--solusi-dari-agan2
BISMILLAH: ANE SANGAT BUTUH BANTUAN NASIHAT, DOA DAN SOLUSI DARI AGAN2
Assalamu alaikum wr wb

Bismillahirrohmanirrohiim...

Semoga tulisan lebih tepatnya sharing ini dapat memberikan solutional feedback dari agan2 atau setidaknya mengurangi emosi negatif ane.
Izinkan ane share ya gan..

Berawal dari istri ane 1,5 tahun lalu yang ingin sekali membeli rumah (rencana KPR), istri ane mencari di internet lalu didapatkanlah sebuah rumah cantik yang sangat menarik hati istri ane yang hendak dijual di bilangan Depok dan bisa KPR. Kami rencanakan untuk survey dan bertemu dengan pemiliknya. ternyata si pemilik sedang dililit hutang banyak dan rumah tersebut pun ternyata masih dalam KPR dengan status belum melakukan pembayaran angsuran selama 4 bulan (akan disegel). Pemilik mengharapkan kami dapat membantunya agar rumah tidak disegel dan menawarkan pembelian secara kekeluargaan dikarenakan kalau melalui proses KPR akan ribet dan memakan waktu lama sehingga rumah tersebut kemungkinan akan dilelang oleh Bank. Rumah dijual dengan harga yang terbilang lebih rendah sedkit dari harga pasar, Rp 390 juta untuk ukuran LT 108m2 LB 55m2. pemilik ingin overkredit dengan sisa hutang bank 230 jt sehingga kami harus membayar selisihnya saja dan meneruskan kreditnya. Dahulu ane punya uang hanya 30 jt dan bingung juga kalau mau KPR dengan DP 30%, ane sebenernya punya prinsip tidak ingin memiliki harta banyak karena tidak akan dibawa saat meninggal nanti, terkecuali perbanyak amal kebaikan, ane ingin sekali membantu pemilik tersebut dan sekaligus membahagiakan istri ane yang kala itu sedang hamil anak pertama kami yang kala itu tinggal dengan menyewa tempat tinggal. Ane lalu mulai membuat kartu kredit sebanyak2nya dan mengambil tunai dan didapt uang 150jt. ane bayarkan ke pemilik segera agar dia bisa bayar angsuran dan melunasi hutang2nya kepada pihak lainnya, kami pun hanya membuat perjanjian "kekeluargaan" (non legal) yang hanya disaksikan ketua RT setempat.

Ane tidak memperhitungkan seksama karena yang ada di pikiran ane hanya ingin membantu dan membahagiakan istri dengan harapan Allah akan membalas kebaikan ane... (Semoga tetap disebut kebaikan, karena kadang ane berpikir apakah ini yang dimaksud dengan apa yang kita anggap baik belum tentu baik di sisi Allah dan sebaliknya, semoga Allah menilainya kebaikan ya agan2..). Ane tidak melakukan proses pencicilan hutang 150jt, sehingga bunga kartu kredit semakin bertambah dan tiap bulan ane harus bayar angsuran rumah. alasan ane tidak mengubah proses hutang kartu kredit menjadi cicilan karena ane kurang punya waktu karena beban kerja di kantor sedang tinggi2 nya dan lagi2 ane salah perhitungan...walhasil ane sekarang terlilit hutang, pernah coba mengajukan rumah yang ane tempati dijadikan KPR, Bank menolak dengan alasan ane punya banyak pinjaman kartu kredit...pengeluaran ane untuk bayar kartu kredit minimal 10% dan pengeluaran hidurp lebih kurang 22jt sedangkan gaji ane saat ini 16,5 jt artinya ane minus sebenernya dari dulu.. Sedih gan.. ane kadang pengen nangis, baru bulan ini ngerasain minusnya... menyesal kenapa tidak sempat ke Bank untuk mengubah proses cicilan dari awal, tidak menjadikan KPR di awal, dan bahkan kadang mempertanyakan kebaikan yang ane lakukan apakah salah??

