alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bcc6c4d9d77095418b4567/all-about-rangka-atap-baja-ringan-silakan-bertanya-tanya-di-sini
All About Rangka Atap Baja Ringan... silakan bertanya-tanya di sini
Thread ini saya buat khusus mengenai Rangka Atap Baja Ringan... silakan bertanya-tanya di sini
Hal apapun yang berkaitan dengan rangka atap baja ringan boleh ditanyakan di sini.
Saya akan jawab semaksimal mungkin di lapak ini.

All About Rangka Atap Baja Ringan... silakan bertanya-tanya di sini
All About Rangka Atap Baja Ringan... silakan bertanya-tanya di sini
All About Rangka Atap Baja Ringan... silakan bertanya-tanya di sini
All About Rangka Atap Baja Ringan... silakan bertanya-tanya di sini

Rangka Atap Baja Ringan Pengganti Kuda kuda Kayu

Kuda-kuda dari baja ringan layak jadi pilihan pengganti kuda-kuda dari kayu. Meskipun memiliki kekurangan, baja ringan dianggap lebih murah, mudah dipasang, serta tahan rayap. Jamaknya, rumah di Indonesia menggunakan kayu sebagai kuda-kuda rumah. Namun, tahun 2000 kedudukan kayu mulai digeser oleh baja ringan. Tak hanya rumah, tapi juga kantor dan sekolah memilih mengganti kuda-kuda kayunya dengan baja.Kepopuleran rangka dari baja ini mulai terasa empat tahun kemudian. "Karena selain pemasangannya mudah, harganya pun terjangkau.

Banyak kelebihan yang dimiliki baja ringan. "Beratnya sekitar 9-10 kg/m2. Sementara kuda-kuda kayu beratnya kurang lebih 15-18 kg/m2. Harganya berkisar antara Rp 150-250 ribu/m2, tergantung model, ukuran, jenis atap, bentangan. Minimal sama dengan kualitas kayu kamper medan dan bengkirai."Baja ringan bersifat structural system, alias dijual dengan sistem terpasang. "Supaya aman, karena berhubungan dengan nyawa di atas kepala kita. Jadi, yang memasang pun harus tukang yang telah dilatih." Pemasangan oleh orang yang ahli ini bisa dimengerti, karena dibutuhkan kehati-hatian serta ketelitian tinggi untuk memasangnya. "Berbeda dengan kuda-kuda kayu, yang hampir semua tukang bisa memasang sendiri. Ya mungkin saja, beberapa tahun ke depan banyak orang bisa memasang baja ringan sendiri."

Sistem kerja baja ringan adalah kuda-kudanya menumpu di atas ring balok bagian atas. "Begitu masuk bagian tersebut akan membuka dan mengikat hingga hasilnya akan kuat. Proses penyambungan dilakukan dengan self driving screw, hingga proses fabrikasi menjadi cepat dan mudah tanpa perlu dilas atau dibor terlebih dahulu."

ALTERNATIF BARU PENGGANTI KUDA KUDA KAYU

Baja ringan sebagai alternatif baru material rangka atap akhir-akhir ini makin populer dan bahkan menjadi trend tersendiri, ditandai dengan banyaknya jumlah merk rangka atap baja ringan di Indonesia. Di satu sisi, jumlah merk yang banyak itu membuat konsumen bisa bebas memilih mana yang dianggap paling cocok dengan kebutuhan ataupun dana yang tersedia. Tetapi di sisi lain, banyaknya merk tersebut juga mengakibatkan terjadinya “perang harga” yang bisa merugikan konsumen. Mengapa? Karena sudah banyak penjual rangka atap baja ringan yang menurunkan standar kualitasnya agar harganya menjadi “miring”. Penurunan standar kualitas itu tentu saja sangat membahayakan. Sudah banyak berita mengenai robohnya rangka atap baja ringan di berbagai lokasi, bahkan beberapa di antaranya diberitakan di surat kabar. Salah satu penyebab munculnya “kualitas non-standar” itu adalah karena sampai saat ini di Indonesia belum ada peraturan (building codes) untuk struktur bangunan dengan baja ringan!! Kalau begitu, bagaimana sebaiknya memilih rangka atap baja ringan? Bagaimana kita tahu bahan yang digunakan benar-benar memenuhi syarat? Bagaimana seharusnya cara pemasangan yang benar? Kalau sampai roboh siapa yang bertanggung jawab? Dalam memilih rangka atap baja ringan yang berkualitas, perlu diperhatikan beberapa hal penting sebagai berikut :

Mutu Baja Karena ketebalan profil baja ringan sangat tipis (yang beredar di Indonesia berkisar 0,5 sampai 1 mm), bahan baja yang harus dipakai adalah baja mutu tinggi atau biasa disebut HI-TEN (High Tension Steel).

