alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bcd412ded770e0398b456a/rencana-reaktivasi-jalur-kereta-api-purwokerto--wonosobo-berlanjut
Rencana Reaktivasi Jalur Kereta Api Purwokerto – Wonosobo Berlanjut
Quote:Rencana Reaktivasi Jalur Kereta Api Purwokerto – Wonosobo Berlanjut

Pemkab Banyumas telah mengirimkan rekomendasi kepada pemerintah pusat terkait kelanjutan rencana reaktivasi rel kereta api dari Purwokerto ke Wonosobo. Dengan dikirimnya rekomendasi tersebut, rencana reaktivasi masih terus berlanjut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Kabupaten Banyumas, Eko Prijanto mengatakan, rekomendasi yang dikirimkan bupati, terutama terkait dengan trase rel untuk reaktivasi jalur rel Purwokerto – Wonosobo.

Menurutnya, sesuai rekomendasi tersebut, trase rel yang ada di Purwokerto akan menggunakan trase baru. “Trasenya yang lewat daerah selatan yaitu sekitar Patikraja – Pegalongan – Sokaraja,” katanya, kemarin.

Dalam rekomendasi yang dikirimkan, memang diusulkan menggunakan trase baru. Karena untuk trase lama di wilayah Purwokerto tidak dapat digunakan, sebab berada di Jalan Jenderal Soedirman.

“Di Banyumas nanti akan menggunakan trase lama dan trase baru. Trase baru hanya diplot di wilayah Purwokerto, sedangkan yang lain masih menggunakan trase lama,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pemerintah pusat sebelumnya sudah merencanakan trase melalui wilayah tersebut. Namun pemerintah pusat masih menunggu rekomendasi dari Pemkab Banyumas terkait rencana trase tersebut.

Sebab menurutnya, kendati pemerintah pusat sudah memiliki rencana namun semisal pemerintah daerah belum menanggapi, maka akan berpengaruh terhadap kelanjutan rencana tersebut.

“Rekomendasi sudah kita kirimkan beberapa waktu lalu, pusat (Kementerian Perhubungan) memang meminta itu,” tambah Kasubid Permukiman Wilayah Badan Perencaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Kabupaten Banyumas Anwar Burhani.

Usulan tentang reaktivasi jalur rel Purwokerto – Wonosobo sudah diwacanakan sejak 2015 lalu. Latar belakang dibukanya kembali jalur tersebut, yaitu untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi daerah.

Di sisi lain, hal itu juga diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya yang semakin hari semakin meningkat di jalur Purwokerto – Wonosobo.

Pada koridor Purwokerto- Wonosobo ini, dahulu pernah terhubung dengan jaringan rel KA. Jalur kereta api sepanjang 94 kilometer tersebut dihentikan pengoperasiannya pada dekade 90-an karena saat itu dipandang kurang efektif. (why)


Sumber

Kalau ini lancar bakal ada pembenahan di Stasiun Wonosobo yang saat ini sedang menganggur dong, kalau Stasiun Purwokerto Timur bagaimana ya?
Mantab emoticon-Big Grin
Di Jepang, bahkan trase kereta jaman dulu pun masih terus dioperasikan...terutama didaerah pedesaan.
Quote:Original Posted By everesthome
Di Jepang, bahkan trase kereta jaman dulu pun masih terus dioperasikan...terutama didaerah pedesaan.


itu kan kalau di Jepang gan, yang benar-benar memperhatikan transportasi massalnya, bukan di sini emoticon-Ngacir
lewat purbalingga gak ya?
Quote:Original Posted By everesthome
Di Jepang, bahkan trase kereta jaman dulu pun masih terus dioperasikan...terutama didaerah pedesaan.


Quote:Original Posted By japek


itu kan kalau di Jepang gan, yang benar-benar memperhatikan transportasi massalnya, bukan di sini emoticon-Ngacir


Jepang mah dari jaman restorasi Meji jg udah pake kereta ngikutin Ame Riki eh Ame Rika dan Inggris yg tulang punggung transportasinya kereta.

Karena itu China ngejar dgn bangun kereta banyak pake industri sendiri.
Quote:Original Posted By dazmo
lewat purbalingga gak ya?


rencananya sih gitu gan

Quote:Original Posted By awanmendung


Jepang mah dari jaman restorasi Meji jg udah pake kereta ngikutin Ame Riki eh Ame Rika dan Inggris yg tulang punggung transportasinya kereta.

Karena itu China ngejar dgn bangun kereta banyak pake industri sendiri.


tapi saat ini di USA KA penumpang turun pamor gan, yang masih sangat berjaya adalah KA barang....
Quote:Original Posted By japek
tapi saat ini di USA KA penumpang turun pamor gan, yang masih sangat berjaya adalah KA barang....


itu bagi2 antara kartel transportasinya emoticon-Stick Out Tongue. warga suruh beli mobil ama naik pesawat.

KA spesialis barang aja, tapi jadinya barang2 dan makanan di US kan jadi murah.

logistiknya udah bener kok di sono, wong pagi2 nangkep ikan dan kerang di west coast. Siangnya bisa disajikan di east coast emoticon-Big Grin

baguslah, lanjutkan pak
Quote:Original Posted By Rasuna


itu bagi2 antara kartel transportasinya emoticon-Stick Out Tongue. warga suruh beli mobil ama naik pesawat.

