alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bd64d956e6afbf6e8b4571/di-ktt-iora-wakil-menlu-iran-ajak-perkuat-kerja-sama-perdagangan
Di KTT IORA, Wakil Menlu Iran Ajak Perkuat Kerja Sama Perdagangan
Di KTT IORA, Wakil Menlu Iran Ajak Perkuat Kerja Sama Perdagangan


Laporan wartawan Tribunnews.com, Ruth Vania

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hadir di Konferensi Tingkat Tinggi Negara-negara Lingkar Samudera Hindia atau Indian Ocean Rim Association (KTT IORA), Iran ingin memperkuat kerja sama perdagangan dengan negara-negara di kawasan Samudera Hindia.

Wakil Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araghci hadir sebagai perwakilan negaranya dalam pertemuan tingkat menteri di KTT IORA, Senin (6/3/2017).

Di KTT yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta itu Abbas Araghci menekankan agar kerja sama negara-negara anggota IORA diperkuat, terutama dengan Iran.

Ada sejumlah bidang kerja sama yang menurut Abbas Araghci seharusnya menjadi prioritas utama IORA, yakni perdagangan, investasi, serta finansial dan perbankan.

Abbas Araghci bahkan sempat menyorot potensi kota pelabuhan Chabahar, Iran, yang menurutnya patut menjadi perhatian negara-negara anggota IORA.

Menurutnya, Chabahar merupakan sebuah kota pelabuhan yang menjadi titik hubung strategis untuk negara-negara timur, barat, utara, dan selatan.

"Mencapai kesepakatan dalam membuat sebuah mekanisme kerja sama merupakan tujuan dari pertemuan penting ini," kata Abbas Araghci.

Pemerintah Indonesia menjadi tuan rumah kegiatan KTT IORA tahun ini.

KTT IORA kali ini mengangkat sejumlah bidang kerja sama, di antaranya keamanan dan keselamatan maritim, dan fasilitasi perdagangan investasi.

Selain itu, akan dibahas pula perkara manajemen risiko bencana, manajemen perikanan, akademi dan IPTEK, pariwisata dan pertukaran budaya, pemberdayaan perempuan, dan blue economy. (Mehr News)

Sumber : http://www.tribunnews.com/bisnis/201...ma-perdagangan

---

Baca Juga :

- Stand Kopi Indonesia Paling Diminati Anggota Delegasi di KTT IORA

- India Fokuskan Kerja Sama Bidang Perdagangan Maritim di KTT IORA 2017

- Perdana Menteri Malaysia Tiba Di Jakarta Untuk Hadiri KTT IORA

iran itu HEBATemoticon-Sundul Up