alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bcbe531854f7a13b8b4568/petugas-pasukan-oranye-dan-biru-bicara-tentang-gaji-mereka
Petugas Pasukan Oranye dan Biru Bicara tentang Gaji Mereka
Quote:Pada Kamis (2/3/2017) kemarin,
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok
mengumpulkan Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau yang lebih dikenal "pasukan oranye".
Petugas Pasukan Oranye dan Biru Bicara tentang Gaji Mereka
Bersama dengan satuan petugas dari pegawai harian lepas (PHL) Dinas Sumber Daya Air, mereka sengaja dikumpulkan untuk disuguhi berbagai hiburan guna melepas sejenak penat setelah lelah bekerja.

Petugas PPSU mulai aktif pada 2016 lalu. Mereka dibentuk untuk bertugas dalam penanganan berbagai permasalahan yang ada di permukiman warga, dari mulai membersihkan selokan yang mampet, membetulkan lampu penerangan yang rusak, ataupun memangkas pohon-pohon.

Petugas PPSU disebar per kelurahan. Jumlahnya mencapai minimal 70 orang per kelurahan. Mereka digaji setara upah minimum provinsi (UMP) yang berlaku pada tahun tersebut. Saat ini, gaji petugas PPSU Rp 3,3 juta, mengacu kepada nilai UMP DKI 2017.

Parjono (48) adalah salah seorang petugas PPSU yang bertugas di Kelurahan Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan. Tahun ini adalah tahun keduanya bertugas.

Saat ditemui Kompas.com, Jumat (4/3/2017), ayah tiga anak ini menceritakan asal mulanya ia bergabung menjadi petugas PPSU.

Sebelum bergabung menjadi petugas PPSU, Parjono mengaku sudah banyak menekuni pekerjaan dari berbagai bidang. Mulai dari pekerja bangunan, petugas keamanan, petugas kebersihan, office boy, dan pelayan pengantar makanan di tempat hiburan.
Quote:Menurut Parjono, dibanding pekerjaan yang dulu, gaji yang diterimanya sebagai petugas PPSU adalah yang paling besar karena ia tak perlu lagi mengandalkan uang tips seperti yang dulu dilakukannya.
"(Gaji PPSU) kalau dibandingkan di diskotek ya jauh (lebih besar). Diskotek kecil cuma uang tipsnya banyak. Kita tiap jalan satu menit aja ada harganya," ujar Parjono.

Namun, Parjono menggarisbawahi bahwa gaji yang lebih besar diterimanya sebagai petugas PPSU juga dibarengi dengan harga kebutuhan hidup yang juga ikut naik.

"Dulu (di tempat kerja yang lama) itu walaupun kecil kan harga-harga juga belum melambung tinggi. Sekarang walaupun gaji gede, pengeluaran juga gede," ucap Parjono.

Kendati demikian, Parjono mengaku sudah cukup senang bekerja sebagai petugas PPSU. Selain karena pembayaran gaji yang tepat waktu, ia menyebut pekerjaan sebagai petugas PPSU sudah pas dengan usianya saat ini.

"Ya karena saya sudah ke mana-mana (melamar kerja) tapi kepentok umur. Kebetulan di keluarahan ada lowongan PPSU ini saya masuk. Alhamdulillah banget," kata pria kelahiran Solo, Jawa Tengah ini.

Lain Parjono, lain pula Izul Wardana (21), salah seorang petugas PPSU asal Kelurahan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur. Ia mengaku memang berminat bergabung karena jumlah gaji yang lebih besar dari tempat kerjanya yang lama.
Petugas Pasukan Oranye dan Biru Bicara tentang Gaji Mereka
Izul baru bergabung menjadi petugas PPSU pada tahun pertama saat 2016 lalu. Saat itu, gaji yang diterimanya berjumlah Rp 3,1 juta.