KA spesialis barang aja, tapi jadinya barang2 dan makanan di US kan jadi murah.

logistiknya udah bener kok di sono, wong pagi2 nangkep ikan dan kerang di west coast. Siangnya bisa disajikan di east coast emoticon-Big Grin



Kalau disana sih gak usah ditanya gan, di sentra-sentra pertanian USA sampai ada jalur KA khusus yang masuk ke kawasan tersebut, jadi sekali angkut kapasitasnya luar biasa gede, diangkut langsung ke pusat pengolahan

Rencana Reaktivasi Jalur Kereta Api Purwokerto – Wonosobo Berlanjut
Pake trase lama dan baru ya gan? Kalo pake rel lama digunakan apa ga membahayakan? Apa masih kuat dilalui kereta?
wah kalo dah jadi pemandangannya yahud itu...emoticon-Matabelo

tapi bakal jadi kereta barang doank nda ya
Quote:Original Posted By whitepoint
Pake trase lama dan baru ya gan? Kalo pake rel lama digunakan apa ga membahayakan? Apa masih kuat dilalui kereta?


kombinasi trase lama dan baru, tapi yang jelas kalau terwujud maka rel dan bantalan ya harus diganti baru, lok CC sekarang kan berat-berat

Quote:Original Posted By black_
wah kalo dah jadi pemandangannya yahud itu...emoticon-Matabelo

tapi bakal jadi kereta barang doank nda ya


ya dilihat saja nanti kalau beneran terealisasi, ane juga bingung komoditas di sana apa sih?
kereta dulu dimatiin, biar truk dan terminal peti kemas jalan
truk biar pada beli solar, dengan begitu solar yang dikonsumsi makin banyak
solarnya disubsidi
dengan alasan pemenuhan solar dalam negri, kuantitasnya digembungin, sebagian ditilep oknum dijual dengan harga pasar
makanya sekarang pada paham kan, kenapa pemerintah sekarang mencabut subsidi BBM??
sayangnya, para mafia minyak komporin politikus sama otak kopong menuduh pemerintah ngga pro rakyat

sekarang juga jalur kereta mau masuk terminal peti kemas juga banyak yang ngerusuh khan??
begitu kereta masuk terminal peti kemas, pada gulung tikar tuuh mafia armada truk
Rel dan bantalan lama setelah ga di pakai digunakan untuk apa gan? Perbedaan rel lama dan baru dari segi efisiensi dan harga lebih bagus mana gan?
Quote:Original Posted By japek


kombinasi trase lama dan baru, tapi yang jelas kalau terwujud maka rel dan bantalan ya harus diganti baru, lok CC sekarang kan berat-berat



ya dilihat saja nanti kalau beneran terealisasi, ane juga bingung komoditas di sana apa sih?

Lebaran besok ada promo eksekutif gag subes emoticon-Malu
Nubi mau ajak buntut naik kajj emoticon-Malu
Dari kemaren naik burung terus emoticon-Malu

Quote:Original Posted By ngombendangak
kereta dulu dimatiin, biar truk dan terminal peti kemas jalan
truk biar pada beli solar, dengan begitu solar yang dikonsumsi makin banyak
solarnya disubsidi
dengan alasan pemenuhan solar dalam negri, kuantitasnya digembungin, sebagian ditilep oknum dijual dengan harga pasar
makanya sekarang pada paham kan, kenapa pemerintah sekarang mencabut subsidi BBM??
sayangnya, para mafia minyak komporin politikus sama otak kopong menuduh pemerintah ngga pro rakyat

sekarang juga jalur kereta mau masuk terminal peti kemas juga banyak yang ngerusuh khan??
begitu kereta masuk terminal peti kemas, pada gulung tikar tuuh mafia armada truk


kebijakan ala orba yang membunuh KA masih berefek sampai kini gan, repot memang

Quote:Original Posted By whitepoint
Rel dan bantalan lama setelah ga di pakai digunakan untuk apa gan? Perbedaan rel lama dan baru dari segi efisiensi dan harga lebih bagus mana gan?


rel dan bantalan lama paling juga dilelang gan, rel lama biasanya jenis R33 (per meternya 33 kg), yang terlalu riskan untuk dilewati lok-lok diesel yang berat, lagipula trase baru bakal memiliki tekanan gandar yang besar plus penggunaan R54 ( per meternya 54 kg)

Quote:Original Posted By nanis69

Lebaran besok ada promo eksekutif gag subes emoticon-Malu
Nubi mau ajak buntut naik kajj emoticon-Malu
Dari kemaren naik burung terus emoticon-Malu



kelihatannya sih kecil kemungkinannya gan kalau lebaran
asik... ada jalur kereta baru emoticon-Ultah
Trims gan suda berbagi ilmu. Baru tau kalo berat rel lama dan baru itu berbeda separuhnya. Apa g bsa di daur ulang rel lama daripada di lelang? Oh ya gan kalo pembuatan rel itu dikerjakan pihak swasta apa bumn?
ntar lewat jalur rel lama sepanjang jalan raya banjarnegara-banyumas gak? udah jadi ruko semua itu relnya.ha.ha.