alexa-tracking

Ini Penyebab Ceramah Khalid Basalamah Ditolak di Sidoarjo

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bd467ed675d48c7e8b4569/ini-penyebab-ceramah-khalid-basalamah-ditolak-di-sidoarjo
Ini Penyebab Ceramah Khalid Basalamah Ditolak di Sidoarjo
Ini Penyebab Ceramah Khalid Basalamah Ditolak di Sidoarjo


Sabtu, 04 Maret 2017 15:47

Sidoarjo, NU Online - Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Sidoarjo, Jawa Timur H. Rizza Ali Faizin menilai ceramah Khalid Basalamah menjelek-jelekkan aliran tertentu. Hal itulah yang tidak diinginkan GP Ansor karena tindakan semacam itu menimbulkan permusuhan di masyarakat.

Menurut dia, terkait pengajiannya sendiri, GP Ansor tidak mempermasalahkan. Karena GP Ansor, termasuk warga NU juga melakukan pengajian. Namun, pengajian yang berisi mengkafirkan orang tanpa klairifikasi, sangat disesalkan.

"Yang kami sayangkan adalah penyampaian dan materinya itu cenderung mendiskreditkan aliran tertentu. Di NU dan Ansor itu selalu terbiasa klarifikasi atau tabayun. Sedangkan Khalid Basalamah itu menyatakan ini kafir, haram dan lain sebagainya. Bahkan untuk pemanggilan Sayyidina untuk Nabi Muhammad juga tidak diperbolehkan olehnya," kata Rizza.

Rizza menegaskan, setiap ceramah yang disampaikan Khalid itu selalu menimbulkan kebencian, menjelek-jelekkan pihak tertentu dan provokatif. Bahkan, Khalid sendiri juga selalu mendapatkan penolakan dari berbagai pihak di setiap daerah di Indonesia ketika ia hendak mengisi acara pengajian.

Sementara itu, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Muh Anwar Nasir, sebelumnya sudah mengingatkan panitia agar Khalid Basalamah tidak dihadirkan, karena ada penolakan. Namun, Anwar juga tidak melarag karena negara sudah menjamin semua warga untuk melaksanakan kegiatan agama. Ketika ada reaksi penolakan dan atas dasar keamanan, agar acaranya ditunda dulu.

"Ke depan, kami akan melakukan silaturahim lebih baik lagi agar tidak terjadi hal yang sama karena miskomunikasi," pungkasnya.

Sekadar diketahui, anggota Gerakan Pemuda Ansor dan Banser Sidoarjo, Jawa Timur, melakukan aksi penolakan dan meminta pemateri pengajian, Khalid Basalamah tidak melanjutkan ceramahnya. Khalid Basalamah saat itu sedang ceramah pada acara tabligh akbar yang diadakan Takmir Masjid Shalahuddin di wilayah Gedangan Sidoarjo, Sabtu (4/3).

Sekadar diketahui juga, Khalid Basalamah dalam sebuah pengajiannya yang dishare di YouTube tidak membolehkan membaca surah Yaasin yang ditentukan pada tiap malam Jumat. Menurut dia, hal semacam itu tidak diajarkan Nabi Muhammad SAW. Sebuah ibadah harus ada dalilnya. Ia juga menyebutkan dalam shalat itu tidak mesti menggunakan lafal “ushalli”. Selain itu, kata “saysyidna” tidak semestinya disematkan kepada Nabi Muhammad SAW karena tidak ada dalilnya. Padahal semua itu telah menjadi kebiasaan di kalangan Muslim Indonesia. (Moh Kholidun/Abdullah Alawi)

Sumber Berita

=======================================================

Komen TS
Sangat disayangkan sekali, ternyata masih ada aksi intoleran dan radikal untuk membubarkan acara pengajian secara paksa.

Kelompok yang membubarkan secara paksa Harus dididik lagi makna dari Bhineka Tunggal Ika agar dapat mengerti indahnya perbedaan.


Di era demokrasi, kebebasan menyampaikan pendapat harus dihormati. Semoga tidak ada lagi aksi intoleran seperti ini. Setiap WNI mempunyai hak yang sama, cek lagi KTP anda apakah ada level 1, 2, 3, 4?emoticon-Leh Uga

Pembubaran paksa dan intimidasi seperti ini sangat bertentangan dengan ideologi Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika.

Apapun alasannya, aksi pembubaran paksa ini tidak dapat dibenarkan karena negara sudah menjamin semua warga untuk melaksanakan kegiatan agama. Lagian itu pengajian kan bersifat intern jemaat pengajian, bukan untuk umum.


emoticon-Om Telolet Om!



emoticon-Rate 5 Star emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Rate 5 Star
image-url-apps
Rebutan dalil
Semoga para pelaku pembubaran dapat segera ditangkap dan diproses hukum
KASKUS Ads
image-url-apps
Tempat maksiat dibiarkan pengajian dibubarkan


Jangan Sampai Sekedar Fitnah!!! Dari 600 Ceramah di Youtube, Ustad Khalid Basalamah Minta Ditunjukkan Kalau Salah Dan Pernah Menuduh Kafir... GP Ansor Sidoarjo Harus Bertanggung Jawab


Publik terutama umat Islam tersentak ada pengajian kok malah dilarang dan dibubarkan paksa oleh sekelompok massa yang selama ini biasa jaga gereja kalau Natalan dengan dalih menjaga toleransi. Tapi kok sesama muslim malah gak toleran?

