alexa-tracking

kata pakar tidak masalah mall dibangun diatas tanah negara

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bd240298e31bf4058b456a/kata-pakar-tidak-masalah-mall-dibangun-diatas-tanah-negara
kata pakar tidak masalah mall dibangun diatas tanah negara
Kata Pakar, Tidak Masalah Mal Dibangun di Atas Tanah Negara
Senin, 6 Maret 2017 | 13:21 WIB



kata pakar tidak masalah mall dibangun diatas tanah negara

Ads by Kiosked
JAKARTA, KompasProperti - Beberapa mal yang diklaim Calon Gubernur DKI Jakarta Aiiiinies Baswedan berdiri di atas tanah negara pada dasarnya merujuk ke barang milik negara (BMN).

Anies mempermasalahkan hal ini, saat dia merespons komentar negatif mengenai program rumah dengan uang muka atau down payment 0 persen yang memanfaatkan tanah negara.

Sebaliknya pakar hukum pertanahan dan properti, Eddy Leks, berpendapat mal dibangun di atas BMN bukanlah masalah.

Itu pun jika benar ada mal-mal yang berdiri di atas tanah negara karena status tersebut.

"Jadi sebetulnya tidak ada masalah mal dibangun di atas BMN sepanjang memang bermanfaat untuk kepentingan umum," ucap analis hukum properti Eddy Leks, kepada KompasProperti, Minggu (5/3/2017).

Lebih lanjut Eddy menyampaikan, pendirian mal di atas tanah negara telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 78 Tahun 2004 yang intinya aset-aset negara bisa dikerjasamakan, tetapi dengan syarat-syarat tertentu.

"Namun, yang tidak jelas dari Anies adalah apakah betul yang diungkapkan dia itu merujuk kepada BMN atau sekadar tanah yang dikuasai negara karena itu merupakan dua hal yang berbeda," jelas dia.

Di dalam PMK Nomor 78 Tahun 2014 disebutkan, tanah negara dibedakan menjadi dua, yakni tanah yang dikuasai negara dan tanah yang menjadi BMN.

Perbedaan kedua hal tersebut adalah jika tanah yang dikuasai negara dapat dimohonkan hak oleh siapa pun sesuai peraturan perundangan.

Sedangkan tanah termasuk BMN adalah tanah yang dibeli atau diperoleh dari APBN atau perolehan lain yang sah.

BMN berupa tanah dapat dimanfaatkan. Bentuk pemanfaatan tersebut bisa berupa sewa, pinjam pakai, bangun guna serah (BSG)/Bangun serah guna (BSG), kerja sama pemanfaatan (KSP), dan kerja sama penyediaan infrastruktur (KSPI).

Sebelumnya Anies mengatakan, hampir di semua kota DKI Jakarta terdapat mal yang berdiri di atas tanah negara. Walaupun begitu, dirinya enggan menyebutkan detailnya seperti apa.

"Ada lokasinya di (Jakarta) Pusat, ada yang di Barat juga. Kelihatannya di Selatan juga ada tuh. Mungkin di Timur juga ya," kata Anies saat ditemui di sebuah pengajian kawasan Ampera, Jakarta Selatan, Kamis (2/3/2017).

Penulis: Ridwan Aji Pitoko
Editor: Hilda B Alexander
http://properti.kompas.com/read/2017...s.tanah.negara
Yah kalo benar tanah negara dan menurut pmk 78 2014 boleh tinggal dicari tahu mereka itu skemanya apa sewa,pinjam pakai,mitra,bagi hasil atau apa nie?
Terus berapa lama batas waktunya?
Lalu mana dokumen pihak pemanfaatannya siapa dan tadinya rencana awal untuk apa?







Pokoknya rakyat butuh mall,,,
Makanyabga usah jlimet maksa harus jual rusun ditanah negara lah
Kaya ahok uda bener tuh , niatnya jelas bantu masyarakat. Uno mau nerabas aturan buat nguasai tanah2 emas pemprov doangan paling
kemaren kata ahok pidana
trs skg boleh jd gmna dah?
keder gue emoticon-Nohope
Tunggu penjelasan anies ja...
Quote:


di berita ada ente gak baca dgn teliti. Yg dimaksud Anies itu tanah BMN artinya mesti ikut aturan kalau mau beli (karena dijual jadi hak milik ye)kalau mall itu rata2 sewa, hotel juga sewa bukan hak milik. Kalau apartemen tergantung kalau sewa mungkin bisa tapi kalau dijual dalam hal ini sertifikat tanah bersama itu mesti pake putusan dprd dan audit bpk (ribet gak mudah ujungnya pidana)

Di dalam PMK Nomor 78 Tahun 2014 disebutkan, tanah negara dibedakan menjadi dua, yakni tanah yang dikuasai negara dan tanah yang menjadi BMN.

Perbedaan kedua hal tersebut adalah jika tanah yang dikuasai negara dapat dimohonkan hak oleh siapa pun sesuai peraturan perundangan.

Sedangkan tanah termasuk BMN adalah tanah yang dibeli atau diperoleh dari APBN atau perolehan lain yang sah.

BMN berupa tanah dapat dimanfaatkan. Bentuk pemanfaatan tersebut bisa berupa sewa, pinjam pakai, bangun guna serah (BSG)/Bangun serah guna (BSG), kerja sama pemanfaatan (KSP), dan kerja sama penyediaan infrastruktur (KSPI).
Quote:


gue baca makanya gue tanya, kata ahok pidana itu yg klasifikasi tanah gmna, sdgkan kata pakar boleh
Quote:


Kalo ngomong ame ente kayaknya pikirannya konspirasi melulu dah.

