alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bcf4545a516332238b4570/as-kemungkinan-pangkas-anggaran-bantuan-luar-negeri
AS kemungkinan pangkas anggaran bantuan luar negeri
AS kemungkinan pangkas anggaran bantuan luar negeri
Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, justru menyatakan pentingnya penambahan besaran bantuan luar negeri AS.
Pemerintah Amerika Serikat berencana akan memangkas anggaran bantuan luar negeri. Ruang bujet yang dimungkinkan dari langkah dimaksud akan dialokasikan ke sektor militer.

Laman Reuters mewartakan bahwa kejelasan mengenai agenda tersebut disampaikan oleh direktur urusan anggaran Gedung Putih, Mick Mulvaney.

"Kami akan mengajukan pemangkasan (anggaran) bantuan luar negeri, dan kami akan mengajukan belanja atas (anggaran yang dipangkas itu) di dalam negeri," ujarnya.

Menurut Mick Mulvaney, pemotongan itu akan memungkinkan pemerintah untuk mengajukan peningkatan anggaran militer sebesar USD54 miliar.

"Pesannya jelas: semakin sedikit uang yang digelontorkan ke luar negeri, kian banyak dana yang dibelanjakan di dalam negeri," kata Mulvaney.

Pada awal pekan lalu, pemerintahan yang dipimpin Presiden Donald Trump mengemukakan usul pengguntingan anggaran sebesar 37 persen bagi Departemen Luar Negeri AS dan Badan Bantuan Pembangunan Internasional AS (USAID).

Kedua lembaga itu secara kolektif menerima sekitar USD50 miliar untuk tahun fiskal 2017. Dibandingkan dengan belanja untuk Departemen Pertahanan AS yang mencapai USD600 miliar per tahun, angka itu jelas kecil.

Politico menulis bahwa dengan menjadikan Departemen Luar Negeri dan USAID sebagai sasaran pemangkasan anggaran, Trump memandang kekuatan militer--bukan diplomasi dan bantuan luar negeri--sebagai cara utama menegaskan pengaruh AS di mancanegara.

Sebagai gambaran, USAID dalam situsnya menyertakan data mengenai berapa banyak bantuan yang dikucurkan ke sejumlah negara, salah satunya Indonesia, pada tahun fiskal 2016.

Dari berbagai lembaga, Indonesia menerima USD162,6 juta yang penyalurannya diprioritaskan pada kebijakan/program kependudukan dan kesehatan reproduksi, pendidikan dasar, dan perlindungan lingkungan secara umum--untuk menyebut tiga bidang teratas.

Kemudian, pada yang pertama disebut, alokasi terbesar terarah kepada kebijakan/program kependudukan dan kesehatan reproduksi (USD27 juta), kesehatan dasar (USD16 juta), serta suplai air dan sanitasi (USD7,6 juta).

Saat rencana pemangkasan anggaran bantuan meruap minggu lalu, lebih dari 120 purnawirawan Jenderal mendesak Kongres AS untuk mendanai diplomasi dan bantuan asing secara penuh.

Dalam surat protes yang dilayangkan kepada para pemimpin Kongres, para pensiunan itu menulis bahwa "peningkatan serta penguatan diplomasi dan pembangunan, di samping (urusan) pertahanan, penting untuk tetap membuat Amerika aman".

Menurut mereka, banyak solusi dari pelbagai krisis yang dihadapi Amerika tak cuma bersandar kepada cara-cara militer.

Mantan Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, justru meyakini bahwa pemerintahan AS butuh menambah bantuan sebesar USD34 miliar. Dalam hematnya, besaran itu diperlukan untuk memastikan pendidikan bagi anak-anak yang berisiko mengalami cuci otak oleh golongan fundamentalis Islam.

"Ada sekitar satu setengah miliar anak-anak di dunia yang berusia kurang dari 15 tahun. Lebih dari 400 juta di antaranya tidak akan bersekolah, dan itu adalah masalah bagi kita semua," ujarnya dilansir VOA Indonesia.

Jika sesuai dengan keterangan Mulvaney, pemerintahan Trump akan merilis proposal anggaran itu pada 16 Maret.
AS kemungkinan pangkas anggaran bantuan luar negeri


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...an-luar-negeri

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- AS kemungkinan pangkas anggaran bantuan luar negeri Polisi ringkus penyebar kicau palsu Kapolri dan foto Jokowi

- AS kemungkinan pangkas anggaran bantuan luar negeri Tiga pilihan SBY dan Demokrat di Pilkada DKI putaran kedua

- AS kemungkinan pangkas anggaran bantuan luar negeri Surat Sudirman kepada Freeport yang jadi masalah

Merampingkan...


Saatnya menencangkan sabuj
ijin nyimak gan emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Cool emoticon-Cool