alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bd6344ded7708f598b4568/begini-masyarakat-bali-memuji-toleransi-raja-salman
Begini Masyarakat Bali Memuji Toleransi Raja Salman
Quote: Denpasar - Masyarakat di kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung, mengaku senang dengan kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis al-Saud di Pulau Bali. Mereka menganggap kunjungan Raja Salman yang bersifat pribadi itu memiliki makna toleransi yang bisa menjadi renungan untuk masyarakat Indonesia.

Aro Wibisono, misalnya. Pelajar sekolah menengah atas di Bali ini mengaku gembira dengan kunjungan Raja Salman beserta sekitar 1.500 anggota rombongannya. Menurut dia, kedatangan Raja Salman cukup mengagetkan karena belum pernah sebelumnya ada salah satu tokoh besar dari negara Islam yang berkunjung ke Bali.

Salah seorang anggota jemaah Masjid Ibnu Batutah di Nusa Dua, Agus Susanto, menilai, kunjungan Raja Salman menunjukkan sikap toleransi tokoh besar Islam. Seorang penjaga dua kota suci umat Islam yang mau menyambangi lokasi yang mayoritas penduduknya beragama Hindu.

"Ini bukti bahwa Islam tidak anti dengan pemeluk agama lain. Ini tentunya juga menepis anggapan sejumlah pihak bahwa Islam merupakan agama yang keras terhadap pemeluk agama lain," ujar Agus seperti dikutip dari Antara. Agus menambahkan, sikap masyarakat Bali yang menerima kedatangan rombongan Raja Salman juga mencerminkan toleransi warga Hindu.

Pandangan serupa dikemukakan salah seorang anggota jemaat Gereja Katholik Maria Bunda Segala Bangsa di kawasan yang sama, Lilis Dewanto. Anggota jemaat gereja yang sudah 20 tahun menetap di Bali itu menganggap kedatangan Raja Salman diharapkan bisa membawa kedamaian dan dampak positif bagi warga lokal.

Baca pula: Tokoh Hindu Berharap Raja Salman Kunjungi Pura Besakih

Dengan sikap toleransi yang dicerminkan Raja Salman, Lilis berharap tokoh besar tersebut mau berkunjung ke kawasan peribadatan di Puja Mandala. Sikap toleransi dan menerima yang ditunjukkan warga Bali memang patut dijadikan contoh.

Raja Salman tiba di Bali pada Sabtu, 4 Maret 2017 di Base Ops TNI AU I Gusti Ngurah Rai. Enam tokoh agama turut menyambut Raja Salman ketika turun dari pesawat. Salah seorang di antaranya merupakan romo dari Gereja Katholik Maria Bunda Segala Bangsa, yang menyambut dan memberikan salam kepada Raja Salman menggunakan bahasa Arab.

Romo Evensius Dewantoro, romo yang menyambut Raja Salman di Base Ops, mengatakan kedatangan itu menunjukkan sikap raja yang mau menerima, berhubungan, dan merangkul golongan yang berbeda. Romo menggambarkan bahwa kunjungan Raja Salman telah membawa wajah Islam sebagai agama yang teduh.


sumber : tempo



jauh dari phobia yang diderita oleh sebagian orang selama ini, ternyata.
toleransi itu indah kok
dimana akan membawa perdamaian
biarlah diri ini dengan agama yg kupercaya, dan biarkan orang lain dengan agama kepercayaannya
hidup bersama, saling berbagi, canda tawa, kehangatan
bukankah itu indah?


*lagi rada mellow jadi bisa komen agak waras emoticon-Ngacir
Bukannya kata Munaroh pecalang bali suka lempar-lemparin orang lain yang lagi ibadah?
Gengnya nasbung gak jauh dari fitnah.
emoticon-Najis
mabes petamburan ditunggu konpersnyaemoticon-Ngakak
klo penuh toleransi siapapun bakal seneng liatnya
Raja salman terlihat sangat toleran dan moderatemoticon-Matabelo
ga bisa di pungkiri masih banyak orang indonesia yang rasis,nih contonya di bp..hehehe
yups, justru di Indonesia banyak arab wannabe yang berkelakuan melebihi orang arab asli emoticon-Big Grin
Daerah tanpa ormas intoleran biasanya adem dan damai.. Contohnya Bali.. emoticon-2 Jempol
Semoga sikap toleransi Raja Salman bisa jadi contoh bagi yang lain emoticon-thumbsup
gak kayak nastaik yang penuh kebencian dan intoleran
Bibib katanya mau nemuin King Salman di Bali. Jadi ga?
Yang cosplay arab malah berlebihan
Quote:Original Posted By coldblacksnow
Bukannya kata Munaroh pecalang bali suka lempar-lemparin orang lain yang lagi ibadah?
Gengnya nasbung gak jauh dari fitnah.
emoticon-Najis


munaroh emang bajingan itu bre cocoknya dijadiin ogoh2 dia
Quote:Original Posted By lutis
Bibib katanya mau nemuin King Salman di Bali. Jadi ga?


bibib keliatan batang idungnya di Bali bisa langsung disambut ormas bali bree
Beda ama orang arab cosplay yak, yang mau mampir ke bali aja diboikot emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By aguzyukimura
bibib keliatan batang idungnya di Bali bisa langsung disambut ormas bali bree


Disambut "meriah". emoticon-Ultah
king salaman=islam 2017
rijik=islam pisangtropus ereksius pirsategangsis
cuma sesaat, bentar lagi juga muncul lagi perkataan "agama timur tengah", "kaum onta" dll

Kebaikan seseorang ga akan berarti jika dirimu sudah benci!
Nb: berlaku untuk kaum Tak dan Bung
emoticon-Kaskus Banget
berpikiran terbuka itu bagus. kalo berpakaian terbuka... gak ada komentar ah emoticon-Big Grin