Saat ini ane (barusaja) sedang mencoba mengajukan pinjaman ke Bank dengan harapan dapat pencairan 200jt sehingga ane bisa menutup kartu kredit ane. Ane punya gaji THP 16,5jt, ane sudah hitung kalau saja dapat pencairan 200 jt dengan angsuran selama 5 tahun angsuran ane adalah 6,2 - 7,5 jt ( tergantung bunga bank, anggap saja 7jt) pengeluaran hidup keluarga ane kira2 total 8 jt (bayar angsuran rumah 3,5jt, biaya hidup, infak ke orangtua, mustahik, dsb), berarti ane bisa hidup dengan ada sedikit tabungan bahkan bisa ane tambahkan sedekah jariyah/infak ane. ane minta doa dari agan2 semoga dilancarkan usaha yang ane lakukan atau diberikan yang terbaik oleh Allah Ar-Rozzaaq sehingga ane dan agan2 yang sedang membaca tulisan ini dilindungi Allah dari lilitan hutang, kegelisahan dan kesedihan..dan berharap selalu dilancarkan rezeki olehNya bahkan mendapatkan rezeki besar yang tidak disangka2....aamiin..aamiin..Yaa Mujibassaaiiliin..(Ane selalu menghibur diri dengan melantunkan ayat alzalzalah, Ar-Rohman, Al Insyiroh mengenai balasan akan amal baik (sesuangguhnya kebaikan walau sebulir zarah akan dibalasNya; Tidak ada balasan untuk kebaikan selain kebaikan; sesungguhnya setelah kesulitan ada kemudahan), tak lupa juga ane perbanyak istighfar kali saja memang Allah membenci apa yang ane anggap baik dan ane banyak salah).. emoticon-Frown emoticon-Frown

Ane sangat membutuhkan masukan yang solutional dari agan2, masukan yang bisa menyenangkan hati ane, entah itu doa, saran, kiritk, nasihat dan syukur2 ada solusi dari agan yang mungkin punya info lembaga keuangan yang dapat membantu ane mendapat pinjaman dengan cara ane mencicil tidak lebih dari 8jt sebulannya selama 5 tahun.. sekedar informasi, ane takut sekali dengan hutang, ane selalu berusaha membayar hutang2 hingga saat ini bisa dibilang kredibilitas kredit ane lancar...Ane tunggu ya gan,,, semoga Allah memberikan keberkahan pada hidup kita... Jazakumullah khoir

Wassalamu alaikum wr wb,

HB
081317752054
Quote:Original Posted By Bismi999
Assalamu alaikum wr wb

Bismillahirrohmanirrohiim...

Semoga tulisan lebih tepatnya sharing ini dapat memberikan solutional feedback dari agan2 atau setidaknya mengurangi emosi negatif ane.
Izinkan ane share ya gan..

Berawal dari istri ane 1,5 tahun lalu yang ingin sekali membeli rumah (rencana KPR), istri ane mencari di internet lalu didapatkanlah sebuah rumah cantik yang sangat menarik hati istri ane yang hendak dijual di bilangan Depok dan bisa KPR. Kami rencanakan untuk survey dan bertemu dengan pemiliknya. ternyata si pemilik sedang dililit hutang banyak dan rumah tersebut pun ternyata masih dalam KPR dengan status belum melakukan pembayaran angsuran selama 4 bulan (akan disegel). Pemilik mengharapkan kami dapat membantunya agar rumah tidak disegel dan menawarkan pembelian secara kekeluargaan dikarenakan kalau melalui proses KPR akan ribet dan memakan waktu lama sehingga rumah tersebut kemungkinan akan dilelang oleh Bank. Rumah dijual dengan harga yang terbilang lebih rendah sedkit dari harga pasar, Rp 390 juta untuk ukuran LT 108m2 LB 55m2. pemilik ingin overkredit dengan sisa hutang bank 230 jt sehingga kami harus membayar selisihnya saja dan meneruskan kreditnya. Dahulu ane punya uang hanya 30 jt dan bingung juga kalau mau KPR dengan DP 30%, ane sebenernya punya prinsip tidak ingin memiliki harta banyak karena tidak akan dibawa saat meninggal nanti, terkecuali perbanyak amal kebaikan, ane ingin sekali membantu pemilik tersebut dan sekaligus membahagiakan istri ane yang kala itu sedang hamil anak pertama kami yang kala itu tinggal dengan menyewa tempat tinggal. Ane lalu mulai membuat kartu kredit sebanyak2nya dan mengambil tunai dan didapt uang 150jt. ane bayarkan ke pemilik segera agar dia bisa bayar angsuran dan melunasi hutang2nya kepada pihak lainnya, kami pun hanya membuat perjanjian "kekeluargaan" (non legal) yang hanya disaksikan ketua RT setempat.

