alexa-tracking

Heboh, Gorong-gorong Jakarta Berisi Kulit Kabel Lagi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bccf1a54c07a07248b4568/heboh-gorong-gorong-jakarta-berisi-kulit-kabel-lagi
Heboh, Gorong-gorong Jakarta Berisi Kulit Kabel Lagi
 Heboh, Gorong-gorong Jakarta Berisi Kulit Kabel Lagi

JAKARTA, KOMPAS.com - Temuan kulit kabel di gorong-gorong Jalan Gatot Subroto, Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, kembali membawa ingatan pada kasus serupa yang pernah terjadi di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Jumat (3/3/2017) lalu, para petugas Penangan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI yang sedang menyusuri gorong-gorong di Jalan Gatot Subroto menemukan kulit kabel di gorong-gorong jalan tersebut. Penyusuran dilakukan karena ada kecurigaan petugas terkait keanehan sebab banjir di Jalan Gatot Subroto.

Hari Rabu lalu hujan yang turun membuat banjir di Jalan Gatot Subroto atau tepatnya depan Wisma Mulia. Genangan saat itu mencapai sebetis orang dewasa atau sekitar 20-25 sentimeter padahal jalan tersebut kalau hujan nyaris tidak bakal banjir. Kalau tergenang pun, paling hanya semata kaki atau sekitar 10 sentimeter.

Kejanggalan itu membuat petugas menyusuri gorong-gorong.

Kulit kabel pertama kali ditemukan hari Jumat itu.

"Ini berawal dari kecurigaan kami saat banjir, biasanya kalau hujan enggak sampai sebetis, tapi kemarin sampai sebetis. Akhirnya kami telurusi, ternyata ditemukan kabel," kata Kasie Ekonomi Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kelurahan Kuningan Barat, Imam Santoso Wahyudi, Minggu.

Selain kabel, sejumlah material juga ditemukan dalam penelusuran lanjutan itu, seperti kawat, trafficon, paving block, gelondongan kayu, pipa, plastik, sepatu, ember, dan sampah lainnya.

Untuk menemukan semua sampah di gorong-gorong itu petugas Dinas SDA dan PPSU berbagi tugas menyusuri gorong-gorong depan Wisma Mulia. Rencananya penyusuran akan dilakukan sampai depan Gedung BPKM.

Dengan bermodal linggis, sepatu boot, dan tangan kosong petugas PPSU dan pasukan biru masuk ke gorong-gorong. Sampah kulit kabel yang ditemukan langsung diangkat keluar.

Temuan hari Minggu kemarin tidak sebanyak hari pertama.

Siapa pemilik kulit kabel tersebut sejauh ini masih misteri. Imam tak mau menduga-duga. Namun, mendekati akhir tahun kemarin ada pengerjaan kabel dari PLN.

"Mendekati akhir tahun 2016, ada pengerjaan kabel untuk peningkatan tegangan dari PLN," ujar Imam.

Manager Senior Public Relation PLN Agung Murdifi saat dihubungi Kompas.com, Minggu, enggan memberikan komentarnya mengenai temuan kabel di gorong-gorong jalan tersebut.

Baca: Begini Penampakan Kulit Kabel yang Ditemukan di Jalan Gatot Subroto

Hambat Aliran Air

Lurah Kuningan Barat Erwin Lobo mengatakan, kulit kabel yang ditemukan di gorong-gorong Jalan Gatot Subroto punya beragam ukuran. Sampah kabel itu, kata dia, sangat menghambat aliran air di dalam gorong-gorong. Praktis kulit kabel itu membuat aliran air jadi tidak lancar.

Erwin menilai, kulit kabel itu sengaja ditinggalkan.

"Aturan (kulit kabel) dibawa pulang ke kantor masing-masing. Itu yang ternyata menghambat aliran air," ujar Erwin, kemarin.

Erwin juga menemukan masalah pada utilitas yang di tanam di gorong-gorong tersebut. Dia melihat ada kabel yang ditanam di dalam gorong-gorong itu yang tidak sesuai ketentuan. Misalnya ada kabel PLN yang menurut dia seharusnya ditanam di kedalaman 2,5 meter tetapi pada kenyataannya kedalamannya kurang dari itu. Padahal, pemasangan utilitas kabel sudah di atur dalam Peraturan Gubernur Nomor 195 Tahun 2010 Tentang Penempatan Utilitas.

