alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bd5266d89b0934508b456d/pasoa-dan-sang-pemberani---the-making-of-pasoa-the-creature-it-self
Pasoa dan Sang Pemberani - The making of Pasoa the Creature it self
Pasoa dan Sang Pemberani - The making of Pasoa the Creature it self
Halo gan n sist ... balik lagi sama ane niih, tapi kali ini ane akan lebih ngobrolin sisi teknik dari pembuatan Pasoa dari yang sulit sampe berkesan untuk ane. Gak lupa juga ane akan ceritain gimana cara mengoperasikan character yang ada di pasoa. Dari sisi pembuatan Pre Production, Production, hingga Post Production nya juga.

Pasoa character memang berbeda dengan character lain yang ada dalam film Pasoa itu sendiri. Character mahluk mistis yang berupa gabungan beberapa binatang asli indonesia ini yang membuat character Pasoa menjadi kuat dalam film nya. Dia bertubuh paling besar, berkaki besar namun tetap bisa berdiri tegak untuk menjaga kekayaan alam Indonesia, terlihat gagah dan kuat.

Pasoa dan Sang Pemberani - The making of Pasoa the Creature it self
Begitu design selesai, materi dari storyboard dan script di jadikan Animatic yang nantinya akan di jadikan guidance untuk animator-animator yang akan mengerjakan setiap scene scene yang ada di film nya. Yang bikin ane terkesan, dengan menggunakan animatic durasi setiap scene nya bisa menjadi lebih pasti. Bahkan beberapa juga sudah menggunakan voice over yang sudah pasti akan sangat membantu ketika lipsync.


Pasoa dan Sang Pemberani - The making of Pasoa the Creature it self
Untuk skeleton rig dan setup nya agak berbeda nih gan proses pembuatannya, karena character Pasoa harus bisa beridiri seperti binatang dan berdiri tegap seperti manusia bisa begitu juga dengan setup ketika berjalan atau berlari harus juga bisa pada kondisi kaki empat seperti binatang atau berdiri kaki dua seperti manusia.


Pasoa dan Sang Pemberani - The making of Pasoa the Creature it self
Perbedaan lain yang jelas terlihat pada Pasoa itu berbuntut gan n sist, pasti harus ada tambahan skeleton rig dan setup nya lebih dari character rig dan setup untuk Amet Mude. Untuk menganimate gerakan ekor nya mereka juga tidak menggunakan dynamic supaya gerakan randomnya otomatis, tetapi tetap di setup supaya animate nya manual, sehingga beberapa joint skeletonnya dari belakang ekor ke depan cukup di parent saja. Menurut ane ini bagian tersulit namun sangat menantang lho.

Hal lain yang menurut ane sulit proses pembuatannya seperti facial expression di Pasoa yang mana menggunakan controller untuk memudahkan animator pada waktu meng-animate dalam setiap scene nya. Karena banyaknya varian tools yang dipakai untuk meng connect antara Maya attribute facial expression dengan controller nya, mulai dari connection editor, set driven key, ataupun phyton scripting. Tetapi in the end semua akan di buat prosedural dengan menggunakan phyton script, sehingga setiap character yang ada di film yang jumlah nya cukup banyak itu bisa selesai hanya dalam waktu 4 hari saja, begitu cerita pak Daniel (technical advisor RUS Animation Studio) dan pak Agam (lead RUS Animation Studio) ketika menjelaskan bagaimana semua character bisa begitu cepat setupnya.

Spoiler for VIDEO:


Pasoa dan Sang Pemberani - The making of Pasoa the Creature it self
Hal menarik dari sisi teknik lainnya adalah proses rendering, dimana tetap menggunakan multi element dan multi passes ngga lain untuk mempermudah ketika compositing pada waktu color correction nya gan n sist, seperti rendering Amet Mude Beauty pass dan Ambient Occlusion pasti wajib.

