alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bd18e432e2e6bb618b4576/diplomasi-swafoto-ala-raja-salman
'Diplomasi swafoto' ala Raja Salman
'Diplomasi swafoto' ala Raja Salman
Presiden Joko Widodo (kanan), Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al-Saud (kedua kanan), mantan Presiden Megawati Soekarnoputri (kiri) dan Menko PMK Puan Maharani (kedua kiri) melakukan swafoto di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (2/3).
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud, jarang tampil di media sosial.

Tokoh berusia 81 itu memang punya akun Twitter, @KingSalman, tetapi jarang berkicau--terakhir pada 10 Desember 2016. Di Instagram, akun @KingSalman (916 ribu pengikut) jauh lebih aktif. Namun akun itu belum terverifikasi sebagai akun resmi (minus centang biru).

Aksi berbeda ditunjukkan Salman selama melawat ke negara-negara Asia. Dalam lawatan ini, Salman jadi lebih sering tampil di media sosial--meski bukan melalui akun resminya.

Selama tur Asia, Salman seolah hendak menanggalkan kesan mewah dan formal dalam perjalanannya. "Penjaga dua masjid suci" itu pun jadi lebih santai.

Ia tak sungkan berpose swafoto (selfie), atau tampil dalam video blog (vlog) bersama para pemimpin negara lain--kerap diistilahkan "diplomasi swafoto" ("selfie diplomacy").

Dalam tur Asia, "diplomasi swafoto" ala Salman bermula pada 27 Februari 2017 di Malaysia--persinggahan pertamanya.

Penandanya adalah kicauan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak. Dalam kicauan itu, Najib memamerkan swafotonya bersama Salman. Foto tersebut diambil dalam mobil saat kedua tokoh sedang menuju sebuah acara di Kuala Lumpur.
Selfie saya dengan Raja Salman , Custodian of the two Holy Mosques ! Persahabatan yang amat akrab. pic.twitter.com/nK8aOyKYfi
— Mohd Najib Tun Razak (@NajibRazak) February 27, 2017 Makin menjadi di Indonesia
"Diplomasi swafoto" Salman kian menonjol di Indonesia. Momen paling menarik adalah ketika Salman tampil dalam vlog persembahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Dalam vlog berdurasi 2 menit 27 detik itu, Jokowi menceritakan perjamuan makan siang bersama Salman di Istana Bogor, Rabu (1/3).

Jokowi sempat mengarahkan kamera ponselnya ke arah Salman, yang sedang menyantap makan siang dengan sendok berwarna emas.

Puncaknya, saat Jokowi mempersilakan Salman menyapa rakyat Indonesia. "Bagi kami (Arab Saudi), rakyat Indonesia adalah saudara dan rakyat yang sangat mulia," demikian perkataan Salman.

Vlog itu lekas menjadi viral, tercatat telah dilihat lebih dari 3,2 juta kali, Senin (6/3).

Pun bagi kedua tokoh, vlog itu sama-sama "menguntungkan". Setidaknya, media Arab Saudi memuat kabar ini dengan sentimen positif kepada Salman.

Teristimewa Jokowi, video tersebut kian mengukuhkan dirinya sebagai presiden yang populer pula sebagai vloger--sebagaimana pengakuan media internasional.

Satu peristiwa unik terjadi pula ketika Salman berkunjung ke Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (2/3).

Tatkala Salman memasuki ruang pertemuan, para anggota parlemen bergegas mengeluarkan kamera ponsel, dan berlomba mengambil foto sang raja.

Peristiwa itu terekam dalam video media Arab Saudi, Al-Arabiya.

Belum cukup, Salman kembali menunjukkan "diplomasi swafoto" ketika bertamu di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (2/3).

Kali ini, Salman berswafoto bersama Presiden kelima Indonesia, Megawati Soekarnoputri, dan putrinya, Puan Maharani--yang juga Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Pun Presiden Jokowi turut dalam swafoto berkelompok (wefie) itu.

Momen tersebut turut tertangkap kamera fotografer Sekretariat Presiden, Agus Suparto.
Ternodai hoax
Indonesia merupakan salah satu pusat media sosial dunia, dengan 88 juta pengguna Facebook dan 29 juta pengguna Twitter. Jangan heran bila "diplomasi swafoto" Salman menjadi percakapan luas.

Sayangnya, percakapan itu bercampur pula dengan beredarnya kabar bohong, yang menyebut penampilan Salman dalam vlog dan swafoto di Indonesia menuai kecaman media Arab Saudi--menyebar dengan foto surat kabar Arab Saudi, Okaz.

Belakangan, desas-desus itu diklarifikasi staf Organisasi Kerja sama Islam (OKI), Abdullah Umar.

"Perihal kabar kecaman media Arab Saudi, Okaz pada 3 Maret 2017, terhadap perilaku swafoto dan video blog yang baru-baru ini beredar. Setahu saya media bersangkutan tidak mengecam," ujar Abdullah, dilansir Antara News.

Swafoto juga bukanlah sesuatu yang terlarang bagi Salman. Menurut Abdullah, sang raja pernah berswafoto dengan pelatih kiper klub Al-Nasr, Rene Higuita (Kolombia).
Ada fitnah foto brsm Raja Salman, Jokowi, Puan & Mega dikecam media Arab, ini koran Saudi malah bangga pasang & nyebut selfie Raja Salman pic.twitter.com/7n7qLRdWrH
— Mohamad Guntur Romli (@GunRomli) March 4, 2017
Sekadar informasi, Salman memang lebih sering mencuri perhatian khalayak media sosial ketika berkunjung ke luar negeri.

Awal Desember 2016, dalam kunjungannya ke Qatar, Salman mendapat perhatian di media sosial kala berswafoto dengan seorang remaja perempuan penderita Kanker.

Pada kunjungan yang sama, Salman sempat terekam kamera ikut melakukan gerakan tari Ardha (khas Arab). Tarian itu merupakan bagian dari upacara penyambutan yang disiapkan pemerintah Qatar.

Mendengar tetabuhan perkusi dan gerak-gerik para penari, Salman tampak tersenyum dan mulai mengikuti gerakan tari. Video itu, sebagaimana ditulis ArabNews, lekas menjalar di jagat media sosial Arab Saudi.
فيديو | شاهد .. #خادم_الحرمين يتفاعل مع استقبال شعب #قطر له ويشاركهم العرضة (الريان) pic.twitter.com/HPt5hZb14t
— صحيفة الشرق الأوسط (@aawsat_News) December 5, 2016
Adapun dalam tur Asia kali ini, Salman masih punya jadwal menyinggahi Tiongkok, Jepang, Maladewa, dan Yordania. Artinya, kemungkinan besar kita masih akan melihat "diplomasi swafoto" ala Salman.
'Diplomasi swafoto' ala Raja Salman


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...la-raja-salman

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- 'Diplomasi swafoto' ala Raja Salman Siapa kader PKS yang terlibat dalam kasus e-KTP?

- 'Diplomasi swafoto' ala Raja Salman AS kemungkinan pangkas anggaran bantuan luar negeri

- 'Diplomasi swafoto' ala Raja Salman Polisi ringkus penyebar kicau palsu Kapolri dan foto Jokowi

×