alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bd0ad6dad77036758b456c/siapa-kader-pks-yang-terlibat-dalam-kasus-e-ktp
Siapa kader PKS yang terlibat dalam kasus e-KTP?
Siapa kader PKS yang terlibat dalam kasus e-KTP?
Presiden PKS Sohibul Iman (tengah) menyampaikan pendapatnya didampingi Bendahara Umum PKS Mahfuz Abdurrahman (kiri) dan Sekjen PKS Mustafa Kamal (kanan) dalam konferensi pers di DPP PKS, Jakarta, Minggu (5/3).
Satu per satu nama anggota DPR yang tersangkut dugaan korupsi e-KTP mulai terkuak, Dari sejumlah nama yang ada, disebut-sebut ada dua nama yang berasal dari kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Kalau saya enggak salah Pak Gamari, satu lagi Agus Purnomo," kata Presiden PKS Sohibul Iman, Ahad (5/3/2017) seperti dikutip Liputan6.com. Gamari adalah anggota DPR periode 2014-2019. Namun pada 2016 ia dipecat karena pelanggaran syariah.

Sohibul mengaku telah meminta klarifikasi kepada dua kadernya itu namun mereka membantah kecipratan duit mark up pengadaan e-KTP itu.

Sohibul menyerahkan sepenuhnya kepada KPK yang saat ini sedang menangani kasus yang disebut merugikan negara sekitar Rp2 triliun itu.

"Sikap PKS jelas ya. Harus diproses secara hukum. Silakan. Saya beri dukungan penuh kepada KPK, itu harus diproses," katanya seperti dilansir Kompas.com.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mengisyaratkan bakal ada sejumlah nama besar dalam dugaan korupsi pengadaan e-KTP. Nama-nama besar itu nantinya akan terungkap dalam persidangan dengan tersangka Sugiharto dan Irman.

Sugiharto merupakan mantan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri. Sedangkan Irman merupakan mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri. Proyek pengadaan e-KTP ini menelan biaya Rp6 triliun.

Dari jumlah itu, berdasarkan pemeriksaan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) ditemukan adanya kerugian negara sebesar Rp2 triliun. Agus berharap, dengan terungkapnya sejumlah nama dalam persidangan nanti tidak akan menimbulkan guncangan politik.

"Karena namanya yang akan disebutkan memang banyak sekali," ujar Agus di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Jumat (3/3/2017) sore seperti ditulis Kompas.com.

Dalam kasus ini, KPK sudah memeriksa sejumlah politikus dan pejabat pemerintah.

Mulai dari Gubernur BI Agus Martowardojo hingga mantan Mendagri Gamawan Fauzi, Setya Novanto, dan Ade Komarudin.

KPK juga mengusut kasus ini ke anggota dan pimpinan DPR RI.

Bahkan, sejumlah anggota DPR telah menyerahkan uang kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Ada pengembalian dari 14 orang senilai Rp 30 miliar. Sebagian dari mereka adalah anggota DPR," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Menurut Febri, penyerahan uang tersebut akan dihargai sebagai salah satu bentuk tindakan kooperatif dari pihak yang menyerahkan uang.

KPK akan mempertimbangkan penyerahan uang itu sebagai hal yang akan meringankan pemidanaan.
Siapa kader PKS yang terlibat dalam kasus e-KTP?


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...am-kasus-e-ktp

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Siapa kader PKS yang terlibat dalam kasus e-KTP? AS kemungkinan pangkas anggaran bantuan luar negeri

- Siapa kader PKS yang terlibat dalam kasus e-KTP? Polisi ringkus penyebar kicau palsu Kapolri dan foto Jokowi

- Siapa kader PKS yang terlibat dalam kasus e-KTP? Tiga pilihan SBY dan Demokrat di Pilkada DKI putaran kedua