Erwin belum dapat memastikan kapan penelusuran kabel di gorong-gorong itu selesai. Namun, dia menyebut rencana penyusuran akan dilangsungkan sampai di depan Gedung BKPM.

Temuan kulit kabel di Jalan Gatot Subroto memang tak sebanyak temuan di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, pada 24 Februari 2016. Total temuan kulit kabel di Medan Merdeka Selatan kurang lebih 26 truk.

Temuan kulit kabel di Medan Merdeka Selatan itu kemudian dilaporkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ke polisi. Ahok bahkan menduga adanya unsur sabotase di balik temuan kulit kabel tersebut.

Polisi turun tangan. Perusahaan-perusahaan yang menempatkan kabel di gorong-gorong seperti Telkom dan PLN juga menurunkan pejabatnya untuk ikut mengecek ke lokasi. Polisi kemudian mengambil sampel kabel dan membandingan dengan yang dimiliki kedua perusahaan negara tersebut.

Kapolda Metro Jaya, yang saat itu dijabat Tito Karnavian,mengatakan, pihaknya telah memeriksa barang bukti yang ditemukan di lapangan dan membandingkan kabel-kabel tersebut.

"Kami bandingkan, gulungan bungkus itu mirip dengan gulungan kabel milik PLN, dan bukan Telkom," ujar Tito saat itu.

Baca: Panggil PLN dan Telkom, Polda Metro Akan Ungkap Pemilik Kulit Kabel



Penulis: Robertus Belarminus
Editor: Egidius Patnistik
TAG:
gorong-gorong kulit kabel
Friends Added

http://megapolitan.kompas.com/read/2017/03/06/09170611/heboh.gorong-gorong.jakarta.berisi.kulit.kabel.lagi#


Kerjaan siape nih emoticon-Big Grin


yg buang kulit kabel didoain aja jd kerak kabel.
pake isu agama kagak mempan sih
malah gerombolan cosplay ulama yg kena serangan balik
yaudah pake cara lama
dasar......
kabel lupa kulitnya..........
loh............
kenapa harus kulit kabel?? kenapa ga kulit kulup aje??
Quote:


Kulit fisang gan  Heboh, Gorong-gorong Jakarta Berisi Kulit Kabel Lagi
pln kek nya negh
Gila sih kalo beneran sabotase. Ngorbanin warga demi kepentingan segelintir orang bayar emoticon-Takut (S)
Quote:


Kulit kulup klo ada cewek lewat diatas gorong2 ntar jalanannya ngegelembung gan emoticon-Big Grin

Quote:


Kerjaan PLN yg ga bener mbah mon emoticon-Big Grin
kerjaan sapa seh nih gile aja tuh kabel kan gede moso dibuang gitu aja di solokan emoticon-Mad
hayo ngaku kerjaan siapa enih emoticon-Mad
tersankanya pasti isi kabel...knp dia ninggalin kulitnya...
Kayanya sih bukan sengaja buat nyumbat selokan. Tapi abis isinya diambil biar ga ribet buang ya tinggalin aja. Jual dah isisnya. Lemayan kan dapat duit jual tembaga dan ga perlu keluar duit sewa mobil buang kulitnya
Biar nama Pemprov jelek ngorbanin Masyarakat emoticon-Bata (S)
fix PLN antek nasbung. berani2nya sabotase emoticon-Mad (S)
maling kabelnya keren emoticon-Big Grin

nyolong begitu banyak tapii gak ada yang merasa kehilangan emoticon-Big Grin

jangan jangan..emoticon-Embarrassment
Quote:


kulit kabel juga bisa dijual lumayan harganya.
keterlaluan emang, kalo memang ntu kerjaan kontraktor yg masang kabel, harus digantung aja ntu kontraktor ama pekerjanya pake kabel tsb di monas!!!

gantung ampe mokad!!!
emoticon-Traveller
masukin sendiri heboh sendiri biar ada bahan emoticon-Big Grin
Oknum pln kerjaannya tuh..