Lapisan di Indonesia yang umumnya dipakai adalah lapisan Z (Zinc) yang sering disebut Galvanis atau lapisan AZ (Alumunium dan Zinc). Masing-masing lapisan punya kelebihan maupun kekurangan sendiri. Banyak orang salah mengerti bahwa bahan Alumunium Zinc lebih baik daripada Zinc (Galvanis), padahal yang menentukan adalah ketebalan lapisan yang dipakai, bukan jenisnya.

Desain Stuktur Karena perilaku strukturnya yang berbeda, struktur rangka atap baja ringan tidak bisa dihitung menggunakan software analisis struktur untuk konstruksi baja tebal yang umum dipakai. Sistem Pengaku / Bracing dan Murplat (Top Plate) Rangka atap baja ringan dibuat dari baja tipis, meskipun telah dibuat menjadi bentuk profil yang kokoh, kekuatannya tinggi tetapi kekakuannya lemah (dibanding balok kayu misalnya). Dengan kekakuan yang lemah, struktur rangka atap baja ringan harus dilengkapi dengan batang pengaku / bracing yang cukup. Banyak kasus rangka atap baja ringan yang roboh akibat kurangnya batang pengaku/bracing ini.

Alat Sambung (Self Drilling Screw) dan Pemasangannya salah satu bagian terpenting dari struktur rangka atap baja ringan. Self Drilling Screw (SDS), atau sekrup dengan ujung penembus baja tanpa mur. Untuk baja tipis, SDS yang dipakai harus jenis khusus dengan alur yang kasar, dan adanya ruang di bawah kepala baut. Alur yang kasar akan membuat baja tipis tersusun di antara alur (bukan dirusak oleh alur), sehingga SDS mampu memikul beban yang besar di sambungan. Hal lain yang juga penting adalah bahwa pemasangan SDS harus memakai alat khusus berupa screw driver yang dilengkapi dengan kontrol torsi. Tanpa adanya kontrol torsi, SDS beresiko kehilangan fungsinya karena aus (overtighten), di mana keadaan ini amat berbahaya. Jadi dalam memilih rangka atap baja ringan yang akan kita pakai, pengalaman dan merk yang bisa dipercaya jauh lebih baik dan lebih penting dibanding dengan harga yang asal “murah”
Quote:Original Posted By capunk82
Ada referensi gak untuk atap baja ringan.. lagi pengen banget ganti atap dari asbes yang bolong2.. tapi budget terbatas.... jadi mau konsultasi dulu biar gk keblejok... emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Atap baja ringan hanya menyediakan rangkanya aja gan, kalau mau referensi pm ane aja kebetulan ane kerja sebagai estimator and design rangka atap baja ringan Smartruss… silakan bagi yang laen2 mau menanyakan hal tentang baja ringan, ane ahlinya gan…
Quote:Original Posted By yongkie_1991
gan kl bahan ini namanya apa?

bahannya mirip acrylic(warnanya bening,tapi kl gk salah juga ada yang putih susu),biasa dipake di langit2 rumah,jadi cahaya yang masuk dari genteng,bisa masuk ke sini juga gan,apa ya namanya?

apa emang itu acrylic?


Mungkin itu namanya polycarbonate? atau kaca?

Quote:Original Posted By annoldy
Agan2 sekalian ane mau tanya nih, mohon dibantu....

Kalau atap diwilayah yang padat penduduknya gimana ya???

Ane rencana mau ganti atap, tapi bingung karena dibelakang, samping kiri, kanan memepet banget sama tetangga...., bingung kalau hujan air di atap belakang rumah mau dibuang kemana?
Kalau didepan sih aman gan ada saluran got...

Ane nggak mau ngrepotin tetangga gan,kasian kalau dibuang kegenteng tetangga, bisa kualat and dosa gan emoticon-Mewek

makasih yaemoticon-I Love Indonesia


Kasih aja talang gan, biar air kaga terjun bebas ke tanah tetanggga tapi dialirkan ke pipa yang diteruskan ke saluran got ente gan... bisa sharing denahnya di sini ntara ane kasih desain nya untuk talangnya... rencana atapnya mau diganti apa gan?