Ane tidak memperhitungkan seksama karena yang ada di pikiran ane hanya ingin membantu dan membahagiakan istri dengan harapan Allah akan membalas kebaikan ane... (Semoga tetap disebut kebaikan, karena kadang ane berpikir apakah ini yang dimaksud dengan apa yang kita anggap baik belum tentu baik di sisi Allah dan sebaliknya, semoga Allah menilainya kebaikan ya agan2..). Ane tidak melakukan proses pencicilan hutang 150jt, sehingga bunga kartu kredit semakin bertambah dan tiap bulan ane harus bayar angsuran rumah. alasan ane tidak mengubah proses hutang kartu kredit menjadi cicilan karena ane kurang punya waktu karena beban kerja di kantor sedang tinggi2 nya dan lagi2 ane salah perhitungan...walhasil ane sekarang terlilit hutang, pernah coba mengajukan rumah yang ane tempati dijadikan KPR, Bank menolak dengan alasan ane punya banyak pinjaman kartu kredit...pengeluaran ane untuk bayar kartu kredit minimal 10% dan pengeluaran hidurp lebih kurang 22jt sedangkan gaji ane saat ini 16,5 jt artinya ane minus sebenernya dari dulu.. Sedih gan.. ane kadang pengen nangis, baru bulan ini ngerasain minusnya... menyesal kenapa tidak sempat ke Bank untuk mengubah proses cicilan dari awal, tidak menjadikan KPR di awal, dan bahkan kadang mempertanyakan kebaikan yang ane lakukan apakah salah??

Saat ini ane (barusaja) sedang mencoba mengajukan pinjaman ke Bank dengan harapan dapat pencairan 200jt sehingga ane bisa menutup kartu kredit ane. Ane punya gaji THP 16,5jt, ane sudah hitung kalau saja dapat pencairan 200 jt dengan angsuran selama 5 tahun angsuran ane adalah 6,2 - 7,5 jt ( tergantung bunga bank, anggap saja 7jt) pengeluaran hidup keluarga ane kira2 total 8 jt (bayar angsuran rumah 3,5jt, biaya hidup, infak ke orangtua, mustahik, dsb), berarti ane bisa hidup dengan ada sedikit tabungan bahkan bisa ane tambahkan sedekah jariyah/infak ane. ane minta doa dari agan2 semoga dilancarkan usaha yang ane lakukan atau diberikan yang terbaik oleh Allah Ar-Rozzaaq sehingga ane dan agan2 yang sedang membaca tulisan ini dilindungi Allah dari lilitan hutang, kegelisahan dan kesedihan..dan berharap selalu dilancarkan rezeki olehNya bahkan mendapatkan rezeki besar yang tidak disangka2....aamiin..aamiin..Yaa Mujibassaaiiliin..(Ane selalu menghibur diri dengan melantunkan ayat alzalzalah, Ar-Rohman, Al Insyiroh mengenai balasan akan amal baik (sesuangguhnya kebaikan walau sebulir zarah akan dibalasNya; Tidak ada balasan untuk kebaikan selain kebaikan; sesungguhnya setelah kesulitan ada kemudahan), tak lupa juga ane perbanyak istighfar kali saja memang Allah membenci apa yang ane anggap baik dan ane banyak salah).. emoticon-Frown emoticon-Frown

