alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bd4cf6620881fc558b456c/muchlis-hanafi-ahli-tafsir-yang-jadi-penerjemah-presiden
Muchlis Hanafi, Ahli Tafsir yang Jadi Penerjemah Presiden
Quote:Muchlis Hanafi, Ahli Tafsir yang Jadi Penerjemah Presiden

Jakarta - Sambil menunggu kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud mendarat di Halim Perdanakusuma, Rabu (1/3/2017), Presiden Joko Widodo berbincang ringan dengan seorang menteri dari Arab Saudi. Karena tak melihat ada penerjemah yang mendampingi, Muchlis Hanafi, yang kebetulan berada di ruang VIP, mendekati Presiden. Dia membantu menerjemahkan percakapan antara Presiden dan si menteri.

"Sebetulnya cuma percakapan ringan saja sih, seperti soal cuaca Jakarta siang itu," kata Muchlis saat berbincang dengan detikcom, Senin (6/3).

Muchlis Hanafi, Ahli Tafsir Yang Jadi Penerjemah Presiden Foto: Dokumentasi pribadi Muchlis Hanafi


Dari situ, kata Muchlis, dia sebetulnya langsung undur diri karena tugas utamanya adalah menjadi penerjemah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Tapi Presiden Jokowi justru meminta Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran Kementerian Agama itu ikut mendampingi sampai di Istana Bogor.

Hanya, Presiden mengizinkannya tetap menunaikan kewajiban utama menjadi penerjemah Menteri Agama. Presiden Jokowi menugasi Lukman Hakim mendampingi Raja Salman selama perjalanan dari Halim hingga Istana Bogor. "Saya jadi ketiban berkah Pak Menteri, bisa ikut naik limusin Maybach," canda Muchlis.

Tapi naik mobil mewah jenis limusin itu bukan yang pertama kali dialaminya. Pada pertengahan Februari 2016, ia pernah mendampingi Lukman Hakim menyambut Grand Syekh Al-Azhar Prof Dr Syekh Ahmad Muhammad Ahmad Ath-Thayyeb. Karena jabatan Syekh Al-Azhar hampir setara dengan perdana menteri dan menjadi tamu Wakil Presiden Jusuf Kalla, kendaraan penjemput menggunakan mobil kepresidenan, Mercedes jenis limusin.

Suami Rifqiyatul Mas'ud itu mengaku telah menjadi penerjemah bahasa Arab sejak 2002. Kala itu rombongan para hakim agama mengikuti pelatihan di Kairo. Dia selama dua pekan ditugasi sebagai penerjemahnya. Muchlis berada di Kairo untuk mengikuti studi doktoral bidang tafsir Alquran di Universitas Al-Azhar, Mesir. Ia menyelesaikannya dengan yudisium summa cum laude.

"Saya di Mesir sekitar 13 tahun, dari 1992-2006," ujar Muchlis. Pengalaman selama di Kairo itulah yang kemudian membawa lelaki kelahiran 18 Agustus 1971 tersebut ke berbagai forum internasional sebagai penerjemah bahasa Arab. Dia juga pernah dipercaya menjadi penerjemah setiap kali Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima tamu dari Timur Tengah.

"Dengan Presiden Jokowi juga sudah beberapa kali. Jadi Pak Jokowi juga memang sudah kenal saya," ujar Manajer Program di Pusat Studi Alquran dan Konsultan Kerja Sama Luar Negeri (Timur Tengah) itu.

Tentang kiprahnya sebagai penerjemah, Muchlis menyebut nama Abdul Wadud dan Widodo Sutiyo sebagai senior yang turut memotivasinya. Kedua nama itu menjadi penerjemah sejak era Presiden Soeharto. "Pak Wadud untuk bahasa Arab, almarhum Pak Widodo bahasa Inggris. Saya menaruh hormat kepada beliau-beliau itu," ujarnya.
(jat/erd)


Smur : https://news.detik.com/berita/343964...281.1451007672


sudah seyogianya, petugas jamaah haji itu MAMPU dan BISA BERKOMUNIKASI dalam BAHASA ARAB!!!!
KONYOLNYA, waktu gw haji kemaren, petugas haji cilacap TIDAK ADA YANG BISA BERBAHASA ARAB!!! emoticon-fuck3
saat di muzdalifah, jamaah seakan2 ditelantarkan gara2 tidak ada yg bisa berkomunikasi, menanyakan kemana pintu keluar setelah mengambil krikil utk jumrah,
dari jam 1/2 12 tiba di muzdalifah, sampai di mina suah azan subuh, nunggu lebih dari 5 jam,
hanya gara2 petugas haji nya ga bisa bahasa arab , padahal banyak mbah2 di atas 70an yg ada di kloter gw emoticon-Cape d... (S)
orang arab kalo ditanya dalam bahasa inggris, jawabnya cuman, "no inglis no inglis " emoticon-Hammer


*gosip yg beredar kemaren, si petugas kloter itu bisa menjadi "petugas" karena dekat ama si tatto bupati clp emoticon-Embarrassment
wallahualam emoticon-Embarrassment


**petugas haji yg gw maksud bukan yg berasal dari tenaga kesehatan ya, tp yg diutus oleh kemenag emoticon-Embarrassment
Eeh udah jd haji ooms gayus..