Quote:Original Posted By voxsays
ada yg tau dari denah :

Spoiler for Tampak denah:


kebutuhan untuk atap nya kira2 habis berapa (include genteng) ?
pakai baja ringan yah..

untuk teras depannya ga usah dihitung, rencana nanti mo pake canopy aja..


Untuk model atapnya mau seperti apa dulu gan, mau buang kanan kiri atau depan belakang atau model bagaimana? noknya ada di mana? ntar ane bisa coba hitungin baja ringannya ama kebutuhan gentengnya gan..

Quote:Original Posted By ucly
Gan klo buat rumah seperti gambar berikut, bisa minta tolong di Itungin RAB untuk Atap-nya jika menggunakan baja ringan??

thanks Gan.

All About Rangka Atap Baja Ringan... silakan bertanya-tanya di sini


Kalau dari analisa sih ane coba asumsikan bentuk atap pelana yah dengan luasan (15.5 x 7)/cos 30 = jadi luasan sekitar 125.29 m2

itu ane anggap overstek 50 cm depan belakang yah... oversetek samping kanan kiri mentok dinding semua...

Perkiraan baja ringan membutuhkan biaya sekitar 175rb/m2 jadi biaya totalnya
125.29 x 175.000 = 21.925.750 + ppn 10% = 24 jutaan gan...

segitu belum termasuk genteng yah.. hanya rangka atap baja ringan saja..

Semoga bisa menjadi gambaran...

Quote:Original Posted By joshdech
wah ada ahli rangka baja nich ... mohon konsultasi ya Gan .... jadi gini gan saya ingin bertanya apakah mungkin dengan ranka atap baja ringan kita memanfaatkan ruang yang ada di bawah atap (sejenis loft) sebab saya perhatikan bila kita menggunakan baja ringan ... kelihatannya banyak sekali rangka rangka nya sehingga tidak dapat memanfaatkan ruang di bawah atap.

terima kasih ya gan .


Quote:Original Posted By kingsteel
Bisa saja gan, tinggal mengubah desain baja ringan menjadi bentuk cremona saja gan...


Yups... sudah terjawab oleh TSnya... benar sekali tuh, cremona biasanya dipakai apabila plafon yang kita inginkan mengikuti kemiringan atapnya, jadi ruang di bawah kuda2 bisa dipakai, misal sebagai gudang atau kamar mezanine...

Quote:Original Posted By adh3kurniawan


panjang rumahnya 13 m terus lebarnya 4 m gan..rencana atapnya seperti gambar terlampir cuma dijadiin satu sampe belakang gk dibagi 2 kaya digambar itu
All About Rangka Atap Baja Ringan... silakan bertanya-tanya di sini


gan ditunggu y jawabannya pertanyaan ane yg diatas..thanks
Dikasi link2 bacaan gan
biar orang2 yg awam kaya ane bisa paham
emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By adh3kurniawan
gan ditunggu y jawabannya pertanyaan ane yg diatas..thanks


All About Rangka Atap Baja Ringan... silakan bertanya-tanya di sini
All About Rangka Atap Baja Ringan... silakan bertanya-tanya di sini

Kita analisa dulu ya gan.
Bentangannya berarti 13 meter ya dan panjang atapnya 4 meter (sudah miring)
luas area (volume atap) = 52 m2
estimasi kasarnya sih dengan bentangan tersebut saya estimasikan menggunakan atap metal sheet sudut 5 derajat.
estimasi biaya tergantung dari fabrikator baja ringannya. Kalau untuk merk bagus (top brand baja ringan) kisaran 180rb/m2
tinggal dikalikan dengan luas area jadi (Rp 180.000 x 52 m2) + ppn 10% = Rp 10.296.000
Ini hanya estimasi kasar saja ya gan.

