alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bd29c4529a456b3c8b4579/pemerintah-malaysia-usir-duta-besar-korea-utara
Pemerintah Malaysia usir Duta Besar Korea Utara
Pemerintah Malaysia usir Duta Besar Korea Utara
Duta Besar Korea Utara untuk Malaysia, Kang Chol, yang mendapatkan status "persona non grata" dari pemerintah Malaysia.
Ekor dari kasus pembunuhan Kim Jong-nam, abang tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un adalah pengusiran Duta Besar Korea Utara untuk Malaysia, Kang Chol, pada Sabtu (4/3).

Dengan status resmi sebagai orang terusir itu, Kang Chol cuma punya waktu 48 jam untuk hengkang dari Malaysia yang batas akhirnya hari ini, Senin (6/3).

Pada akhir Februari, Kang Chol mengatakan bahwa pemerintahnya meragukan penanganan Malaysia terhadap kasus peracunan Kim Jong-nam. Ia pun menuding Malaysia bersekongkol dengan negara lain.Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menilai ucapan itu sangat kasar. Menteri Luar Negeri Malaysia, Anifah Aman, menyatakan bahwa Malaysia telah meminta Kang Chol untuk mengajukan permintaan maaf tertulis.

Tuntutan itu diajukan ketika para pejabat Kementerian Luar Negeri Malaysia menemui delegasi tingkat tinggi Korea Utara yang dipimpin Duta Besar negara disebut terakhir untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Ri Tong-il, pada 28 Februari.

Namun, desakan itu tak ditanggapi.

"Saya rasa kami telah memberikan pesan gamblang kepada pemerintah Korea Utara bahwa kami bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan kasus (pembunuhan Kim). Kami tak ingin (penyelidikan kasus itu) tak dimanipulasi," ujar Wakil Perdana Menteri Malaysia, Ahmad Zahid Hamidi, dikutip Bernama (h/t Bloomberg).

Kematian Kim Jong-nam memicu peningkatan suhu hubungan antara Malaysia dan Korea Utara. Pihak berwenang Malaysia mengatakan bahwa korban tewas 20 menit setelah dua perempuan memaparkan racun saraf VX.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menggolongkan zat dimaksud sebagai senjata pemusnah massal. Seujung jarum saja racun itu menetes ke permukaan kulit, korban niscaya mati dalam beberapa menit.

Per hari ini pula, Malaysia berencana mencabut kebijakan bebas visa bagi pemegang paspor Korea Utara yang ingin memasuki wilayah Malaysia.

Keamanan nasional dijadikan sebagai satu-satunya dalih yang dipakai untuk menggulirkan kebijakan baru tersebut.

"Kami akan mengumumkannya secara resmi. Semua pengunjung asal Korea Utara harus memiliki izin masuk mulai Senin," ujar Wakil Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Dr. Ahmad Zahir, dikutip The Star, Kamis (2/3).

Malaysia menjadi satu dari sedikit negara yang tak mengharuskan pemegang paspor Korea Utara untuk mengajukan izin masuk ke wilayahnya. Negeri bentukan Kim Il Sung pun memberlakukan kebijakan serupa. Hasilnya, hanya pemegang paspor Malaysia yang dapat masuk ke kawasan terisolasi itu tanpa visa.

Dari kasus pembunuhan itu, Siti Aisyah, 25 tahun, dan Doan Thi Huong, 28 tahun, diseret ke pengadilan.

Keduanya--satu berasal dari Indonesia, dan seorang lagi berkewarganegaraan Vietnam--disangka sebagai eksekutor yang menghabisi nyawa Kim Jong-nam, abang tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (13/2).

Siti Aisyah mengikuti sidang pertama di Pengadilan Negeri Sepang, Malaysia, Rabu (2/3).

Dalam pembacaan tuntutan, penuntut umum mendakwa Aisyah dengan pasal delik pembunuhan (302) dengan persekongkolan (34) Kitab UU Hukum Pidana.

Jika terbukti bersalah, keduanya akan menerima hukuman mati dengan cara digantung.
Pemerintah Malaysia usir Duta Besar Korea Utara


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ar-korea-utara

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Pemerintah Malaysia usir Duta Besar Korea Utara Mempersingkat waktu tempuh Merak-Bakauheni

- Pemerintah Malaysia usir Duta Besar Korea Utara 'Diplomasi swafoto' ala Raja Salman

- Pemerintah Malaysia usir Duta Besar Korea Utara Siapa kader PKS yang terlibat dalam kasus e-KTP?