alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bcd6aeddd770cd188b457b/menteri-agama-dan-tokoh-nu-kecam-aksi-puluhan-massa-gp-ansor
Menteri Agama dan Tokoh NU Kecam Aksi Puluhan Massa GP Ansor


JAKARTA, datariau.com – Puluhan anggota GP Ansor tanpa alasan yang jelas tiba-tiba meminta pengajian tabligh akbar di sebuah masjid di Sidoarjo, Jawa Timur dibubarkan. Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) adalah sebuah organisasi kemasyaratan pemuda di Indonesia yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama (NU).

Atas kejadian ini, jutaan umat Islam di Indonesia bertanya-tanya, mengapa GP Ansor binaan NU membubarkan kajian agama Islam, sementara selama ini GP Ansor diketahui memiliki tradisi menjaga gereja saat perayaan Natal.

Namun pada Sabtu kemarin, (4/3/2017), kajian yang diisi ustaz Khalid Basalamah dihadiri ribuan jamaah dihentikan secara paksa oleh GP Ansor dengan cara berteriak-teriak di luar masjid membuat kaget para jamaah yang tengah serius mendengarkan materi yang disampaikan Ustadz Khalid Basalamah.

Karena tidak ingin ribut-ribut, Ustadz Khalid akhirnya memutuskan untuk menutup kajian meskipun ribuan jamaah kecewa. Ustadz Khalid juga senantiasa mengimbau jamaah untuk tetap tenang tidak terpancing dengan aksi puluhan orang yang menamakan diri dari GP Ansor itu.

Kajian tabligh akbar ini dilaksanakan di Masjid Shalahuddin, perumahan Puri Surya Jaya, Gedangan, Sidoarjo bertema "Manajemen Rumah Tangga". Saat Khalid tengah menyampaikan kajian soal rumah tangga Rasulullah, puluhan pemuda GP Ansor datang.

Dalam berbagai video yang ramai dibagikan dari Youtube, mereka yang datang dengan penampilan berbaju loreng-loreng ini berteriak-teriak, menyanyikan yel-yel dan menyenandungkan shalawat di depan masjid.

Padahal kondisinya, masjid penuh dan sebagian jamaah lainnya yang tidak dapat tempat di dalam masjid, duduk di luar masjid dengan alas seadanya dan ada juga sebagian yang berdiri, untuk mengikuti kajian tabligh akbar tersebut.

Aparat kemanan yang berjaga langsung sigap mengamankan situasi, pasalnya banyak jemaah tabligh akbar yang berada di luar, termasuk wanita dan anak-anak.

Menurut Kasatreskrim Polres Gresik, AKP Heru Dwi Purnomo, insiden ini terjadi pada Sabtu lalu sekitar pukul 08.45 pagi. Sekitar 60 anggota Banser dan GP Ansor Gedangan yang datang menolak pengajian tersebut dengan alasan ceramah yang disampaikan Khalid sering bernada provokatif dan menimbulkan kebencian.

"Isi ceramahnya tidak sesuai dengan tradisi, adat istiadat atau budaya di negara kita," ujar Purnomo dalam pernyataannya, dikutip kumparan.com.

Akibat kegaduhan di luar, dan sempat terjadi aksi saling dorong antara polisi dan anggota Banser yang mencoba masuk halaman masjid, Khalid Basalamah memutuskan untuk menghentikan pengajiannya yang baru berlangsung sekitar 25 menit.

"Kita berhenti dulu sampai di sini. Kondisinya ada beberapa saudara kita Muslim yang tidak setuju dengan pengajian ini," kata ustaz kelahiran tahun 1975 ini.

Usai menyampaikan kalimat itu, jemaah ricuh. Khalid menenangkan mereka. "Ini bukan harus ribut-ributan, saya tidak minta itu," ujar Khalid.

Khalid diamankan menggunakan mobil Polres menuju Polda Jatim untuk menghindari gesekan. Keluar dari masjid, jemaah membentuk barikade untuk melindungi Khalid Basalamah dari tangan-tangan massa GP Ansor.

Ceramah kemudian dilanjutkan oleh ustaz lain dengan bahasan yang sama.

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Anwar Nazir mengimbau masyarakat untuk menjaga ketertiban.

"Umat Islam memiliki tujuan yang sama namun dengan jalan masing-masing, marilah kita menjaga ketertiban," kata Anwar.