Kalau mau yang beneran bisa ditanyakan ke penjual rangka atap baja ringannya langsung
Semoga bisa menjadi gambaran. Thanks
Quote:Original Posted By candra0101
Dikasi link2 bacaan gan
biar orang2 yg awam kaya ane bisa paham
emoticon-Big Grin


Siap gan... di page pertama sudah ada gan bacaan nya. silakan dipelajari ya gan... thanks gan
Quote:Original Posted By adh3kurniawan
gan ditunggu y jawabannya pertanyaan ane yg diatas..thanks


Cek PM nya gan
Silakan bertanya-tanya ya gan...
emoticon-Sundul
Gan, nanya soal alderon. Alderon itu merk dagang atau jenis atap gan? Terus apakah bener itu lebih bagus klo dibandingin ama spandek, soalnya klo kata tukang dirumah ane itu sama aja, malah lebih mahal.
maap gan sebelumnya kalau break the rules thread ini emoticon-Peace

Gan ane dari mini cooper mau invite agan agan yang berminat dateng buat launching all new countryman di senayan city, tanggalnya nanti ane PM. kalau agan agan disini ada yg tertarik buat dateng bisa PM in ane aja gan, soalnya ini cm bisa dateng kalau ada undangannya. PMin ke ane nama, alamat, email sama nom hp kalau yang tertarik mau ikut gabung ramein launching all new countryman emoticon-Cendol (S)
Quote:Original Posted By hoshin
Gan, nanya soal alderon. Alderon itu merk dagang atau jenis atap gan? Terus apakah bener itu lebih bagus klo dibandingin ama spandek, soalnya klo kata tukang dirumah ane itu sama aja, malah lebih mahal.


Iseng coret2 aaah

Alderon merk dagang
Atap dengan material upvc.
Sedangkan spandek material dari galvanis.
Kelebihan dibandingkan dengan spandek bisa menghambat panas dan meredam suara, lebih tebal, diinjak kuat
Kekurangannya lebih mahal, lebih berat sedikit

Salam
Mohon pencerahan gan
Ane mau bangun gudang untuk pupuk
Rencana atapnya mau pakai baja ringan
Yg mau ane tanyakan apakah baja ringan ini tahan terhadap karat?
Karna yg ane khawatirkan baja ringan berkarat karna faktor uap dr pupuk

Terima kasih
Gan, ane kan mau pasang canopy untuk carport dengan luas Panjang 4 meter x Lebar 6 Meter, kira2 kaloq pakai rangka besi holow dan atapnya Alderon kira2 biayanya habis brp ya?kmrn sudah tanya-tanya ke tukang las penawarannya 600rb - 850rb, tergantung tukang lasnya

Thx gan atas infonya emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Ada Agan-2 yang jago mengoperasikan Quik Series ngga? saya minat training nya... Mohon hubungi saya untuk biaya nya. THx
Numpang nanya gan. Lagi butuh bantuan nih, apakah ada yg tau.
Ceritanya mau ada yg ngebangun bangunan semacam aula dengan ukuran 20x30 meter.
Tapi pemiliknya gamau ada kolom di tengah gedung (cuma boleh di pinggir2 aja.
Gimana caranya bikin atapnya nih kalo dgn baja ringan ya? Mengingat bentangnya besar. Terimakasih
gan, kalau paka atap baja ringan lebih panas gak sih??
kalau panas, apa solusinya?

thanks
Boleh ga, jika atap pakai asbes tapi bentangannya lebar 2.5 m?
Quote:Original Posted By singlefight
Numpang nanya gan. Lagi butuh bantuan nih, apakah ada yg tau.
Ceritanya mau ada yg ngebangun bangunan semacam aula dengan ukuran 20x30 meter.
Tapi pemiliknya gamau ada kolom di tengah gedung (cuma boleh di pinggir2 aja.
Gimana caranya bikin atapnya nih kalo dgn baja ringan ya? Mengingat bentangnya besar. Terimakasih


Iseng coret2 aaah
Dulu pernah buat bentangan 20 meteran..
lebih dari itu blm pernah.
Biasanya lebih dari 20 M, ane pake besi pipa , atau bisa juga pke baja, lebih kokoh.
Tapi mungkin masih bisa, kontak kontraktor bajaringannya langsung aja, lebih baik yg bisa menghitung kekuatan rangkanya.
Jangan ke aplikator yg cuma bisa masang doang.

Harga memang agak lebih mahal bisa diatas 150rb an, tapi aman.

salam
Quote:Original Posted By Rasurew
gan, kalau paka atap baja ringan lebih panas gak sih??
kalau panas, apa solusinya?

thanks


Iseng coret2 aaah

Tergantung desain nya..
Diatas banyak tulisan buat ngatasin panas atap.
Silahkan baca dari halaman 1

Salam
Quote:Original Posted By intelhery
Boleh ga, jika atap pakai asbes tapi bentangannya lebar 2.5 m?


Iseng coret2 aaaah

Bisa aja
Prinsipnya apapun material atapnya, asal kuda2 dibawahnya sesuai.

Salam