Jd haji gayus..

emoticon-Peace

.
.
Quote:Original Posted By serdaduklasik84
Eeh udah jd haji ooms gayus..

Jd haji gayus..

emoticon-Peace

.
.


Spoiler for :
Om, Cilacap bukannya banyak pesantrennya?

Maksud ane, harusnya adalah alumni pesantren yang jago bahasa Arab, yang diutus jadi pendamping jamaah haji.
Quote:Original Posted By lutis
Om, Cilacap bukannya banyak pesantrennya?

Maksud ane, harusnya adalah alumni pesantren yang jago bahasa Arab, yang diutus jadi pendamping jamaah haji.


mbuh ga tau emoticon-Hammer
makanya gw juga bingung, kok bisa2nya mahluk yg ga bisa bahasa arab malah diberi tanggung jawab besar sebagai petugas haji / kloter emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By GayusTambunan.
mbuh ga tau emoticon-Hammer
makanya gw juga bingung, kok bisa2nya mahluk yg ga bisa bahasa arab malah diberi tanggung jawab besar sebagai petugas haji / kloter emoticon-Cape d...


Sabar ya, Om..
Berdoa saja itu guide mau belajar bahasa Arab supaya bisa menjalankan amanat dengan lebih baik.

Ngomong-ngomong, ke tanah suci bareng istri pertama atau kedua, Om? emoticon-Malu
wak kaji gayus mulih ora nggawa kurma....

no inglis.... ngapak yes
Quote:Original Posted By lutis


Sabar ya, Om..
Berdoa saja itu guide mau belajar bahasa Arab supaya bisa menjalankan amanat dengan lebih baik.

Ngomong-ngomong, ke tanah suci bareng istri pertama atau kedua, Om? emoticon-Malu


ya udah telat emoticon-Big Grin
lha wong bagaimanapun si petugas kloter udah "sukses" berhaji gretong emoticon-Big Grin



nganu, ama yg no 2 emoticon-Malu
yg 1 ga mau
emoticon-Hammer


Quote:Original Posted By njegrig
wak kaji gayus mulih ora nggawa kurma....

no inglis.... ngapak yes


pancen ra isa ngomong inglis kae arab2e emoticon-Big Grin
sabar ye om, soalnya belajar bahasa arob emang susah emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By GayusTambunan.
ya udah telat emoticon-Big Grin
lha wong bagaimanapun si petugas kloter udah "sukses" berhaji gretong emoticon-Big Grin



nganu, ama yg no 2 emoticon-Malu
yg 1 ga mau
emoticon-Hammer


Kalau gitu cukuplah itu guide 1 kali berangkat saja.
Untuk selanjutnya, cari yang bisa bahasa Arab.

Yang nomer 1 kenapa ga mau ya, Om?
Yang penting dana operasional cukup, ya aman lah Om. emoticon-Malu
Quote:Original Posted By lutis


Kalau gitu cukuplah itu guide 1 kali berangkat saja.
Untuk selanjutnya, cari yang bisa bahasa Arab.

Yang nomer 1 kenapa ga mau ya, Om?
Yang penting dana operasional cukup, ya aman lah Om. emoticon-Malu


kalo nda salah, memang nda boleh berkali2 kalau petugas kloter, gantian emoticon-Embarrassment
kecuali pembimbing ibadah haji emoticon-Embarrassment

gara2 ibunya ikut campur emoticon-Embarrassment
ya sudah, daripada ribut ana yg no 2 aja emoticon-Embarrassment


Quote:Original Posted By GayusTambunan.
Spoiler for :


Om Gayus udah Haji emoticon-Matabelo

tapi mulus jalan terus kan emoticon-Betty emoticon-Big Grin
Lu antri dr taon berapa yus?
Quote:Original Posted By GayusTambunan.
kalo nda salah, memang nda boleh berkali2 kalau petugas kloter, gantian emoticon-Embarrassment
kecuali pembimbing ibadah haji emoticon-Embarrassment

gara2 ibunya ikut campur emoticon-Embarrassment
ya sudah, daripada ribut ana yg no 2 aja emoticon-Embarrassment