Pasoa dan Sang Pemberani - The making of Pasoa the Creature it self
Setelah final baru masuk ke step color grading di Davinci di sini warna kualitas nya di perkuat lagi, bisa secara bersamaan ataupun terpisah. Seru banget lho gan n sist ane bisa ikutan ngeliat sampe proses ini. Nah disini nih gunanya juga render element dan render passes, semua bisa menjadi flexible dan lebih cepat proses nya karena semua image tidak dalam keadaan ter flatten, tapi masih terpisah pisah, sehingga tidak akan khawatir harus meng-color correction bagian tertentu dari mage nya gan n sist.

Setelah semua final baru di render menjadi film untuk dimasukan audio dan music scoring nya, setelah itu baru film bisa di release gan n sist.

MAJU TERUS ANIMASI INDONESIA
emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Terima kasih gan atas sharing informasinya, mulai ttg RUS animation hingga proses pembuatan Pasoa ini emoticon-Smilie ... rasanya kalau semua sekolah Kejuruan di Indonesia mau fokus pada masing-masing bidang dan mengerahkan semua kemampuan mereka untuk membesarkannya, saya yakin, Indonesia akan amat sangat cepat maju.

Sampai sekarang, kalau saya denger kata autodesk, Maya, 3dsmax, mental ray, phyton, selalu merinding, inget" jaman dulu yang lumayan susah untuk mempelajarinya, krn ilmu dan info belum sebebas dan secepat skrg.
Sekali lagi terima kasih ya gan

Indonesia, keren emoticon-Smilie
Pasoa dan Sang Pemberani - The making of Pasoa the Creature it self

Kuma! Kumaa!! Kumaaa!!! Kumaaaa!!!! Kumaaaaa!!!!! emoticon-Mad (S)

emoticon-Peace
Bener bener canggih ya.

emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Canggih banget gan .. i like it emoticon-Toast
Maju terus animasi Indonesia!!! emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om!
wewww liat prosesnya bikin takjub ya. ane selalu sua liat behind the scene gini, pengen belajar
Quote:Original Posted By meyanie21
wewww liat prosesnya bikin takjub ya. ane selalu sua liat behind the scene gini, pengen belajar


sama pengen belajar jugaaaaaaa
emoticon-Angel emoticon-Angel emoticon-Angel emoticon-Angel emoticon-Angel
wahh jadi pgn ngeliat lgsg cara pembuatannya gan..
keren bgttt
Resolusi character nya brp ya?
Mksudnya brp polygonsnya
Ternyata buat animasi gak segampang yang ane pikirin gan

emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2
maju terus animasi indonesia... PASOAemoticon-Jempol
wow animasi versi indonesia.. emoticon-Sundul emoticon-Selamat
kalo ane kepengen belajar prosesnya gan
super canggih ya gan emoticon-Matabelo
sukses selalu animasi indonesia

emoticon-Selamat emoticon-Selamat emoticon-Selamat emoticon-Selamat emoticon-Selamat emoticon-Selamat
Hmm udah liat filmnya,untuk kelas pemula udah lumayan lah emoticon-Cool
Beruntung ane bisa liat secara live openingnya emoticon-shakehand
Oleh karena itu, kita semua sebagai Warga Negara Indonesia, wajib bangga, dan tidak serta merta meremehkan karya anak bangsa. MAJU TERUS ANIMASI INDONESIA emoticon-Cool
Animasi baru besutan anak negeri.
jujur gwa bangga liat proses pembuatannya yang melibatkan anak anak sekolah menengah..
keren bre.
kedepan mungkin ide cerita dan skenario nya agak ditingkatkan.
jangan terlalu simpel.
kadang animasi sudah cukup baik,menjadi garing dan boring karena jalan cerita yang terlalu mudah ditebak dan selanjutnya bisa dengan mudah ditebak kegagalannya di pasaran karena tidak diminati.
Padahal modal untuk film animasi lumayan besar juga.
sayang rasanya kalo gagal karena skenario yang kurang berbobot.
emoticon-Jempol