alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bd0c02d675d4c54d8b4572/all-about-student-exchange--pertukaran-pelajar--bagaimana-caranya
All About Student Exchange | Pertukaran Pelajar | Bagaimana caranya ?
All About Student Exchange | Pertukaran Pelajar | Bagaimana caranya ?

All About Student Exchange | Pertukaran Pelajar | Bagaimana caranya ?

Quote:Original Posted By Introduction

Hello gan langsung aja tanpa basa basi sebelum memulai thread ane, ane mau memperkenalkan diri sedikit. Jadi ane merupakan seorang mahasiswa di BINUS Alam Sutera yang berkesempatan untuk mendapatkan student exchange ke Universitas Malaya di Malaysia melalui program AIMS ( ASEAN International Mobility Student ) nah sekarang ane mau membagi sedikit pengalaman yang ane tulis sepenuhnya langsung dari pikiran ane . Siapa tau agan berminat untuk ikut ? Dijamin ga nyesel gan emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By What is Student Exchange ?

Pertama-tama ane akan menjelaskan apa itu student exchange. Student exchange merupakan sebuah program pertukaran pelajar ke luar negri yang biasanya terkenal di kalangan para mahasiswa/i. Durasi student exchange pun tergantung dari program yang kita pilih tetapi biasanya 1 semester / 6 bulan – 1 tahun dan ada juga Short Course atau biasanya pas liburan selama 1minggu sampai 1 bulan gitu gan.

Quote:Original Posted By What do you get from student exchange ?

Banyak keuntungan yang dapat kita dapatkan dengan student exchange ini antara lain, beberapa pengalaman ini yang memang ane rasakan sendiri selama menjadi student exchange:
1. Menambah teman dari berbagai negara. Pastinya dengan belajar di luar negri pun ente akan bertemu dengan orang-orang dari berbagai Negara. Seperti halnya ane, ane ketemu dari orang Malaysia sendiri, Korea, Jepang, Mexico, Belgia, German,dll. Jadi ente bukan Cuma punya temen dari Negara sendiri tapi dari belahan Negara lain juga. Bisa tuker-tuker contact lagi, banyak yang cakep juga gan.

2. Menambah wawasan. Dengan belajar di luar negri pun kita akan keluar dari zona aman kita sehari-hari. Kita pun akan mengenal lingkungan baru dan belajar dilingkungan tersebut. Yang pastinya akan banyak pengalaman yang ente dapatkan dengan berinteraksi dengan orang-orang yang berbeda dengan ente gan.

3. Lancar berbahasa Inggris. Yap kebanyakan tujuan dari student exchange itu Negara luar dan biasanya menggunakan bahasa Inggris. Even di Malay ane bisa ngomong pake bahasa Indonesia ke orang Malaysia tapi ketika ente ketemu temen-temen dari Negara lain biasanya mereka menggunakan bahasa Inggris semua jadi ane pun terpaksa untuk berbicara bahasa Inggris. Tenang gan walaupun ente belum lancar kyk ane pasti pada ngerti kok emoticon-Big Grin

4. Belajar kebudayaan lain. Bukan hanya belajar kebudayaan dari Negara yang ente tuju tapi juga dari Negara-negara lain. Seperti ane, ane jadi belajar banyak perbedaan kebudayaan, keseharian antara ane dengan teman-teman ane yang dari Negara lain. Dan perbedaan itu menarik, karena membuat ane menjadi dekat dengan teman-teman yang Negara lain. Disini kita sama-sama belajar kebudayaan satu sama lain.

5. Mendapat sahabat dari Negara lain serta koneksi ke Negara lain. Disini ane sering pergi dengan teman-teman dari Negara lain. Jadi ente pun pasti akan mendapatkan sahabat baru, yang kemungkinan besar dapat bertemu lagi mungkin 5 sampai 10 tahun kedepan. Ente pun dapat saling bertukar tempat mungkin ketika ente mau pergi ke Negara temen ente, ente akan tinggal ditempat temen ente dan sebaliknya temen ane nanti pergi ke Indonesia tinggal ditempat ente. Malah temen ane ampe dapet pacar orang luar gan disini.

6. Jodoh ? Ahahaha Tapi benar memang banyak cerita pasangan yang berbeda Negara bertemu pada saat pertukaran pelajar. Mungkin jodoh agan juga orang luar ?

Quote:Original Posted By How to get student exchange ?

1. Pertama yang paling mudah adalah dengan mencari program ini di universitas ente berada. Seperti ane memang univ ane sudah biasa menyelenggarakan program ini. Program ini juga ada yang memang langsung dari univ maupun kerjasama dengan pemerintah. Seperti ane AIMS ane mendapatkan scholarship atau seperti beasiswa jadi ditanggung oleh pemerintah. Ane pun juga mendapatkan uang saku lho setiap bulan emoticon-Big Grin. Jadi langsung aja coba ke office biasanya sih di international office gtu di kampus ente kalo ada. Jangan malu bertanya gan emoticon-Big Grin Karena memang biasanya program ini merupakan program kerjasama antara universitas dengan universitas lain.