Ane sangat membutuhkan masukan yang solutional dari agan2, masukan yang bisa menyenangkan hati ane, entah itu doa, saran, kiritk, nasihat dan syukur2 ada solusi dari agan yang mungkin punya info lembaga keuangan yang dapat membantu ane mendapat pinjaman dengan cara ane mencicil tidak lebih dari 8jt sebulannya selama 5 tahun.. sekedar informasi, ane takut sekali dengan hutang, ane selalu berusaha membayar hutang2 hingga saat ini bisa dibilang kredibilitas kredit ane lancar...Ane tunggu ya gan,,, semoga Allah memberikan keberkahan pada hidup kita... Jazakumullah khoir

Wassalamu alaikum wr wb,

HB
081317752054


Kalo ane liat seperti nya ente sangat agamis gan,
mungkin ini cobaan dari Allah gan, sadar gk apa yang ente lakuin buat bantu orang lain itu...
ente ambil hutang kartu kredit.. ente kan tau itu riba.. pastinya ente paham deh maksud ane,
tapi gk.ada.manusia yg luput dari dosa, hal pertama ya kita tobat gan, ane pernah liat tuh video nya terbebas dari riba..Coba deh ente cari di YT..
ini semua karena Allah sayang sama agan,
doa ane semoga cepat selesai ya gan urusannya.

mengenai hutang kartu kredit agan bisa datangin tuh kantor CC nya untuk minta rescedjule, jadi cicilannya bisa di perkecil gan.. semoga diberikan yang terbaik buat agan
Setuju sama agan di atas..dari bahasa nya spt nya religius tp kok pake cc ya.. Hubungi bank penerbit cc nya biar bisa di nego hutang dan bunga nya (reschedule).Selesaikan cc yang bunga nya tertinggi. Pake jasa pengacara atau konsultasi keuangan kalo perlu. Sholat taubat dan sholat hajat gan. Itu saran ane. Semoga dimudahkan
Ane gak akan bahas masalah yang terkait dengan agama... tapi kalo dilihat dari case nya, ane sependapat sama agan-agan diatas ane... kunjungi bank penerbit CC agan, kemudian minta di reschedule pembayarannya.. selama agan terbuka sama bank, seharusnya tidak akan jadi masalah...

Untuk opsi pinjaman ke bank, ane rasa akan sulit mengingat agan punya tunggakan utang ke banyak bank seperti itu...


Sebaiknya sebelum memutuskan sesuatu yang terkait dengan uang, lebih baik dihitung dulu berkali-kali... apalagi menyangkut uang besar untuk beli rumah seperti itu..
Anu gan, coba pinjem uang di kantor ente, klp dr gaji agan sih seharusnya dpt pinjaman besar, lunasin semua hutang, tinggal cicil ke kantor, ya pensiun jgn berharap dpt besar klo emg pinjaman belum lunas

Tks agan2

Terima kasih agan2 semua atas saran/nasihat dan doa nya... Jazakumullah khoir (Semoga Allah membalas kebaikan agan2...)
Dari awalnya sudah salah, beli rumah dengan pinjaman dari kartu kredit, harusnya mencoba sabar dan menunggu sampai uang terkumpul, jangan pernah memaksakan sesuatu yang tidak mampu dipenuhi

Langkah ente mungkin sudah tepat, lunasi pinjaman kartu kredit dengan pinjaman lain dengan bunga yang lebih rendah (misalnya pinjaman usaha ke bank, pinjaman ke kantor atau pinjaman ke saudara), lalu lunasi pinjaman tersebut