"Dulu kerja di PT dekat sini. Di tempat yang lama enggak segitu (Rp 3,1 juta)," ujar Izul saat ditemui Kompas.com, Senin (23/1/2017).
Quote:Seperti Izul, Aminuddin (37) juga melontarkan hal serupa. Ia baru bergabung di PPSU pada tahun ini. Pria yang sebelumnya bekerja sebagai tukang ojek ini menyatakan tertarik menjadi PPSU karena tak adanya kepastian jumlah penghasilan yang diterima saat masih menjadi tukang ojek.
"Kalau sekarang kan UMR," ujar pria tamatan SMK ini.
Petugas Pasukan Oranye dan Biru Bicara tentang Gaji Mereka
Saat mengumpulkan para petugas PPSU di Balai Kota, Ahok menyatakan bahwa dirinya ingin memberikan apresiasi sekaligus memberi pengarahan.

Ahok masih ingat, awalnya tidak banyak orang yang bersedia menjadi PPSU. Namun, lambat laun, banyak warga yang berminat bergabung.

"Orang suka katakan kalau saya itu kerja sendiri. Emangnya gue Superman kerja sendirian? Mana bisa. Kalau hujan saya deg-degan. Kalau hujan saya mesti cek CCTV semuanya saya lihat, termasuk di WhatsApp grup saya, PPSU, "pasukan biru", dan UPK Badan Air sudah kerja dengan baik," ujar Ahok.

Ahok mengatakan, jasa yang para petugas PPSU berikan tidak sebanding dengan gaji yang didapat. Karena itu, ia mengucapkan terima kasih karena petugas PPSU mau bekerja lebih dan bertanggung jawab atas tugasnya.
KompasQuote:Mereka Yang Bekerja Penuh Totalitas
youtube-thumbnail
Masihkah Kita Jaga Kebersihan Tetap Malas ?
Baca Juga "Pasukan Oranye": Kami Merasa Dihargai dan Dianggap oleh Pak Ahok
Kata nastak gaji2 besar dpt menyebabkan inflasi & meningkatkan kredit motor ninja
nasbung tau nya buang sampah sembaranganemoticon-Hansipemoticon-Hansipemoticon-Hansip
Atas ane udah kelojotan emoticon-Ngakak (S)

Pas ngelamar ditolak kali
Kalo disini modal nekat dan muka tembok macem gip dan aduka, gajinya tetep sama aja, gak besar, tetep aja goceng per trit emoticon-Sorry
Baiklah kalo begitu.. kerja jugak saya emoticon-Recommended Seller
Quote:Original Posted By korlap112
Kalo disini modal nekat dan muka tembok macem gip dan aduka, gajinya tetep sama aja, gak besar, tetep aja goceng per trit emoticon-Sorry


Kok tau gan cuma dibayar goceng, mungkin aja cuma dibayar pisang goreng
Tetap disyukuri .. emoticon-Smilie
Saya mau dong emoticon-Mewek
Enak jaman mreka toh
emang lumayan sih, kerja jadi pasukan oranye, gaji UMR, BPJS, dll. Daripada nganggur terus jadi preman pake daster emoticon-Big Grin
puenak jaman ku toh
nasbung mendingan daftar sana!!
masa lebih milih jadi kibod warrior sih... emoticon-Entahlah
Hasil kerja PPSU lebih bermanfaat dari pada hasil kerja oknum2 anggota DPRD


Menurut saya
Selamat bekerja dan terima kasih
Petugas Pasukan Oranye dan Biru Bicara tentang Gaji Mereka@JokopediaID : "Menteri Siti Nurbaya Targetkan Pengurangan Sampah Plastik Hingga 70 Persen". Buat yang masih buang sampah sembarangan, jangan lagi ya,.
Petugas Pasukan Oranye dan Biru Bicara tentang Gaji Mereka@JokopediaID : Di sisi lain, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga memiliki program untuk mendorong timbunan sampah, yakni Infrastruktur Berbasis Masyakat (IBM)
Gmn gk enak ...gaji umr .dpt kjp bpjs naik transjakarta gratis .sebagian dr mreka tinggal dirusun pengeluaran yg pasti cuma bayar sewa litrik air .sisanya bisa bwt makan dan nabung .
Jasamu tiada tara.