Khalid Basalamah merupakan ustadz yang sudah dikenal luas, isi ceramahnya tidak pernah lari dari Al Quran dan Sunnah dari hadits-hadits shahih, namun aneh beberapa orang justru kepanasan dengan isi ceramah beliau.

Ustadz lahir di Makasar 41 tahun yang lalu. Dia menempuh studi S1 di Universitas Islam Madinah Arab Saudi, S2 di Universitas Muslim Indonesia Makassar dan S3 di Universitas Tun Abdul Razzak, Malaysia.

Khalid Basalamah juga memiliki beberapa usaha, salah satunya adalah restoran Timur Tengah. Dia populer selain karena kerap mengisi pengajian di seluruh Indonesia, juga karena memiliki ratusan judul video ceramah di Youtube, yang inti kajiannya adalah memurnikan aqidah, yaitu tauhid.

Atas peristiwa ini, halaman media sosial ramai memperbincangkan GP Ansor yang membubarkan pengajian Islam. Pengguna media sosial tampak sangat mengecam aksi ini.

Tokoh NU Mahfud MD di akun Twitter mengatakan NU harus menjernihkan persoalan ini.

"Saya kira perlu dijernihkan oleh NU atau GP Ansor. Jangan-jangan disusupi pemecah belah. Mengapa membubarkan pengajian tentang akhlaq berkeluarga?," kata Mahfud.

Mahfud juga menegaskan bahwa yang boleh membubarkan acara keagamaan adalah kepolisian.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga ikut berkomentar soal ini. Dalam kicauan di Twitternya, dia menulis: "Mari hindari cara main hakim sendiri dalam mencegah ceramah keagamaan yang tak kita kehendaki. Dialogkanlah dengan hati."

Sementara di kubu GP Ansor, Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menanggapi komentar Menag Lukman yang intinya kata mereka, sudah melakukan dialog.
https://mediariau.com/menteri-agama-...alid-basalamah

MAAF KARENA DARI SUMBER BERITA JUDULNYA KEPANJANGAN MAKA DIPOTONG (karena aturan kaskus cuma 85 huruf untuk judul berita) PEMOTONGAN JUDUL TANPA MENGURANGI ISI BERITA
Lagian asal main bubarin aja


Quote:Original Posted By SiPenembakJitu
Lagian asal main bubarin aja

Iya jadi ormas ya ormas ya bener, jangan jadi ormas yang ke fpi fpi-an.. hahaha
yah memang mungkin radikal, tapi ya jangan tiru fpi.. laporin saja...
Quote:Original Posted By anjaiii



Iya jadi ormas ya ormas ya bener, jangan jadi ormas yang ke fpi fpi-an.. hahaha

Menteri Agama dan Tokoh NU Kecam Aksi Puluhan Massa GP Ansor
ada apa ya hehehehehe.....
Mending rekam, klo terbukti laporin..
emoticon-Cool
Jaman udah canggir pintar-pintar dikit.. g bisa bnyk sdikit aja pintarnya.
Miris sekali GP Ansor menjelma jadi seperti kelompok yg selama ini disalahkannya.
mana yang suka teriak2 fpi?
standar janda asu emoticon-fuck
Gak ikutan ah. Bingung mau koment apa emoticon-Hansip
ustad ini emg ane gk usa.. liat aja diyoutube isi2 ceramahnya profokatif dan merasa paling bener.. sebelas duabelas dah ama sipisang
Padahal Menag sama pak Mahfud itu dikenal NU lumayan kentel, mestinya malu GP Ansor disindir begitu...

Perbaiki caramu menentang orang yang beda pendapat. Coba didebat atau sama-sama bikin pengajian. Tunjukkan bahwa meskipun teguh pendirian, caramu tetap santun tanpa kekasaran, tanpa teriakan. Nanti juga bakalan pada simpati sama yang lebih berakhlak baik...
Selamat sama mentri agama, mui, muhamadiyah, sebagian nu yg berhasil membodohi masyarakat islam agar semakin fanatik dan hoblok sampe seperti ini

Menteri Agama dan Tokoh NU Kecam Aksi Puluhan Massa GP Ansor
Gpp kebencian goblok asal masuk sorga
Quote:Original Posted By NfLNfLNfL
ustad ini emg ane gk usa.. liat aja diyoutube isi2 ceramahnya profokatif dan merasa paling bener.. sebelas duabelas dah ama sipisang


Bukan pendapatnya yang dikritik menag dan mahfud, tapi caranya itu lho...

