alexa-tracking

Hakim Tetapkan Sidang PK OC Kaligis Dihadiri Jaksa KPK

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bd258bddd770ed058b4569/hakim-tetapkan-sidang-pk-oc-kaligis-dihadiri-jaksa-kpk
Hakim Tetapkan Sidang PK OC Kaligis Dihadiri Jaksa KPK
Hakim Tetapkan Sidang PK OC Kaligis Dihadiri Jaksa KPK
Jakarta, GATRAnews - Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta melanjutkan sidang perkara Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan terpidana Otto Cornelis (OC) Kaligis setelah menetapkan tidak sependapat dengan OC Kaligis bahwa sidang ini tidak bisa dihadiri jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

 
"Majelis berketetapan untuk melanjutkan persidangan ini dengan kehadiran jaksa," kata Jhon Halasan Butarbutar, Ketua Majelis Hakim, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (6/3).
Majelis menetapkan melanjutkan sidang setelah mempertimbangkan aturan di Pasal 265 Ayat (2) Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), bahwa jaksa wajib menghadiri sidang permohonan PK.
Ketentuan tersebut mewajibkan agar jaksa hadir dan menandatangani berita acara persidang serta memberikan pendapat soal di persidangan. "Perlu dipahami, bahwa yang diminta untuk hadir adalah jaksa, bukan jaksa penuntut umum," kata Jhon.
Senin pekan lalu, OC Kaligis meminta majelis agar tidak mengizinkan jaksa KPK duduk di kursi termohon. Ia beralasan karena mengajukan permohonan dengan status sebagai terpidana dan tidak ada kaitan lagi dengan jaksa.
"Hukum acara itu patut dipenuhi. Kalau tidak, ada beberapa pendapat ahli menyatakan bahwa melanggar hukum acara formal dan materil itu kejahatan jabatan," kata Kaligis.
Kaligis berdalih ini sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) No. 33/PUU-XIV/2016. Putusan tersebut melarang jaksa mengajukan PK, karena telah diberikan kesempatan dalam proses penyidikan, penuntutan, hingga perkaranya diputusan pengadilan tingkat pertama.
Kemudian, di tingkat banding atau tingkat kedua hingga kasasi atau pengadilan tingkat ketiga atau MA. Dengan demikian, jaksa sudah mempunyai kesempatan yang besar untuk membuktikan dakwaan dan tuntutan dan merupakan satu keadilan jika pemeriksaan PK hanya terbatas bagi terpidana. 
OC Kaligis memaknai putusan MK itu bukan hanya melarang jaksa mengajukan PK, namun juga jaksa tidak boleh menghadiri sidang PK. Dia mengajukan PK atas vonis yang dijatuhkan MA terhadapnya menjadi 10 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan.
Kaligis dinyatakan terbukti menyuap majelis hakim dan panitera PTUN di Medan sebesar US$ 27.000 dan SGD 5.000. Kaligis mendapat uang itu dari istri Gubernur nonaktif Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, Evy Susanti, yang ingin suaminya "aman" dari penyelidikan oleh Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.
Untuk mengamankan suaminya, Evy memberikan uang sebesar US$ 30.000 kepada OC Kaligis untuk diserahkan kepada hakim dan panitera PTUN Medan agar memutus perkara sesuai yang diinginkannya.

Reporter: Iwan Sutiawan

Sumber : http://www.gatra.com/hukum/247890-ha...diri-jaksa-kpk

---


- Hakim Tetapkan Sidang PK OC Kaligis Dihadiri Jaksa KPK KPK Ajukan Dua Hakim PN Jakpus di Sidang Santoso, Pekan Depan