alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bd14b2529a450a488b457e/korea-selatan-dan-as-analisa-jenis-rudal-balistik-yang-ditembakkan-korea-utara
Korea Selatan Dan AS Analisa Jenis Rudal Balistik Yang Ditembakkan Korea Utara
Korea Selatan Dan AS Analisa Jenis Rudal Balistik Yang Ditembakkan Korea Utara


TRIBUNNEWS.COM, SEOUL - Korea Utara pada Senin (6/3/2017) telah meluncurkan empat rudal balistik, sebagai reaksi terhadap latihan militer terus-menerus antara Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Empat rudal balistik itu diluncurkan dari situs peluru kendali jarak jauh Dongchang-ri di Provinsi Pyŏngan Utara pukul 7:34 dan terdeteksi pukul 7:36 waktu setempat.

Semua rudal balistik meluncur sekitar 1.000 kilometer (620 miles) dan mencapai ketinggian 260 km sebelum jatuh ke laut Timur, demikain disampaikan kepala staf gabungan Seoul (JCS) dalam sebuah pernyataan.

"Kami sedang melakukan sebuah analisis (dengan AS) untuk menentukan jenis tepat rudal tersebut dan spesifikasi lainnya. Itu akan memakan waktu sebelum kita nanti mengumumkan analisis akhir (berdasarkan data satelit US)," kata JCS.

Bila proyektil yang ditembakan itu rudal balistik intercontinental (ICBMs) maka mampu mencapai bagian barat daratan AS, Departemen Pertahanan mengatakan dalam konferensi pers.

Di awal hari, pejabat militer mengangkat kemungkinan bahwa proyektil yang ditembakan bisa ICBM, jika diluncurkan pada sudut yang tinggi.

Para ahli mengatakan proyektil bisa berupa peluru kendali balistik jarak pendek dengan serangkaian 500-700 km atau jarak menengah misalnya rudal Rodong dengan serangkaian 1.300-1.500 km mengingat jumlah rudal.

"Jika Korea Utara uji tembakkan rudal jarak panjang baru, itu tidak digolongkan sebagai ICBM karena tidak mampu meluncurkan beberapa rudal pada saat yang sama," kata Kim Dong-yub, seorang analis di Institute for Far Eastern Studies di Universitas Kyungnam.

Lebih dari 6.000 km, rudal ICBM bisa terbang jauh daripada kisaran ketika diluncurkan pada sudut yang tinggi.

Tapi seperti rudal jarak panjang masih sedang dikembangkan dan belum digunakan oleh Korea Utara.

Korea Utara pernah menguji menembakkan rudal balistik jarak panjang di Dongchang-ri atau "Sohae" situs peluncuran rudal pada bulan Februari tahun lalu. Saat itu ditembakan delapan rudal balistik, termasuk tiga rudal Musudan rudal jarak menengah, selama latihan militer gabungan dari Maret hingga April tahun lalu.

Atas provokasi peluncuran empat rudal balistik tersebut. Korea Selatan bersuara keras terhadap Korea Utara selama pertemuan Dewan Keamanan Nasional.

Korea Selatan menegaskan nuklir dan rudal provokasi dari Korea Utara adalah "ancaman nyata dan akan segera mengancam kehidupan dan keamanan dunia."

Departemen Luar Negeri AS mengatakan peluncuran rudal Korea Utara melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB yang melarang negara komunis meluncurkan, menggunakan teknologi rudal balistik.

"Kami tetap siap--dan akan terus mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesiapan--untuk membela diri dan sekutu-sekutu kami dari serangan, dan siap untuk menggunakan berbagai macam kemampuan yang kita miliki menghadapi ancaman ini," ujar Jurubicara Departemen Luar Negeri, Mark Toner mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga mengatakan tiga dari empat rudal Korea Utara mendarat di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang. (Yonhap)

Sumber : http://www.tribunnews.com/internasio...an-korea-utara

---

Baca Juga :

- Korea Selatan Koordinasi Dengan AS dan Jepang Atas Peluncuran 4 Rudal Korea Utara

- Protes Latihan Militer Korsel-AS, Korut Luncurkan 4 Rudal Balistik

- Korea Selatan: Korea Utara Tembakan 4 Rudal Balistiknya Ke ZEE Jepang