Kejadian pembubaran pengajian ini menimpa Ustadz Khalid Basalamah di Sidoarjo, Sabtu (4/3/2017) kemarin. Ini bukan kejadian pertama kali menimpa Ustadz Khalid Basalamah yang dituduh "Wahabi" dan isi ceramahnya "menebar kebencian".

Menanggapi berbagai penolakan ini, Ustadz Khalid Basalamah menyatakan ia terbuka terhadap koreksi jika ada sesuatu yang disampaikannya memang salah.

"Saya warga negara Indonesia, saya bukan PKI, yang disampain jelas... Hampir 600 judul ceramah Alhamdulillah semua diupload (di Youtube) bisa dilihat, cari satu-per satu, kalau ada yang salah berikan masukan kepada saya," kata Ustadz Khalid Basalamah, seperti dilansir RisalahTv, Sabtu (4/3/2017).

Ia siap meminta maaf jika terbukti salah. Tapi koreksi harus dilakukan secara jelas dan sesuai rujukan kitab.

"Saya perbaiki itu, saya minta maaf kalau saya salah.. Seorang mukmin (harus) jelas hidupnya, nggak ada neko-neko (macam-macam). Benar (maka katakan) benar, salah (ya) salah, selesai.. Gitu kan," katanya.

Ustadz Khalid Basalamah mengatakan, semua lokasi tempatnya mengisi kajian sudah diumumkan di medianya, terutama yang di Jakarta. Terbuka bagi yang mau mendatangi.

Ia juga menunjukkan kitab rujukan yang dibahas di kajiannya.

"Apanya itu dibilang memecahkan umat, takfiri lah, kapan pernah saya kafirkan orang (Muslim)?" tegasnya.

Ustadz Khalid Basalamah kemudian menyampaikan, seseorang yang diserang fitnah (tuduhan bohong), caci-maki dan hal buruk lainnya agar dibalas dengan senyum, karena menurut syariat orang yang difitnah akan menerima "transfer pahala".

http://www.suaranews.co/2017/03/jangan-sampai-sekedar-fitnah-dari-600.html?m=1
image-url-apps
bid'ah/bukan kan standarnya jelas, pernah dikerjain rosul atw g.

Tugas ulama njelasin ini. Perkara mau dilakonin atw g, terserah y nglakonin

toh dlm islam g da paxaan
image-url-apps
Aneh.. bukannya TS pamannya orang ansor di jatim...?
Ya gak masalah la

Quote:


Kamu petik apa yg kamu tanamkan?
Kalo yg loe ajarin intoleren.. ya kamu dapat nya intoleren juga..
Itu semua cuman masalah waktu...
It will come around..
Quote:


maklum mereka kan orang2 munafik yg menggunakan topeng agama
pengajian kok dibubarinemoticon-Cape d...

image-url-apps
NEGARA PANCASILA NKRI INI YA ....BHINEKA TUNGGAL IKA ...INGAT ITU WAHAI BANSER WAHABI.......emoticon-Ngakak
image-url-apps
Well, kalau liat ceramahnya khalid dkk emang jelas blas, hadits dha'if pun bukan rujukan selama masih ada hadits shahihnya: o .

Intinya, jangan langsung sumbu pendek dulu emoticon-Embarrassment

emoticon-Ngacir
image-url-apps
Wahbabi emang wajib diusir emoticon-Big Grin
Quote:


Betul sekali gan... semua kembali pada diri masing-masing.. karena dakwah bukanlah perintah..



Quote:


Saya anti tindakan standar ganda seperti ini..
ngatain kelompok lain intoleran, tapi mereka sendiri kelakuannya intoleran

move on

dia bisa berdakwah di tempat lain atau lewat jalur lain
Quote:


ga boleh gitu, gan

dikit2 menolak.. dikit2 bubarin yg berbeda dan tidak sependapat.. adalah ciri2 tidak menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila

image-url-apps
Quote:


Ooo gak masalah sih bagi gw... toh dari awal gw juga gak percaya omongan loe
image-url-apps
Sekadar diketahui juga, Khalid Basalamah dalam sebuah pengajiannya yang dishare di YouTube tidak membolehkan membaca surah Yaasin yang ditentukan pada tiap malam Jumat.

Tiap maljum bknya disunahkan baca al-kahfi y?


Quote:
Kalo gini baru inget Bhineka Tunggal Ika, baru inget toleransi, baru inget saling menghargai...

Kemarin kemana aja tong...

Pendeta diancam mau dibunuh, gereja dibom, kebaktian Natal dibubarkan, patung Budha diturunkan, vihara dibakar, klenteng dibakar, gereja dibakar... kok diem ?

Suka menyakiti tapi tidak mau disakiti, aneh makluk sumbu pendek ini
image-url-apps
memang ga ada dalilnya, kalo di koreksi kok pada sewot ckckck emoticon-Nohope
image-url-apps
Quote:


Ngajarkan intoleransi dan menolak hal yg berbeda dari mereka
Tapi kalo kepepet.. teriak teriak toleransi sama teriak bhineka ya emoticon-Big Grin
Taktik yg mantap emoticon-Recommended Seller
image-url-apps
Quote:


Lah.. pan alkahfi bkn yasin..
para pendengar juga tdk boleh dipaksakan utk mendengar yg tdk dikehendakinya ...

sebaiknya Pak Khalid Basalamah bikin studio TV sendiri ... masyarakat dipersilahkan menyetel siaran Basalamah ato tdk menyetelnya ... suka2 ...

INI BARU NAMANYA KEBEBASAN
×