Kalau memang pendapat khalid dianggap salah dan provokatif, ya dibantah saja. Bisa di pengajiannya kalo dia ngebolehin tanya jawab, bisa bikin pengajian tandingan yang ngejelasin kesalahan dia.

Menjaga umat dari paham yang salah mestinya dengan cara yang baik dan benar juga. Kalau kasar begini kan bisa bikin takut masyarakat, malah bisa ditinggal betulan NU kita ini...
A en je a ye...Anjayyyy

emoticon-Kaskus Radio:
Quote:Original Posted By NfLNfLNfL
ustad ini emg ane gk usa.. liat aja diyoutube isi2 ceramahnya profokatif dan merasa paling bener.. sebelas duabelas dah ama sipisang


Emang isi ceramahnya apa

Jangan Sampai Sekedar Fitnah!!! Dari 600 Ceramah di Youtube, Ustad Khalid Basalamah Minta Ditunjukkan Kalau Salah Dan Pernah Menuduh Kafir... GP Ansor Sidoarjo Harus Bertanggung Jawab


Publik terutama umat Islam tersentak ada pengajian kok malah dilarang dan dibubarkan paksa oleh sekelompok massa yang selama ini biasa jaga gereja kalau Natalan dengan dalih menjaga toleransi. Tapi kok sesama muslim malah gak toleran?

Kejadian pembubaran pengajian ini menimpa Ustadz Khalid Basalamah di Sidoarjo, Sabtu (4/3/2017) kemarin. Ini bukan kejadian pertama kali menimpa Ustadz Khalid Basalamah yang dituduh "Wahabi" dan isi ceramahnya "menebar kebencian".

Menanggapi berbagai penolakan ini, Ustadz Khalid Basalamah menyatakan ia terbuka terhadap koreksi jika ada sesuatu yang disampaikannya memang salah.

"Saya warga negara Indonesia, saya bukan PKI, yang disampain jelas... Hampir 600 judul ceramah Alhamdulillah semua diupload (di Youtube) bisa dilihat, cari satu-per satu, kalau ada yang salah berikan masukan kepada saya," kata Ustadz Khalid Basalamah, seperti dilansir RisalahTv, Sabtu (4/3/2017).

Ia siap meminta maaf jika terbukti salah. Tapi koreksi harus dilakukan secara jelas dan sesuai rujukan kitab.

"Saya perbaiki itu, saya minta maaf kalau saya salah.. Seorang mukmin (harus) jelas hidupnya, nggak ada neko-neko (macam-macam). Benar (maka katakan) benar, salah (ya) salah, selesai.. Gitu kan," katanya.

Ustadz Khalid Basalamah mengatakan, semua lokasi tempatnya mengisi kajian sudah diumumkan di medianya, terutama yang di Jakarta. Terbuka bagi yang mau mendatangi.

Ia juga menunjukkan kitab rujukan yang dibahas di kajiannya.

"Apanya itu dibilang memecahkan umat, takfiri lah, kapan pernah saya kafirkan orang (Muslim)?" tegasnya.

Ustadz Khalid Basalamah kemudian menyampaikan, seseorang yang diserang fitnah (tuduhan bohong), caci-maki dan hal buruk lainnya agar dibalas dengan senyum, karena menurut syariat orang yang difitnah akan menerima "transfer pahala".

http://www.suaranews.co/2017/03/jangan-sampai-sekedar-fitnah-dari-600.html?m=1
Kebanyakan umat itu, kalau berpendapat atau bersikap karena atas dasar ucapan kyai atau ustadznya... Padahal seharusnya ya bersikap dengan alasan ada dalilnya, bukan dg alasan "kata ustadz/atau kyai seperti itu"
Akhirnya kan mudah disetir toh...
Cara yg aneh..... Mentang mentang atau sok...
Kali ini saya sangat heran cara gp ansor ...
Dilua biasanya
udah mulai menunjukkan taringnya buat menyaingi FPI nih... BUBARKAN
Bukan FPI ahhh ga seruu, diem aja ahh emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By samber...gledek
Selamat sama mentri agama, mui, muhamadiyah, sebagian nu yg berhasil membodohi masyarakat islam agar semakin fanatik dan hoblok sampe seperti ini

Menteri Agama dan Tokoh NU Kecam Aksi Puluhan Massa GP Ansor
Gpp kebencian goblok asal masuk sorga

Jangan terguncang ah.. mereka memilih dilindungi haknya oleh konstitusi kok ha ha ha