Nguasain tanah emas pemprov doangan itu gimana cok?

Kalo emang bener itu tanah pemprov atau tanah negara yah harus jelas donk keuntungan yang didapat pemerintah apa dari pihak yang memanfaatkan dan batas waktu pemanfaatannya berapa lama tuh barang kan itu di aturannya ada,lah ini sudah jelas belum ?

justru si anies dan uno itu gemes kali lihatnya,baru pada lihat semerawutnya bmn-bmn berserakan ga keurus dan ada yang diurus swasta tapi ga ada kontrak bayar sekian-sekian ke pemerintah.
Masih lebih baik bot dah jelas,,,














Pokoknya aku ra popo,,,
Rakyat butuh mall-mall
udah deh ada duit,semua beres lah,mo tanah negara tanah pemrov,tanah kuburan bakalan legal asal duitnya ngebul.

klo ga punya duit ya kek yang digusur gusur pake alesan kumuh,pake alesan maling,nduduki tanah negara dll.

ironisnya ahok yg gunain pakem konstitusi,tajem bak elang matanya klo lihat orang kismin di tanah negara sementara klo sama yg kaya meneketehe...
Ke depan kita bakal lihat lebih banyak tipu2 si anies emoticon-Big Grin
DPRD pemprov DKI harus nya panggil Gubernur Ahok, untuk buktikan semua ini atau cuma tudingan hoax demi untuk kampanye pilkada DKI Jakarta doang... Kasus ini bisa diangkat keranah hukum, menyangkut kredibilitas pemprov DKI Jakarta qq Gubernur
Quote:


"Jadi sebetulnya tidak ada masalah mal dibangun di atas BMN sepanjang memang bermanfaat untuk kepentingan umum," ucap analis hukum properti Eddy Leks, kepada KompasProperti, Minggu (5/3/2017).

Lebih lanjut Eddy menyampaikan, pendirian mal di atas tanah negara telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 78 Tahun 2004 yang intinya aset-aset negara bisa dikerjasamakan, tetapi dengan syarat-syarat tertentu.

nih kata pakar. Jangan bilang masih gak nyambung itu bukan dijual tapi kerja sama. Apa Anies mo kerjasama?ente mau beli rusun tapi sertifikat tanah negara dan ente nyicl 30 tahun tapi rusunnya dibongkar 30 tahun kemudian?ente mau?nyicil rumah tapi tanahnya bukan punya ente?
Quote:


Namanya janji surga bro, nasbung kan percaya emoticon-Ngakak
ane ngarep rumah gratis aja lah dari anies sandi emoticon-Big Grin
Quote:


ini pernyataan menarik. Bisa ngomong gini ada datanya ga?
Quote:


Ahok malah ngincer tanah yg dikuasai bakrie bosnya anies saking gedenya tanah emas yg dikuasai tanpa perjanjian yg menguntungkan, itu aja susah, apalagi yg kecil2, perjanjian pasti uda ada dan masih lama, ga perlu disebut aja uda tau.
Ahok lagi nyatet semua aset pemda, sampe ngedung kecil di jalan fachrudin tanah abang aja sekarang ditempel punya pemprov, gw aja baru tau iu punyabpemprov, selama ini jd tempat ekspedisi, warung

Udalah, ga usah ngomong program
Pemilih anies kaya elu andalanyancuma agama
Nih buktinya

kata pakar tidak masalah mall dibangun diatas tanah negara
Non2 sebenernya no 1 juga
Program ga oenting, jakarta ancur juga ga penting
Yg penting seagama
Quote:


Yg gw merahin kamvret ente... Makjleb bgt..emoticon-Ngakak
Quote:


Jiaahh... Anies nyorot mall ditanah pemerintah itu hanya sebagai alasan ngeles program asjep dp 0 persen...

Seolah2 program asjep itu bisa dilaksanakan di jkt menggunakan lahan pemerintah.. Pdhl jelas2 ga mungkin dr sisi harga jual dan kemampuan rakyat mencicil... Lagian apa mungkin properti dilahan pemerintah dijual? Mo dikandangin?

Tokai lah... Cagub asal jeplak membodohi rakyat ga patut dipilih
Quote:


Yoi sob,sekarang aset pemprov lagi gencar dipasang plang-plang yang menyatakan itu aset pemprov,sudah puluhan lahan itu yang diplang.

Emang sudah ancur dari dulu sih pengelolaan dan pendataannya.
Banyak yang nganggur banyak yang sudah diserobot dan lain-lain

Sekalian urus yang lainnya dah,,,













Rakyat butuh mall-mall
Quote:


Datanya digondol tikus sob,atau ikut dibakar saat reformasi ...












emoticon-Ngakak
Quote:


gue nnyanya ahok pernah mengeluarkan statement kalo tanah negara dibikin mall itu bisa jd pidana, ente paham ga sm statement ahok tsb? Yg mau gue tanya kan kata pakar tanah negara boleh dpake dgn syarat2 tertentu, ko ahok bsa ngeluarkan statement tsb yg bersebrangan, jd yg bner yg mana? Kalo pakar yg bner berarti omongan ahok itu salah? Begitu kan?