Usulin Om ke kantor Kemenag Cilacap, biar lebih baik.
Aja mung dulure gubernure sing dingarepnaken. emoticon-Malu

Ibunya jangan-jangan mau ikut juga kalau istri pertama ikut ya? Padahal dana terbatas.. emoticon-Malu
Oh kirain si Om bisaan nyari istri muda yang masih kuat diajak ini itu di sana. emoticon-Malu
emang bhs arab rada susah apalagi membaca kitab kuning bikin puyeng aja
Quote:Original Posted By GayusTambunan.


sudah seyogianya, petugas jamaah haji itu MAMPU dan BISA BERKOMUNIKASI dalam BAHASA ARAB!!!!
KONYOLNYA, waktu gw haji kemaren, petugas haji cilacap TIDAK ADA YANG BISA BERBAHASA ARAB!!! emoticon-fuck3
saat di muzdalifah, jamaah seakan2 ditelantarkan gara2 tidak ada yg bisa berkomunikasi, menanyakan kemana pintu keluar setelah mengambil krikil utk jumrah,
dari jam 1/2 12 tiba di muzdalifah, sampai di mina suah azan subuh, nunggu lebih dari 5 jam,
hanya gara2 petugas haji nya ga bisa bahasa arab , padahal banyak mbah2 di atas 70an yg ada di kloter gw emoticon-Cape d... (S)
orang arab kalo ditanya dalam bahasa inggris, jawabnya cuman, "no inglis no inglis " emoticon-Hammer


*gosip yg beredar kemaren, si petugas kloter itu bisa menjadi "petugas" karena dekat ama si tatto bupati clp emoticon-Embarrassment
wallahualam emoticon-Embarrassment


**petugas haji yg gw maksud bukan yg berasal dari tenaga kesehatan ya, tp yg diutus oleh kemenag emoticon-Embarrassment


Ud Haji dilarang ngaskus Om..

Byk ghibah & pitonah.

Quote:Original Posted By SiPenembakJitu


Om Gayus udah Haji emoticon-Matabelo

tapi mulus jalan terus kan emoticon-Betty emoticon-Big Grin


otomatis emoticon-Big Grin
itu "hiburan" gw liat kaskuser "emosi" gara2 pic maho emoticon-Wakaka


Quote:Original Posted By samber...gledek
Lu antri dr taon berapa yus?


ndaftar 2007, harusnya 2009 berangkat, tp no 1 ga mau, 2009 gw nikah ama yg no 2,
sebagai "hadiah" ,gw daftarin haji sekalian emoticon-Embarrassment
brkt 2013 emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By lutis


Usulin Om ke kantor Kemenag Cilacap, biar lebih baik.
Aja mung dulure gubernure sing dingarepnaken. emoticon-Malu

Ibunya jangan-jangan mau ikut juga kalau istri pertama ikut ya? Padahal dana terbatas.. emoticon-Malu
Oh kirain si Om bisaan nyari istri muda yang masih kuat diajak ini itu di sana. emoticon-Malu


denger2 si tatto udah diincer bareskrim n kpk emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By 1000.tland


Ud Haji dilarang ngaskus Om..

Byk ghibah & pitonah.



kalo DIBIARKAN, jamaah haji angkatan ke depan bakalan ketemu ama petugas2 tolol seperti itu kalau rekrutment nya ga dilakukan berdasarkan kemampuan,
karena perekrutan berdasarkan "kedekatan" , siapa yg dirugikan? jamaah emoticon-Nohope
utk kasus seperti ini, GHIBAH DIPERLUKAN emoticon-Embarrassment
kebetulan sepulang ke tanah air, langsung gw laporin temen gw yg di kemenag emoticon-Embarrassment



btw, kalo dimari mah gw cman seneng2 aja emoticon-Big Grin
ngisengin jones2 bp dengan pic2 maho emoticon-Wakaka
Quote:Original Posted By GayusTambunan.


kalo DIBIARKAN, jamaah haji angkatan ke depan bakalan ketemu ama petugas2 tolol seperti itu kalau rekrutment nya ga dilakukan berdasarkan kemampuan,
karena perekrutan berdasarkan "kedekatan" , siapa yg dirugikan? jamaah emoticon-Nohope
utk kasus seperti ini, GHIBAH DIPERLUKAN emoticon-Embarrassment
kebetulan sepulang ke tanah air, langsung gw laporin temen gw yg di kemenag emoticon-Embarrassment



btw, kalo dimari mah gw cman seneng2 aja emoticon-Big Grin
ngisengin jones2 bp dengan pic2 maho emoticon-Wakaka


Waktu itu Amirul Hajj nya siapa ya Om?..

Quote:Original Posted By 1000.tland


Waktu itu Amirul Hajj nya siapa ya Om?..



SDA emoticon-Embarrassment
×