2. Ask mbah Google coba cari dengan keyword “student exchange program”, “beasiswa student exchange”, yang pasti cari-cari informasi juga. Karena program student exchange itu banyak banget gan, ente harus tentuin dulu pengennya kemana, berapa lama, mau bayar sendiri atau beasiswa, dll.

Quote:Original Posted By What do you need to apply for student exchange ?

1. NIAT, yep niat itu yang paling penting menurut ane.
2. Kemampuan berbahasa Inggris / kalo bisa TOEFL diatas 500
3. Dokumen-dokumen persyaratan
4. Paspor, Visa
5. Doa

Quote:Original Posted By Pengalaman Ane selama menjadi mahasiswa student exchange

Ane menjadi student exchange di Negara tetangga yaitu Malaysia, tepatnya ane berada di University Of Malaya. UM sendiri merupakan univ kyk UI gitu gan kalo di Indonesia emoticon-Big Grin Disini ane ketemu dengan banyak teman dari seluruh penjuru dunia Cuma kebanyakan dari Korea, China, dan Thailand, serta berberapa orang Jepang. Disini juga banyak bule gan tapi biasanya mereka tinggal diluar kampus, sedangkan ane tinggal di kampus di Kolej Kediaman ke 12 kalo disebutnya disini. Di UM kampusnya gede banget, dia ada 12 dorm, terus ada kolam renang sendiri, bus gratis untuk muter-muter. Disini yang pasti ane jalan-jalan terus gan ama temen-temen. Pergi ke tempat wisata, nyobain tempat makan, pergi ke mall, kadang juga pergi gajelas yang penting pergi keluar ahahaha. Disini ane juga dapet banyak temen baru dari luar, enaknya kalo kita pas keluar bisa nginep dan sebaliknya juga. Pas ane ngetik ini ane malah kangen dengan kehidupan ane disana 

Quote:Original Posted By Saran ane

1. Jangan males untuk nyari info-info seputar student exchange, langsung tanya aja ama kampus lo pada ada program ini ga. Karena memang program ini biasanya dari kampus-kampus juga.

2. Jangan minder IP kecil. Ip ente dibawah 3 ? Bisa kok, kalo memang kalian punya niat dan memang kepengen banget, pasti ada jalan gan. Mungkin ente punya kelebihan di bahasa gitu, biasanya juga bisa keterima.

3. Tapi tetep usahain nilai jangan jelek-jelek amat. Kalo menurut ane standar 3 lah, terus TOEFL juga usahain dapet di 500. Percaya atau ga ane pertama kali tes toefl dan ane belajar 1 minggu sebelum ujian. Memang ane dulu pernah les bahasa Inggris tapi udah lama berenti dan ane dapet score 533 kemarin pas tes.

4. Terus kalo udah dapet jangan jalan-jalan terus juga, usahain nilai disana tetep bagus biar ga dapet semester pendek pas balik. Kan males udah jalan-jalan eh ngulang lagi karena nilai diluar jelek. Sayang kan ?

5. Coba cari beasiswa, karena dengan dapat beasiswa ente bakal dapet uang jajan untuk disana. Jadi ga ngabisin duit ortu juga kan ? Terus percaya diri kalo kalian memang bisa dapetin !


Sedikit foto kegiatan ane emoticon-Malu (S)
All About Student Exchange | Pertukaran Pelajar | Bagaimana caranya ?
All About Student Exchange | Pertukaran Pelajar | Bagaimana caranya ?


Quote:Original Posted By Question ?

Pingin bertanya-tanya seputar Exchange Student ? Bisa kok tanya ke ane emoticon-Malu (S)
Instagram: michaelgerardo
Facebook: Michael Gerardo Justia
Bisa message ane kalo ingin bertanya-tanya seputar exchange student, tapi jangan tanya yang lain ya hehe

Ditunggu cendolnya gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)



pertamax di thread sendiri
kyk nya enak yah
kepingin jadinya nih gan
Biaya hidup disana perbulannya berapa ya? Terus perkuliahannya full inggris? Beda cara belajar perkuliahan disana sama disini apa?
Quote:Original Posted By floweranz
Biaya hidup disana perbulannya berapa ya? Terus perkuliahannya full inggris? Beda cara belajar perkuliahan disana sama disini apa?


kalau ane di malay full inggris bro. kalau perbedaan sih paling disana tempat duduk udh kyk di luar negri, terus ga beda jauh sih bro sbnernya tergantung dosen2 nya juga. kalo ane sendiri pas lagi hemat bisa cuma 1.5 jt doang bro sebulan tapi kalo lagi boros bisa 4-5 jutaan ahaha
emoticon-Cool
Ane udah kerja gan..
Jadi nunggu employer exchange aja..
Dosennya asli dari malaysia or luar?