alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bd329a1ee5df8f6c8b456c/survei-median-anies-sandi-463-persen-ahok-djarot-397-persen
Survei Median: Anies-Sandi 46,3 Persen, Ahok-Djarot 39,7 Persen
Quote:Survei Median: Anies-Sandi 46,3 Persen, Ahok-Djarot 39,7 Persen


Lembaga Media Survei Indonesia (Median) melakukan survei untuk menakar elektabilitas dua calon yang melaju ke putaran kedua Pilgub DKI. Hasilnya, Anies Baswedan-Sandiaga Uno untuk saat ini mengungguli Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

Di survei Median, elektabilitas Anies-Sandi sebesar 46,3 persen sedangkan Ahok-Djarot mememperoleh 39,7 persen. Sementara itu jumlah responden yang belum menentukan pilihan sebesar 14 persen.

"Saat ini memang posisinya Anies-Sandi unggul sementara dengan 6 persen, tapi ada dua hal yang harus kita ingat. Jumlah undecided masih 14 persen, artinya orang yang pada putaran pertama kemarin memilih Agus-Sylvi tidak serta merta kemudian memilih Anies-Sandi. Kompetisi masih panjang, jadi masih membuka peluang untuk siapapun memenangkan kompetisi, termauk untuk Ahok, hal ini berkaca dari survei naik turun suara itu sangat dinamis," kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun pada acara yang berlangsung di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Senin (6/3/2017).

Survei dilakukan terhadap 800 responden pada 21-27 Februari 2017 dengan menggunakan metode multistage random sampling dan proporsional atas populasi kotamadya dan gender. Margin of error survei sebesar 3,4 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berdasarkan data survei yang disebutkan, tren suara menunjukkan ada kenaikan suara dari pasangan Anies-Sandi dan sedikit penurunan dari pasangan Ahok-Djarot. Rico mengatakan salah satu alasan suara untuk Anies-Sandin naik adalah 1/3 pemilih Agus-Sylvi di putaran pertama memilih Anies-Sandi pada putaran kedua.

"Dari 100 persen pemilih Agus-Sylvy di putaran pertama, ada 10 persen yang memilih Ahok-Djarot di putaran kedua, 35 persen memilih Anies-Sandi dan 55 undecided," tuturnya.

Lebih lanjut disebutkan, pada putaran kedua, pemilih Ahok-Djarot dan Anies-Sandi di putaran pertama relatif tetap pada pilihan mereka. Selain itu, naiknya suara untuk Anies-Sandi juga dipengaruhi oleh adanya gelombang semangat untuk memilih asal bukan Ahok yang mulai muncul.

"Saat ditanya apa alasan anda memilih pasangan Anies-Sandi pada putaran kedua, ini kita tanyakan secara terbuka, kita kumpulkan. Yang kita lihat ternyata pemilih Anies-Sandi kental sekali dengan politik identitas atau politik agama 27 persen. Yang baru kita temukan alasannya adalah yang penting jangan Ahok, sebesar 25,9 persen, alasan yang kedua ini yang perlu kita amati karena belum pernah muncul pada survei sebelumnya," ujar Rico.

Berdasarkan temuan survei, Rico menyatakan pemilih Anies-Sandi didominasi oleh sentimen suasana non kandidat atau situasi di luar kandidat. Rico menyebut pemilih Anies-Sandi dibagi dalam empat kategori yaitu identitas dan anti Ahok sebesar 55,9 persen, kinerja mesin 5,7 persen, framing kompetensi 13,3 persen dan framing personal 8,6 persen.

Sedangkan karakter pemilih Ahok-Djarot lebih memfokuskan pada tema kompetensi. Ada 33,2 persen yang memilih Ahok karena menganggap Ahok berpengalaman dan kinerjanya terbukti.

"Ada tiga variabel utama, framing kompetensi, artinya memilih Ahok-Djarot karena kompetensinya sebesae 41,2 persen, karakter personalnya atau bersih dari korupsi sebesar 34,5 persen, sedangkan kinerja mesinnya lumayan kecil ya hanya sekitar 8,8 persen," kata Rico.


SUMBER



MANTAB BETUL emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Gw dukung anis dah DP 0% soalnya emoticon-Cool
Horeeeeeeeeee....... Anies_Sandy menangggg.....emoticon-Big Grin
Anies-sandiaga jadi gubernur dan wakil gubernur DKI emoticon-Angkat Beer
Penista agama dipenjara emoticon-Angkat Beer
dukung anies dp 0% emoticon-Genit:

kalo ga 0% suruh turun aja keduanya emoticon-Blue Guy Bata (L)
wah, menuju era jakarta yang oke oce
hasil survey umumnya tergantung pihak mana yg berani bayar lebih mahal emoticon-Leh Uga
Siap2 si ngahok pulang balik ke belitungemoticon-Shakehand2
mana nih poling kaskus koq belum dilaunching? ane jagoin ahok menang 88%.
Huakakaka
Cagub asu
Survei asu
Cocoook
makan makan...yeeaaayyyy
Mantaap, jadi nih dp 0 rupiah emoticon-Recommended Sellerl
Cieeh yg modal sara doang akhirnya menang jg..wkwk..
Mantab emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By cak.kontong
Cieeh yg modal sara doang akhirnya menang jg..wkwk..


yg penting bukan nguikers
gw dah puas
cuma prcaya survey kaskus

emoticon-Blue Guy Bata (L)
taikers menggigil sambil ngemil emoticon-Tai baca berita iniemoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By michiyoshirin


yg penting bukan nguikers
gw dah puas


Ga perduli ma nasib warga jkt?

Jgn2 lu bkn org jkt?

Oh iya kebanyakan nasbung kan sumbar or jabar yg rakyatnya kaga duperhatiin ma gubnya

Makanya sampe jual harga diri n matiin nalar dikaskus demi bayaran sebungkus nasi....

emoticon-Ngakak
Ngemeng2 kaskus ga bikin survei lagi buat putaran dua?
emoticon-Cool
hmmm emoticon-Cool